Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google Classroom Yang Miliki Segudang Keunggulan

google classroom

Mengenal Google Classroom  dengan Segudang Keunggulannya. Munculnya pemberlakuan aturan work from home ini ditengarai sejak pandemi Covid-19 melanda. Utamanya, bagi para pelajar juga mahasiswa ikut melakoni SFH alias Study From Home. Kendati demikian, tak lantas menghentikan proses belajar-mengajar. Yakni, melalui sistem belajar online atau dalam jaringan. Para pendidik dituntut sedemikian kreatif agar mampu memberikan pelajaran bagi sang murid.

Dengan kenyataan diatas, solusi kekinian untuk bejara dirumah ialah melalui Google Classroom. Kabarnya aplikasi ini cukup tangguh untuk mendukung proses pembelajaran, antara sisiwa dengan gurunya. Penasaran bagaimana cara kerja sisitm besutan monster teknologi ini?

Google Classroom, Metode Belajar Online Yang Unik Dan Menarik

google classroom

Metode belajar dalam jaringan dinilai booming ketika wabah Corona ini menyerang. Sebagai antisipasi penyebaran virus, solusi ini dinilai cukup efektif. Melalui Classroom Google, baik pendidik maupun siswa merasa begitu terbantu ketika harus mengerjakan tugas yang diberikan.

Tujuan Dan Cara Kerja

Peluncuran aplikasi ini tentunya ialah mendukung mobilitas pembelajaran. Melalui Platform satu ini, pendidik tak perlu hadir secara nyata di dalam kelas. Namun tetap mampu menyampaikan materi kepada peserta didiknya.

Cara kerja aplikasi ini ialah dengan mengkolaborasikan Google Drive. Yaitu, sebagai  metode  pembuatan serta pendistribusian job description, sheets, Google Docs, Gmail, google calendar hingga yang lainnya. Para siswa bakal diinvite dengan kode personal atau otomatis diimpor oleh domain sekolah mereka.

Melalui ruang ini interaksi dunia pendidikan dapat berlangsung sesuai rencana. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya berbagi tugas, file hingga kegiatan belajar lainnya segara online. Sehingga para guru akan lebih gampang melakukan pemantauan proses belajar untuk siswa mereka.

Keunggulan Google Classroom

google classroom

Memiliki tujuan utama sebagai sistem belajar dengan media online, tentunya aplikasi ini mempunyai sederet keunggulan. Berikut rinciannya;

1. Hemat Waktu Dan Efektif

Keunggulan pertama classroom google ini ialah hemat waktu juga efektif. Siswa tak perlu lama mengunduh tugas yang diberikan para guru. Mereka otomatis bisa login melalui Google Drive dan berbagi tugas. Guru juga lebih gampang dalam melakukan sjeumlah penilaian terhadap hasil belajar yang mereka berikan.

Pembelajaran semacam ini dianggap cukup efektif. Sebab, baik murid maupun guru dapat secara langsung berbagi komentar layaknya sedang bertatap muka. Sehingga penjelasan dirasa semakin lengkap dan dapat diterima.

2. Meningkatkan Komunikasi Dan Kerjasama

Kolaborasi belajar online ini tak hanya membantu. Namun meningkatkan pula sistem kerjasama hingga komunikasi yang ada. Guru dapat secara cepat mengirimkan pemberitahuan terkait kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya.  Selain itu, siswa dapat menyimak guru ketika terdapat diskusi yang tengah diluncurkan.


Ketika terjadi kesulitan maka hal ini secara otomatis mampu mengembangkan kerja sama diantara semuanya. Implikasinya, Google Classroom bakal memberikan sejeumlah keuntungan dalam hal pengalaman juga keterampilan partner belajar mereka.

3. Setting kelas Instan Namun Nyaman

Melalui aplikasi Classroom Google, akan ada kelas instan tanpa bertatap muka. Selain dianggap praktis, kelas dalam jaringan ini juga  terbukti mumpuni. Fitur berupa interface-nya lebih simpel dan mudah dipahami oleh para penggunanya.

