Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menghapus Virus di Android Dijamin Ampuh Terbaru 2020

Tutorial Menghapus Virus di Android

Di dalam dunia komputer, kamu pasti tidak lagi asing dengan istilah virus. Virus merupakan software atau perangkat lunak jahat yang dibuat memang bertujuan untuk merusak. Awalnya, virus dikenal dalam dunia komputer, namun kini virus sudah tidak hanya menyerang komputer melainkan juga perangkat smartphone android. Artikel ini akan membahas tutorial menghapus virus di android.

Ciri-Ciri Android Terkena Virus

Ada beberapa macam jenis virus yang biasa menyerang android, bisa berupa trojan, malware dan lainnya. Kehadiran virus dapat mengganggu performa sistem android. kamu bisa melihat beberapa tanda bahwa hp android kamu sedang terkena virus. Berikut ini di antara tanda virus tengah menyerang perangkat android Anda.

  • Banyak muncul iklan pada hp
  • Sistem menjadi berat
  • Hp mati secara tiba-tiba saat menerima panggilan
  • Quota mudah habis
  • Baterai cepat sekali habis
  • Sering menerima sms aneh, bahkan kadang karakternya sulit dikenal
  • Ketika hp dihidupkan sangat lama, tidak seperti biasanya (booting lama)

Langkah-Langkah Cara Menghapus Virus di Android

Biasanya untuk menghapus virus secara otomatis, bisa menggunakan antivirus. Namun, tidak semua antivirus bisa membersihkan semua virus. Karena kemungkinan ada virus yang tidak bisa dihapus. Maka, cara ampuh menghapus virus di hp android yaitu dengan cara manual tanpa antivirus. Berikut ini langkah-langkah menghapus virus di android secara manual.

1. Masuk ke safemode hp android

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke safe mode android Anda. Dengan demikian hp android kamu hanya akan menjalankan aplikasi-aplikasi inti pada sistem android. Hp android tidak akan menjalankan aplikasi yang kamu install dari pihak ke-3, kecuali aplikasi virus. kamu bisa masuk ke safe mode menggunakan kombinasi tombol volume dan tombol power, atau bisa googling sesuai merk hp Anda.

2. Buka Aplikasi Ter-install

Masuklah ke halaman settings (setelan), kemudian pilih instaled app (aplikasi terinstal), biasanya setiap merk android menunya akan sedikit berbeda.

3. Pilih Tab Dowload / Terunduh

Setelah itu, pada halaman apps (instaled apps), kamu harus masuk ke tab download (terunduh) untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang pada android Anda. Pada halaman daftar aplikasi terunduh, kamu seharusnya tidak dapat melihat aplikasi terinstal apapun. Hal tersebut, karena kamu berada di safe mode, namun aplikasi virus akan tetap muncul meskipun dalam keadaan safe mode. Bila kamu temukan aplikasi asing yang kamu tidak pernah menginstalnya, kemungkinan itu aplikasi virus yang harus dicopot.

4. Copot Aplikasi Virus

Setelah kamu menemukan aplikasi asing yang diduga virus pada android Anda, silakan lakukan uninstal atau copot pemasangan. Jika aplikasi tidak bisa di uninstal, kamu harus menonaktifkan akses administrator untuk aplikasi tersebut. Silakan akses melalui menu settings–scurity-device administrator atau menu settings - additional settings - privacy - administrator. kamu bisa googling untuk menyesuaikan dengan merkhp Anda.

5. Keluar Safe Mode

Apabila aplikasi mencurigakan tersebut telah selesai terhapus, langkah selanjutnya yaitu keluar dari safe mode. kamu bisa mencoba masuk ke hp android kamu kembali. Dengan cara di tersebut, maka hp andoid kamu sudah terbebas dari virus.

Untuk menghindari masuknya virus ke hp andoid, kamu harus menghindari membuka situs-situs berbahaya. Selain itu, juga hindari menginstal aplikasi-aplikasi dari luar google playstore. Karena aplikasi dari luar google playstore biasanya telah disisipi program jahat. Dengan begitu hp android kamu akan terhindar dari serangan virus.

Demikianlah tutorial menghapus virus di android tanpa antivirus. Ikuti tahap demi tahap langkah-langkah tersebut, agar virus berhasil dihilangkan dari android Anda. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tutorial Menghapus Virus di Android Dijamin Ampuh Terbaru 2020"

close