Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Menggambar dan Jenis - jenis Gambar

Pada dasarnya, menggambar adalah keterampilan yang bisa dipelajari oleh setiap orang, terutama oleh orang yang mempunyai minat menggambar. Menggambar merupakan sebuah proses kreasi yang harus dilakukan secara intensif dan terus menerus. Selain itu, menggambar merupakan wujud pengeksplorasian teknis dan gaya, penggalian gagasan dan kreativitas, bahkan bisa menjadi sebuah ekspresi dan aktualisasi diri. Hal ini karena selain memiliki fungsi praktis, mengggambar juga memiliki fungsi terapi secara psikologis.

Pengertian Menggambar dan Jenis - jenis Gambar

Bagi seorang perupa seperti seniman, desainer, arsitek, komikus, kartunis, ilustrator, dan draĞer, pengetahuan dan wawasan dalam menggambar mutlak harus dikuasai sebagai dasar proses kreasinya. Menggambar pada hakekatnya adalah pengungkapan perasaan seseorang secara mental dan visual dari pengalamannya dalam bentuk garis dan warna ke dalam bidang dua dimensi. Jadi, menggambar tak lain adalah melukiskan apa yang terpikir dengan goresan-goresan di atas kertas.

Jenis-Jenis Gambar 

Gambar yang dibuat oleh seniman memiliki jenis yang beragam seperti gambar bentuk, gambar ekspresif, gambar dekoratif, gambar konstruktif, dan gambar ilustrasi. 

a. Gambar Bentuk 

Menggambar bentuk adalah menggambar dengan meniru objek gambar nyata (realistis) yang ada di alam atau benda buatan. 

b. Gambar Ekspresif 

Gambar ekspresif adalah gambar yang dibuat secara bebas berdasar pada imajinasi, persepsi, dan penafsiran penggambar pada objeknya. Gambar ini kerap dicirikan dengan bentuk yang dilebih-lebihkan (didramatisir) atau bahkan bentuk yang direduksi (hanya esensinya). Selain itu, penerapan warna pada gambar ekspresif cenderung bebas, bahkan jauh dengan warna aslinya. Seseorang dapat menggambar ekspresif dengan gaya yang bebas dan kadang tidak mengikuti kaidah perspektif, bayangan, atau skala. 

c. Gambar Dekoratif 

Gambar dekoratif adalah gambar yang berpedoman pada pola-pola atau motif tertentu. Pola tersebut berupa ragam hias yang telah mengalami proses stilasi atau deformasi yang digambarkan secara berulang-ulang. Konsep utama dari gambar ini adalah menghias. 

d. Gambar Konstruktif 

Gambar konstruktif adalah gambar yang dibuat dengan mengikuti aturan-aturan tertentu secara objektif. Aturan tersebut antara lain ukuran, skala, volume, bayangan, dan komposisi. Gambar konstruktif ada yang terukur secara matematis (gambar teknik) dan ada yang terukur secara logika (perspektif dengan titik ukur terjauh di luar bidang gambar dan disebut gambar ilusi). Cara menggambar yang biasa dipergunakan adalah dengan cara perspektif, isometri, dan aksonometri. 

e. Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi adalah gambar yang menceritakan atau memberi penjelasan pada cerita atau naskah tertulis. 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Menggambar dan Jenis - jenis Gambar"