Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi WIFI Tidak Terdeteksi Di Laptop

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Cara Mengatasi WIFI Tidak Terdeteksi Di Laptop - jaringan WIFI merupakan akses untuk berinternetan yang cukup baik dan kencang. Bagi anak zaman sekarang jaringan WIFI menjadi alat utama untuk berselancar di dunia internet. Banyak sekali sekarang fasilitas publik yang sudah dilengkapi jaringan WIFI untuk mempermudah orang-orang dalam mengakses ke internet.

Tetapi adakalanya juga WIFI sangat sulit terdeteksi oleh perangkat, Terutama Laptop. Padahal dicoba di perangkat smartphone WIFI tertangkap cukup baik bahkan bisa tersambung. Hal ini membuat kita pasti bingung, Apakah yang salah WIFI atau Perangkat Laptop.

Cara Mengatasi WIFI Tidak Terdeteksi Di Laptop

Jaringan WIFI sendiri akan tersambung oleh perangkat secara otomatis saat aktif. Begitu juga dengan perangkat Laptop dan jika kedua nya sama-sama aktif maka otomatis akan terhubung dengan mudah.

Penyebab kenapa WIFI tidak terdeteksi di Laptop cukup banyak dan beragam. Untuk cara mengatasi nya juga beragam tergantung dari apa penyebab nya. Selagi kita tahu penyebabnya maka kita akan tahu solusinya.

Cara Mengatasi WIFI Tidak Terdeteksi Di Laptop


Sesuai pembahasan kita kali ini yaitu membahas WIFI yang terdeteksi oleh Laptop. Dan saya mempunyai berbagai cara mengatasi nya sebagai berikut.

#1 Sistem Pada Laptop Bermasalah 


Jika WIFI tidak terdeteksi di Laptop bisa jadi masalah ada di sistem Laptop. Dimana biasanya sistemnya juga rentan terkena oleh virus atau malware sehingga akan sulit mendeteksi jaringan WIFI. Sehingga pastikan bahwa Laptop terlindungi dengan baik agar tidak terserang oleh virus.

Artikel Lainnya: Cara Daftar Paket Axis 8Gb 25Rb

#2 Kerusakan Pada Kabel 


Didalam laptop sendiri memiliki perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antara laptop dengan jaringan WIFI. Perangkat didalam nya ini yaitu kabel WIFI, Dimana ia berperan cukup penting apalagi untuk mendeteksi jaringan WIFI di sekitar laptop. Jika terjadi kerusakan pada kabel WIFI, Maka kamu bisa membawa nya ke tukang service untuk diperbaiki.

#3 Driver Bermasalah


Di Laptop juga terdapat driver yang bertugas mengendalikan hardware sehingga jika terjadi kesalahan maka driver akan membantu mengatasi jaringan yang datang. Driver di Laptop juga harus dalam keadaan normal sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengaturan jaringan.

Masalah yang ditimbulkan juga menyebabkan Wifi  tidak terdeteksi dan masalah ini bisa diatasi dengan menginstall ulang driver.

#4 Mode Pesawat Masih Menyala


Jika kamu secara tidak sengaja mengaktifkan mode pesawat maka akan terjadi permasalahan di jaringan. Beberapa jaringan akan mati ketika mode pesawat aktif. Apalagi untuk mendeteksi jaringan wifi disekitar laptop, Pastinya jaringan WIFI tidak terdeteksi oleh Laptop. Cara mengatasi nya cukup mudah yaitu dengan menonaktifkan mode pesawat.

#5 Terlalu Banyak Perangkat Yang Terhubung


Perangkat WIFI sendiri berbeda-beda jenis nya dan bahkan ada yang bisa menampung beberapa perangkat yang tersambung saja. Jika kamu menggunakan WIFI fasilitas publik maka bisa dipastikan WIFI tidak terdeteksi di Laptop karena sudah banyak perangkat lain yang tersambung di WIFI tersebut.

Jika kamu menemui jalan buntu dan cara-cara diatas masih belum mampu untuk mengatasi WIFI  tidak terdeteksi di Laptop maka kamu bisa membawa laptop ke tukang service untuk pengecekan lebih lanjut. Apalagi jika perangkat WIFI masih normal dan terdeteksi di laptop lain.

Sekian informasi dari saya, Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kamu biar bermanfaat bagi yang lain, Terimakasih.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi WIFI Tidak Terdeteksi Di Laptop"

close