Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)

Dalam penggunaannya, Anda hanya perlu mengetikkan beberapa kata atau frasa (kata kunci) dari yang berkaitan dengan informasi yang akan Anda temukan dan Search Engine akan mencarikannya untuk Anda dari database yang jumlahnya jutaan. Penggunaan search engine ini lebih populer di kalangan user karena kemudahannya.

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)

1) Sekilas tentang Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item-item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.

Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut algoritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari tergantung kepada cara meng-indeks dan algoritma pencarian yang digunakan. Struktur umum sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut.
  1. Kotak teks pencarian Kotak ini digunakan sebagai tempat memasukkan kata kunci yang akan dijadikan acuan pencarian. 
  2. Tombol pencarian Tombol ini yang akan menjalankan perintah pencarian.
Metode Pencarian di Search Engine

Informasi di internet setiap saat terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu, sebuah mesin pencari harus terus memperbarui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini, mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berfungsi seperti robot. Disebut robot karena dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintah terlebih dahulu. 

Program tersebut disebut spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu program “robot” tersebut akan menjelajahi internet, membaca dokumen-dokumen yang ada di dalam internet, meringkasnya, dan kemudian menyimpan di database dengan menggunakan sistem pengindeks.

Pada saat kita melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirim kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang kita gunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database. 

Hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci pencarian. Komputer server kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer kita. Dengan demikian kita dapat memperoleh informasi yang kita cari dengan hasil yang up to date. Untuk mendapatkan mesin pencari yang andal dan bagus sehingga dapat membantu Anda dalam surfing informasi di internet, Anda harus memerhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut.
  • Mengetahui cara kerja mesin pencari, sehingga Anda dapat mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. 
  • Mempunyai database yang besar dan sering diperbarui. 
  • Tidak memiliki spam (pengiriman berantai), sehingga memberikan hasil pencarian yang relevan. 
  • Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti apa yang kita cari.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)"