Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Flash Kamera Instagram Tidak Bisa Menyala

Kenapa Flash Kamera Instagram Tidak Bisa Menyala? Hal ini bisa jadi disebabkan error pada aplikasi atau hal lainnya yang akan saya bahas dibawah. Perlu kamu tahu bahwa permasalahan pada saat buka kamera Instagram memang sering dialami pengguna. Ada juga yang mengalami flash yang tidak bisa menyala atau di aktifkan. Flash kamera instagram memang cukup penting dalam jepretan foto terutama saat gelap. Flash akan berperan penting dalam pencahayaan, Sehingga bisa memberikan cahaya dan menghasilkan foto yang bagus.

5 Cara Mengatasi Flash Kamera Instagram Tidak Bisa Menyala

Apalagi foto yang digunakan nantinya untuk story instagram dan diberi filter IG. Maka flash akan sangat dibutuhkan saat mengambil foto nantinya. Terkadang selain masalah flash, Pengguna Instagram juga kerap mengalami masalah yang dimana kamera Instagram tidak bisa dibuka. 

Sehingga tidak bisa membuat story dan upload foto untuk Instagram story. Biasanya penyebab masalah ini karena masalah perizinan aplikasi yang belum diberi izin kamera. Namun bisa juga penyebab lainnya dan sesuai judul postingan kali ini, Maka saya akan membahas cara mengatasi kenapa flash Instagram tidak bisa menyala.

Cara Mengatasi Flash Kamera Instagram Tidak Bisa Menyala

Flash atau blitz kamera instagram yang tidak bisa menyala memang menjadi masalah tersendiri. Tapi tenang saja karena saya akan memberikan sedikit trik cara mengatasi flash instagram tidak bisa menyala sebagai berikut.

#1 Bersihkan Cache

Biasanya flash instagram yang tidak menyala bisa dikarenakan error pada aplikasi. kamu bisa menggunakan cara yang cukup umum yaitu menghapus cache pada aplikasi. Dengan menghapus cache diharapkan error yang terjadi bisa teratasi. Untuk caranya sebagai berikut.
  1. Buka pengaturan HP.
  2. Kemudian masuk ke bagian manajemen aplikasi.
  3. Lalu cari aplikasi Instagram.
  4. Jika sudah ketemu, kamu klik aplikasi tersebut.
  5. Lalu klik penyimpanan dan klik hapus cache.
  6. Maka cache aplikasi akan terhapus dan coba buka Instagram apakah sudah normal apa belum.

#2 Hapus Data

Setelah dihapus cache masih tidak bisa, Maka kamu bisa menghapus daya aplikasi. Namun cara ini akan memerlukan login ulang saat aplikasi sudah terhapus data. kamu perlu memastikan login menggunakan akun apa dan jangan sampai lupa username dan passwordnya. Karena kebanyakan orang lupa akun yang digunakan login di Instagram. Jika sudah kamu bisa memakai cara berikut untuk menghapus data.
  1. Buka setting.
  2. Lalu masuk bagian manajemen aplikasi.
  3. Buka aplikasi Instagram.
  4. Kemudian klik penyimpanan dan klik hapus data.
  5. Maka secara otomatis data akan terhapus.
  6. Coba test apakah error flash instagram sudah normal apa belum.

#3 Update Aplikasi

Jangan lupa untuk update aplikasi melalui Playstore. Flash Instagram yang tidak bisa menyala bisa juga dikarenakan bug aplikasi, Sehingga kamu perlu update. Seperti yang kita tahu, Bahwa developer aplikasi selalu memperbarui versi aplikasi meningkatkan performa aplikasi.

Tujuan update versi aplikasi memang cukup banyak dan salah satunya memperbaiki bug. Oleh karena itu kamu perlu selalu memperbarui versi aplikasi Instagram melalui playstore.

#4 Pastikan Flash Kamera Tidak Bermasalah

Jika flash tidak bisa menyala saat mengambil foto langsung melalui fitur camera di Instagram. Bisa jadi karena flash HP kamu bermasalah. Untuk cek apakah bagian flash berfungsi atau tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan dan coba nyalakan flash. 

Jika tidak menyala maka permasalahan ini terletak pada bagian flash Hp kamu yang memang bermasalah. Solusinya, kamu bisa membawanya ke tukang service untuk perbaikan masalah flash Hp sobat.

#5 Gunakan Kamera Bawaan

Jika memang masalah flash kamera Instagram tidak bisa diatasi menggunakan cara-cara diatas masih belum berhasil. Maka kamu bisa menggunakan kamera bawaan HP untuk memotret foto menggunakan flash atau cahaya. Lalu kamu bisa upload ke Instagram untuk kebutuhan story atau postingan IG. Dengan begitu masalah akan teratasi tanpa perlu kamera IG.

Penutup

Memang masalah flash Instagram tidak bisa menyala akan cukup mengganggu. Namun jika kamu mengatasinya dengan cara-cara yang saya bagikan diatas, Maka kamu masih bisa membuat story Instagram atau postingan yang memerlukan cahaya foto didalamnya. Sekian informasi dari blogdimasi dan semoga informasi ini bermanfaat.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Flash Kamera Instagram Tidak Bisa Menyala"

close