Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan Awal dalam Mengakses Internet

Pada saat browsing di internet, kita harus mempunyai perencanaan atau planning terlebih dahulu agar hemat dalam penggunaan dan efisien. Berikut disajikan tips browsing di internet. Kecepatan akses adalah bagian utama dari kiat tersendiri untuk memaksimalkan penggunaan internet. Di bawah ini adalah 10 tips yang dapat dijadikan ancuan saat melakukan browsing internet.

Perencanaan Awal dalam Mengakses Internet

1. Pengaturan Cache 

Manfaatkanlah drain cache, mungkin saja langkah ini belum pernah dilakukan. Karena pada saat Anda mengunjungi salah satu halaman web, data tersebut selalu disimpan pada sebuah cache (penyimpan data sementara) pada hardisk. 

Kemudian bila Anda membuka kembali halaman tersebut, maka data tersebut akan selalu ditambahkan pada cache dan browser akan menampilkan halaman cache yang lebih bagus dibanding melakukan copy download dari web server. Untuk pengguna Microsoft Internet Explorer (IE), langkah-langkah untuk menghapus chace adalah sebagai berikut. 

  • Pilih menu Tool, pilih Internet Options. 
  • Pada kotak dialog, pilih General kemudian lihat submenu Temporary Internet Files. 
  • Klik tombol Delete Files. 

2. Penggunaan History 

Pada data halaman web yang terdapat pada cache tersimpan rekaman daftar nama dan URL (Universal Resource Locator; Internet address) di setiap site yang dikunjungi. Anda dapat menggunakan daftar history untuk kembali secara langsung pada site tersebut. Untuk menghapus history pada Internet Explorer caranya klik Tools, pilih Internet Options, pilih General Tab dan klik tombol Clear History. 

3. Time Out 

Banyak ISP (Internet Service Provider) yang menggunakan sistem monitoring untuk otomatisasi disconnect dial-up connections. Hal ini dilakukan ISP untuk memuat pesan yang terbaru setiap 20 menit. Pesan tersebut dapat berupa berita ataupun e-mail. Bila Anda tetap aktif, biasanya akan terjadi pemisahan (disruptive) antara site yang aktif tersebut dengan site yang telah direvisi ISP setiap 20 menit sekali. Dengan begitu Anda selalu melakukan refresh.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengatur aplikasi e-mail agar melakukan checking setiap 10 atau 15 menit sekali. Pada Internet Explorer, pengaturan dapat dilakukan pada dialog box Internet Options dan cari pilihan check for new messages every-minutes.

4. Keamanan 

Untuk Internet Explorer, Anda dapat melakukan setting konfigurasi security. Anda dapat memilih dari low, medium-low, medium, dan high setting security, untuk mendapatkan full security Anda dapat memilih setting high. Bila tidak ingin menggunakan full security, Anda dapat menggunakan setting low dan medium. 

5. Manfaatkan Bookmark 

Untuk meningkatkan efisiensi pada saat online, Anda dapat menggunakan katalog dan memindahkan bookmark yang berisi website favorit di dalam folder tertentu. Untuk memuat bookmark pada Internet Explorer, bukalah menu Favorites, klik Organize Favorites. Pada kotak dialog selanjutnya, klik tombol Create Folder, isi nama folder, kemudian klik Close. 

6. Proteksi 

Usahakan setiap masuk situs tertentu Anda harus melengkapi sebuah user name dan password. Untuk memasukkan sebuah password dan username memang sangat mudah, di mana Anda tinggal mengetikkan saja. Biasanya sebuah sistem bekerja dengan bagus untuk melakukan proteksi pada data. Tetapi yang lebih penting adalah bila Anda memasukkan juga data-data lain yang lebih penting, seperti nomor credit card. Gunakanlah sebuah password yang unik, seperti menggabungkan atau mengkombinasikan antara huruf besar dan kecil serta angka guna mendapatkan proteksi yang maksimal. 

7. Start Up 

Aturlah aplikasi internet pada posisi default, untuk menghindari kekacauan pada saat start up aplikasi internet. Bila Anda menggunakan Netscape Communicator dapat dilakukan setting konfigurasi aplikasi e-mail, kalender, atau HTML guna membuka aplikasi secara default. Pada dialog box Preferences, sorot kategori Appearances dan Anda akan melihat satu daftar aplikasi communicator yang ditampilkan pada area on startup launch. 

Pilih Option Navigator pada default. Untuk merubahnya, klik Option Navigator untuk men-deselectnya, klik option yang Anda inginkan (messenger, composer, atau calendar) sebagai aplikasi internet default, klik OK. Sekarang Anda telah membuat satu aplikasi default untuk internet.

8. Menambah Toolbar 

Pada Internet Explorer, user diizinkan untuk menambahkan tombol pada toolbar standar, di mana pada toolbar tersebut terdapat tombol yang menjadi default untuk standar toolbar, seperti back, forward, stop, reload, dan print. Untuk menambahkan tombol tersebut, Anda dapat melakukan right-click pada area toolbar yang kosong, pilih Customized pada pop up menu. Kemudian akan ditampilkan dialog box Customize Toolbar, pilihlah tombol yang sering atau yang selalu Anda butuhkan, klik Close. Bila Anda ingin mengembalikan seperti semula (setting default toolbar), klik tombol Reset. 

9. Menghindari Spam 

Spam adalah yang paling tidak disukai pada saat membuka e-mail. Meskipun sekarang banyak software-software untuk menghilangkan spam, tetapi belum juga tampak tingkat efektivitasnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan dua alamat e-mail. Anda bisa saja membuat banyak e-mail, tetapi mungkin bisa membingungkan Anda sendiri. Sebaiknya gunakanlah alamat e-mail sebagai alternatif. 

Misal untuk e-mail pertama Anda menggunakan aplikasi mail Yahoo (http://www. yahoo.com/), excite (http://www.excite.com/), atau GO. Com (http://www. go.com/). Gunakanlah alamat e-mail yang kedua untuk berhubungan dengan siapa saja, tanpa terkecuali. Pasti pada alamat e-mail yang kedua akan banyak sekali terdapat spam. Untuk alamat e-mail yang utama, gunakanlah untuk berhubungan dengan teman, relasi, atau siapa saja yang Anda percaya. 

10. Akses Mobile 

Dengan menggunakan perlengkapan yang bagus, Anda dapat mengakses web dari mana saja. Karena saat ini sebagian besar website telah memanfaatkan dan melengkapi dirinya dengan teknologi wireless, seperti pada yahoo mobile (http://mobile.yahoo.com/wireles/home) atau MSN mobile (http://mobile.msn. com/). Dengan teknologi wireless berarti Anda dapat menghubungkan cellular phone, pager, atau pengendali komputer untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Untuk informasi yang lebih dalam mengenai akses wireless, Anda dapat mengunjungi Yahoo atau MSN (Microsoft Network).

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Perencanaan Awal dalam Mengakses Internet"

close