4. Pemusatan Data Tersimpan

Kesulitan unduh download materi belajar yang seirng dikeluhkan siswa kini telah ada solusinya. Classroom Google secara khusus mampu memusatkan beragam bentuk file kedalam satu pusat data. Google menyimpannya sebagi eLearning beserta kegiatan tahun ajaran dengan metode Cloud yang ringan. Selain itu, sistem ini dikenal aman, sehingga tak cemas jika data bakal menghilang.

Fitur Unik Nan Canggih

google classroom

Memberikan sejumlah pengalaman cukup berbeda, monster teknologi ini dinilai mampu diandalkan. Beragam fitur kerennya juga bisa dimanfaatkan secara optimal. Bagi kamu yang masih penasaran, berikut beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan;

1.  Arsip Pembelajaran

Fitur ini membuka peluang untuk mengarsipakan Setiap kursus yang diberikan oleh para pendidik. Layanan ini otomatis membuat file bakal dihapus melalui beranda. Serta ditempatkan pada area Kelas Arsip guna membantu guru untuk mengatur kelas yang ada. Ketika semua dokumen diarsipkan, baik siswa maupun guru tetap dapat melihatnya. Namun, jika ingin mengeditnya harus dipulihkan terlebih dahulu.

2. Aplikasi seluler

Dilaunching sejak Januari 2015, Google Classroom telah tersedia untuk perangkat Android juga sistem IOS. Para pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar atau foto, melampirkannya hingga berbagi tugas, meski daam keadaan offline sekalipun.

3. Tugas (Assignments)

Di fitur ketiga ini kamu dapat lebih leluasa menyalin, mengedit hingga mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Terlebih, kamu bisa memilih untuk mencantumkan lampiran  file tambahan melalui drive ke tugas yang disediakan.

4. Penilaian (Grading)

Classroom Google secara penuh mendukung beragam cara penilaian yang berbeda dari biasanya. Hal ini dilakukan demi kemajuan para siswa, khususnya melalui sejumlah aktivitas seperti mengedit hinga berkomentar.

Tugas yang telah dinilai dapat dikembalikan melalui komentar, sehingga murid bisa lekas merevisinya jika ada yang perlu diperbaiki.  Namun, otoritas pengeditan hanya bisa dilakukan oleh guru, kecuali filenya dikirim kepada sang siswa.

5. Keamanan Personal

Keunggulan nomor lima ini begitu disukai pengguna lho. Pasalnya, tidak ada tampilan iklan apapun melaui sistem interface ini. Sehingga, data pengguna tak akan dipindai untuk kepentingan iklan.

6. Laporan Originalitas

Fitur ini diluncurkan di tahun 2020, yang tentunya masih fresh dan belum lama dikenalkan. Layanan ini memungkinkan pendidik juga siswa guna melihat bagian dari tugas yang dihasilkan. Atau lebih gampangnya, sisitem ini mampu membantu siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan atau tugas yang dihasilkan.

Disamping itu para  Guru selain dapat melihat laporan orisinalitas, bisa langsung memverifikasi integritas akademik dari tugas siswa yang telah disampaikan. Pada G Suite for Education (free alias Gratis) , guru mampu mengaktifkan sekali laporan orisinalitas untuk 3 tugas. Namun, Pembatasan ini dicabut pada Google Apps for Education yang memiliki sistem berbayar

Kesimpulan

Melalui metode unik dan asyik ini tentu antara pendidik dan peserta didik tak perlu repot hadir di kelas nyata. Agar, pandemi dapat ditekan penyebarannya. Namun demikian, proses belajar mengajar melalui classroom google ditengarai mudah diterapkan. Dan diakses dimana saja, kapan saja. Tak perlu takut ketinggalan, karena akan ada fitur pemberitahuan.

Apalagi, kini kamu bisa mengaksesnya melalui sejumlah perangkat seperti Android dan IOS. Pembagian tugas juga dinilai lebih padat dan jelas. Semuanya menjadi lebih terkoordinir dan rapi. Apalagi sistem ini menganut transparansi terhadap penggunanya. Sehingga mampu memberikan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar selama pandemi berlangsung.

Asyiknya lagi, si Google Classroom ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertegur sapa, layaknya didunia nyata. Jadi, apakah kamu sudah menjajalnya? Yuk Kulik lengkap metode pembelajaran unik yang lagi booming ini ya! Semoga artikel ini membantu.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Mengenal Google Classroom Yang Miliki Segudang Keunggulan "

close