Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Karya Seni Kriya Tekstil

Setelah kamu belajar tentang ragam seni kriya tekstil yang terdapat di Indonesia, sekarang kamu akan belajar cara membuat salah satu di antaranya. Pada pelajaran ini kamu akan belajar membuat batik dengan teknik yang sederhana. Akan tetapi, motif yang kamu buat dapat berdasarkan dari motif-motif batik yang terdapat di Nusantara.

1. Merancang Motif Batik

Coba kamu perhatikan motif-motif yang terdapat pada kain batik di Indonesia. Motif tersebut ada yang memiliki bentuk flora, fauna, geometris, dan abstrak.

Membuat Karya Seni Kriya Tekstil
Setelah kamu mengenal motif-motif batik yang terdapat di Nusantara, kamu dapat mulai merancang motif untuk batik buatanmu. Kamu dapat menggunakan motif flora, fauna, geometris, atau abstrak sesuai dengan keinginanmu. 

2. Membuat Batik 

Untuk membuat batik, peralatan yang diperlukan adalah kain mori (kain katun khusus untuk mebuat batik), pensil untuk membuat desain batik yang disebut molani, canting (alat yang terbuat dari bambu dan berkepala tembaga serta bercerat atau bermulut yang berfungsi seperti sebuah pulpen), gawangan (tempat untuk menyampirkan kain), pewarna, lilin cair, panci atau wajan kecil, dan kompor kecil untuk memanaskan.

Membuat Karya Seni Kriya Tekstil
Setelah semua alat dan bahan siap, kamu dapat mulai membuat batik, berikut ini langkah-langkah dalam membuat batik. 
  • Buatlah desain batik di atas kain mori dengan pensil. Dalam penentuan motif, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka membuat motif sendiri, namun ada juga yang lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. 
  • Gunakan canting yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan ke dalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna. 
  • Rebus kain yang telah berubah warna dalam air panas. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan lilin sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah kamu gambar terkena warna karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur).
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Membuat Karya Seni Kriya Tekstil"