Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum terkenal di Indonesia

Indonesia memiliki banyak cerita, dari mulai jaman kerajaan hingga jaman penjajahan. Sejak SD hingga SMA kita diajari mengenai sejarah peradaban di Indonesia. Kita semua pasti telah mengetahui bahwa banyak sekali kerajaan yang berdiri pada jaman dahulu seperti 5 kerajaan yang terkenal ini kerajaan Majapahit yang terletak di antara Kali Brantas dan juga Solo, Kerajaan Sriwijaya di Sumatra, Kerajaan Singasari terletak di Utara Malang dan Kerajaan Samudra Pasai di Sumatra.

Museum terkenal di Indonesia

Tak hanya kerajaan, adapula penjajahan yang terjadi di Indonesia. Penjajahan yang paling terkenal dan sedikit tidak masuk akal adalah penjajahan dari Belanda dengan durasi 350 tahun, lama sekali bukan? lalu ada penjajahan yang dilakukan oleh Jepang, Portugis, Spanyol, Prancis dan Inggris.

Seperti kata Bung Karno yaitu “Jasmerah” Jangan Sekali-Sekali Melupakan Sejarah, Dalam artikel ini akan membahas beberapa museum yang akan mengingatkanmu pada peristiwa yang pernah terjadi di tanah air Indonesia. Museum adalah tempat untuk menyimpan kenangan atas sejarah yang telah terjadi, maka dari itu berikut adalah beberapa museum terkenal :

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini dikenal juga dengan sebutan Munasprok. Tempat ini merupakan saksi bisu pada proses proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya, bangun ini adalah tempat tinggal seorang Perwira Tinggi Angkatan Laut Jepang, yaitu Laksamana Maeda. 

Bangunan museumnya kokoh hingga saat ini, jika masuk kedalam, kamu bisa melihat replika naskah proklamasi berbentuk tulisan tangan Soekarno. Bahan bangunan berkualitas menggunakan hebel dari distributor hebel terpercaya sehingga bangunan bisa bertahan lama. 

2. Museum Sudirman

Museum ini adalah tempat tinggal Jenderal Sudirman hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya, berlokasi di kota Malang dengan beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang kerja, ruang dokter pribadi, dan ruang keluarga. Ada pula kamar tidur, ruang makan, dan dapur. Kamu juga bisa melihat beberapa barang peninggalan Jenderal Sudirman.

Kamu bisa berkunjung kesini dan rasakan euforia perjuangan Jendral Sudirman yang sangat besar terhadap Bangsa Indonesia. Apabila kamu ingin berkunjung, tempat ini free atau tidak dipungut biaya.

3. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia berada di Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, nama lain dari museum ini yakni Museum Gajah karena keberadaan patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkom dari Thailand yang terdapat di depan gedung. Selain itu, di halaman museum juga terdapat beberapa meriam kuno. Museum Nasional merupakan museum paling populer di Jakarta. 

Museum ini dinobatkan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara serta museum yang memiliki koleksi terlengkap di Indonesia. Kamu Bisa melihat berbagai koleksi yang ada di Museum Nasional seperti arca kuno,prasasti, barang kerajinan, galeri tekstil, miniatur rumah adat dan masih banyak lagi. Pada tahun 1862, koleksi museum Nasional telah memenuhi gedung,oleh karena itu Pemerintah Hindia Belanda dengan segera mendirikan gedung baru yang ditempati hingga saat ini. Jika kamu ingin berkunjung, tiket masuk ke museum ini hanya Rp 5.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak-anak), sangat terjangkau bukan? kamu tidak usah ragu lagi untuk berkunjung ke museum ini. 

4. Museum Fatahillah

Museum Sejarah Jakarta atau yang biasa kita kenal dengan Museum Fatahillah  merupakan salah satu museum terpopuler di Indonesia yang menyimpan koleksi barang bersejarah sebanyak 23.500, baik dalam bentuk benda asli maupun replika. Museum Fatahillah terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jl. Taman Fatahillah, Jakarta Barat. Bangunan ini dulunya merupakan balai kota Batavia yang bergaya neoklasik dengan tiga lantai dengan kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua membuat bangunan ini benar-benar fenomenal dan megah pada masanya serta masih dipertahankan bentuk aslinya hingga saat ini. 

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum KAA terletak di Jl. Asia Afrika No. 65, Bandung. Gedung museum ini merupakan bagian dari gedung Merdeka dan digunakan untuk mengenang Konferensi Asia Afrika Pertama yang diadakan di Indonesia. Kamu bisa menemukan koleksi dokumen tertulis, foto dan hal-hal lain yang berhubungan dengan konferensi tersebut di dalam museum ini. Pihak museum pun menyelenggarakan program-program edukasi yang menarik bagi pengunjung beberapa programnya yaitu museum keliling, bincang sore, pemutaran dan diskusi film “Bioscoop Concordia” dan banyak lainnya. Tiket masuknya gratis, jadi tak ada alasan lagi kan untuk tidak mengunjungi museum ini?

Bangunan Museum tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini, karena dibangun menggunakan bahan bangunan berkualitas. terutama bahan dasar bangunan yang paling penting untuk diperhatikan seperti hebel murah namun berkualitas, semen, perekat hebel, dan bahan bangunan lainnya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Museum terkenal di Indonesia"