Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Thumbnails mungkin buat kamu jarang sekali mendengar kata ini bahkan tidak sama sekali. Pastinya kamu mendengar kata ini setelah kaget mengetahui bahwa Thumbnails/Thumbdata ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan memberatkan memori internal smartphone.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Saya sendiri cukup kaget ketika menggunakan salah satu fitur ES Filemanager yaitu scanning file terbesar di memori. Saat mengetahui hasilnya terdapat file bernama .Thumbdata dimana terdapat dua file yang mempunyai ukuran yang cukup besar sampai bergiga-giga.

Setelah itu saya hapus File tersebut dan beberapa hari kemudian saya cek lagi muncul kembali. Cukup membuat bingung saya kenapa selalu muncul dan setelah saya cari tahu rupanya ada penyebab kenapa Thumbnails ini ada yang akan kita bahas di postingan ini.

Buat kamu tak perlu pusing karena pada dasarnya sesuatu file ada karena ada penyebab apalagi memori internal dimana tanpa kita ketahui bahwa isi dari Android sendiri banyak sekali file-file baik itu penting ataupun sampah yang perlu kita filter setiap waktu.

Kalau ukuran file tersebut kecil tidaklah masalah apalagi Smartphone jaman sekarang mempunyai kapasitas memori yang cukup besar untuk internal belum lagi kalau kita pasang Kartu Memori Eksternal.

Akan tetapi kalau File nya semacam Thumbnails dimana mempunyai ukuran file yang cukup besar maka perlu dihapus. Sebagian pasti berfikir Thumbdata ini hanya terdapat di Android , jelas tidak ini juga terdapat di PC. Sebelum ke Tutorial saya akan bahas dulu mengenai ini.

Apa Itu Thumbnails [Thumbdata] ?

Secara sederhana ini merupakan file hasil preview. Dimana saat kamu memperbesar suatu foto maka akan otomatis thumbnails terbuat. Hal ini dimaksutkan untuk mempercepat proses kamu dalam memperbesar ataupun memperkecil saat membuka salah satu foto.

Hal ini memang suatu sistem dari Android ini sendiri dimana sebagai bentuk memperingan kinerja memori. Sistem Android akan otomatis membuat file Thumbnails dengan tujuan saat kamu membukanya kembali proses akan jauh lebih cepat saat memperbesar foto tersebut.

Jadi kesimpulan nya Thumbnails berfungsi sebagai mempercepat penampil foto yang berukuran kecil saat kamu memperbesar suatu foto di Android. Jelas disini akan menimbulkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Seperti yang sudah saya sebutkan kelebihan jelas kamu akan lebih cepat saat meperbesar ataupun memperkecil foto. Dan akan menimbulkan kekurangan yaitu File Thumbnails yang akan otomatis terbuat dengan ukuran besar yang akan memperberat memori internal.

Jika File Tersebut tidak bisa dihapus kamu bisa pakai cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus Di Android

Apakah Penting File Thumbnails ?

Pentingkah File Thumbnails sebenarnya, Jawabnya semua tergantung kebutuhan masing-masing. Seperti yang kita ketahui fungsi sebenarnya dari thumbnails yaitu mempercepat proses memperbesar ataupun memperkecil saat membuka foto.

Apalagi foto digaleri sebegitu banyak yang akan memberatkan sistem Android. Akan tetapi tidak masalah jika kita menghapus File Thumbnails. Dihapus oke nggak dihapus juga oke. Jika dirasa memberatkan memori internal ya perlu dihapus supaya memperingan memori.

Apakah Aman Jika Menghapus Thumbnails ?

Yang pasti AMAN ,kok bisa? karena jika kamu menghapus file thumbnails tidak akan menimbulkan efek besar pada sistem Android apalagi memperlambat kinerja nya pastinya nggak, Namun akan melambat ketika kamu membuka galeri foto. Karena memang fungsi Thumbnails mempercepat proses loading tersebut.

Masalah Yang Timbul Oleh Thumbnails

Seperti di pembahasan masalah yang timbul pastinya file thumbnails yang mempunyai ukuran cukup besar sehingga memperberat memori internal. Ukurannya bergiga-giga membuat kita berpikir ulang dihapus atau nggak ya.

Hal ini sendiri menimbulkan kelebihan dan kekurangan dalam mengatasi Thumbnails. Buat kamu tak perlu pusing tinggal disesuaikan jika memori masih sanggup dan masih longgar apalagi smartphone jaman sekarang kapasitas memorinya besar mending dibiarkan apalagi buat kamu yang galerinya penuh foto karena Thumbnails ini sangat membantu dalam mempercepat loading saat membuka foto.

Akan tetapi buat kamu yang kapasitas memori HP kecil dan ditambahi dengan adanya File Thumbdata mending dihapus saja karena memperberat memori internal. Simple bukan? disesuaikan dengan kebutuhan jadi jangan terlalu pusing dengan adanya File Thumbnails ini ya. Dan untuk cara menghapusnya secara permanen bisa simak berikut ini.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen

Thumbnails dan Thumbdata ini intinya sama dan bisa dihapus melalui filemanager. Langsung saja simak Tutorial nya berikut ini.
  1. Buka File Manager bawaan android sobat
  2. Lalu pergi ke DCIM > .Thumbnails
  3. Tertampil file Thumbdata 
  4. Tinggal hapus semua file bernama Thumbdata
Note.
Jika tidak tampil file tersebut ,silahkan kamu aktifkan terlebih dahulu fitur tersembunyi di File Manager
Untuk langkah cepatnya detailnya seperti ini

Langkah #1
Install Aplikasi ES File Manager dan kamu buka, lanjut perhatikan tanda panah kamu klik untuk proses scanning.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Langkah #2
Tunggu sampai Proses Scanning selesai dan ini memakan waktu cukup singkat.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Langkah #3
Akan tertampil proses scanning ,perhatikan tanda panah dibagian file besar. Terlihat file Thumbdata dengan ukuran cukup besar dan kamu klik bagian tersebut.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Langkah #4
Centang semua file Thumbdata dan klik hapus.

Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK

Penutup

Sekian Postigan saya Tentang Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen. Jika ada masalah silahkan berkomentar dibawah dan jika suka dengan artikel ini jangan lupa share ketemen-temen sobat.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Thumbnails [Thumbdata] Di Android Secara Permanen 100% WORK"

close