Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengecek Baterai Bocor atau Tidak Di HP Android

Baterai HP Android yang bocor cukup mudah untuk dideteksi apalagi banyak tanda-tanda saat baterai smartphone mengalami kebocoran. Namun banyak dari orang-orang yang masih belum mengetahui cara mengecek baterai bocor atau tidak di HP Android. Dan oleh karena itu saya membuat postingan ini lengkap beserta tanda-tanda saat baterai Smartphone sedang bocor.

Istilah baterai bocor pada smartphone sendiri merupakan penamaan ketika baterai mengalami kerusakan yang parah. Seperti yang kita tahu bahwa baterai pada smartphone merupakan tenaga utama bahkan komponen yang cukup penting di Smartphone.

6 Cara Mengecek Baterai Bocor atau Tidak Di HP Android

Smartphone bisa hidup karena terdapat baterai didalamnya yang menjadi sumber utama tenaga di HP. Oleh karena itu kerusakan pada Baterai akan membuat kinerja pada smartphone menjadi lambat bahkan bermasalah.

Permasalahan yang sering di hadapi baterai smartphone yaitu mengalami kebocoran. Baterai bocor pada smartphone ini biasanya muncul dengan beberapa tanda-tanda yang mudah dikenali dan ada juga yang sulit dikenali.

Kenapa kita harus mengecek baterai bocor atau tidak di HP? Karena jika sudah mengalami kerusakan yang parah maka bisa menyebabkan kerusakan lain pada smartphone. Bagi kamu yang belum tahu cara mengecek baterai bocor atau tidak sebagai berikut.

Cara Mengecek Baterai Bocor atau Tidak Di HP Android

Baterai yang bocor bisa di cek tanpa harus melepas baterai dari Smartphone. Apalagi kebanyakan smartphone zaman sekarang menerapkan sistem batarai tanam yang dimana akan mempersulit kamu ketika ingin melepasnya. Cukup dengan mengecek baterai bocor atau tidak di Hp Android menggunakan trik tertentu maka kamu akan tahu apakah baterai HP kamu bocor atau tidak, Untuk cara mengeceknya sebagai berikut :

#1 HP Sulit Full Ketika Di Cas

Cara mengecejnya cukup mudah yaitu dengan mengenali tanda pertama. Biasa tanda-tanda pertama ini sulit di kenali bahkan tidak disadari pengguna. Tanda pertama saat kamu mengecas, Perhatikan setiap kamu mengecas.

Jika biasanya membutuhkan waktu 2-3 Jam sampai baterai full 100% maka saat baterai mengalami bocor atau kerusakan maka bisa lebih lama bahkan lebih dari 3 Jam. Jika sudah lebih dari 3 jam bahkan 4 jam maka kemungkinan baterai kamu mengalami kebocoran.

#2 HP Sering Overheat

Jika Smartphone panas itu mungkin hal yang wajar apalagi jika dibuat game online, Pastinya smartphone bekerja lebih keras dan mengalami overheat. Namun jika kamu hanya bermain sosial media biasa atau chatting biasa sudah mengalami overheat bahkan terlalu panas hanya untuk penggunaan sebentar saja. Maka kemungkinan besar baterai mengalami kerusakan bahkan kebocoran.

#3 Baterai Cepat Penuh

Selain saat di Cas terasa lama bahkan lebih dari 3 jam. Baterai yang mengalami kebocoran bahkan terasa cepat penuh ketika diisi. Tanda-tanda ini cukup mudah dirasakan apalagi jika kamu mengecas baterai sampai penuh yang biasanya membutuhkan waktu yang lama.

#4 Baterai Cepat Habis Ketika Di Gunakan

Saat baterai mengalami kebocoran kamu bisa cek baterai bocor atau tidak dengan cara mengenali tandanya. Yang dimana tanda ini sering dialami pengguna Android yaitu cepat habis ketika digunakan. Normalnya baterai smartphone zaman sekarang cukup awet bahkan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Namun ketika baterai mengalami kebocoran maka baterai akan cepat habis ketika digunakan.

#5 Bagian Belakang HP Terlihat Kembung

Ini adalah tanda baterai bocor paling mudah dikenali. Jika smartphone kamu baterai tanam dan terlihat kembung di bagian belakang. Maka kemungkinan besar baterai kamu mengalami kebocoran. Saat baterai bocor maka baterai akan menggembung atau yang sering disebut baterai hamil.

#6 HP Hanya Bisa Digunakan Saat Di Cas

Hp yang hanya bisa digunakan ketika dicas maka permasalahan besar terjadi pada baterai. Saat baterai sudah mengalami kebocoran dan rusak parah maka baterai tidak bisa bekerja dengan baik dan Hp hanya bisa digunakan saat di Cas.

Setelah kamu mengetahui 6 cara mengecek apakah baterai bocor atau tidak, Maka kamu bisa memastikan lagi ke tukang service. kamu tinggal bawa Smartphone ke tukang service untuk pengecekan lebih lanjut. Jika kamu bingung bagaimana ini bisa terjadi, Maka kamu perlu tahu apa penyebabnya.

Penyebab Baterai Mengalami Kebocoran

  • Smartphone digunakan sambil di Cas apalagi sambil main game, Pastinya hal seperti ini bikin baterai cepat rusak.
  • Menggunakan Charger lain bahkan Kw, Karena Charger disini cukup berpengaruh untuk pengisian baterai secara normal.
  • Sering menggunakan Smartphone sampai baterai drop dan bahkan sampai smartphone mati karena kehabisan baterai.
Penyebab diatas adalah penyebab yang sering bikin baterai mengalami kebocoran. Usahakan bagi kamu yang baterainya masih normal untuk menjaga kesehatan baterai. Apalagi untuk baterai original sendiri harganya cukup mahal dan kebanyakan baterai KW yang tidak awet apalagi gampang rusak.

Cara Mengatasi Baterai Bocor

Jika baterai bocor dan sudah mengalami kerusakan cukup parah alangkah baiknya untuk diganti ke baterai baru. Apalagi jika baterai sudah menggembung sampai bagian belakang HP kembung juga maka secepatnya untuk diganti agar tidak menimbulkan kerusakan lain pada smartphone.

Usahakan untuk membeli baterai original walau harganya relatif agak mahal. Kenapa harus yang original? karena ini menyangkut keamanan apalagi kita tidak tahu kualitas baterai KW seperti apa. Cenderung lebih gampang rusak dan kamu akan terus menggonta-ganti baterai yang justru lebih merugikan sobat.

Penutup

Sekian informasi dari blogdimas.id tentang  Cara Mengecek Baterai Bocor atau Tidak Di HP Android. Jika kamu masih bingung atau ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa share informasi ini ke orang lain agar bermanfaat bagi yang lain, Terimakasih.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengecek Baterai Bocor atau Tidak Di HP Android"

close