Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Xiaomi Ini Bisa Membuat Baterai Lebih Tahan Lama

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Smartphone Xiaomi adalah salah satu smarthphone middle end yang cukup banyak disukai oleh masyarakat Indonesia . Selain tampilannya yang wah dengan harga yang cukup terjangkau.

Merek smartphone buatan China ini juga memiliki User Interface yang bisa dibilang paling ringan dan simpel di tengah  kumpulan smartphone flasgship yang punya tampilan sedikit rumit . Namun ada satu keluhan yang sering dirasakan pengguna xiaomi adalah baterainya yang cenderung cepat habis dan juga boros.

2 Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Xiaomi Ini Bisa Membuat Baterai Lebih Tahan Lama

Kelebihan Xiaomi Dari Merek Lain

Menjadi salah satu brand smartphone yang banyak menarik perhatian . Banyak sekali kelebihan Xiaomi yang patut dipertimbangkan menjadi favorit banyak orang di kalangan pecinta smartphone.

Fitur khusus lansia hingga layar mini yang dapat disesuaikan dengan lebar tangan penggunanya adalah salah satu fitur buatan smartphone  Xiaomi yang cukup unik sekaligus memudahkan. Fitur kunci panggilan di saku pun menjadi fitur unik lain yang dimiliki brand ini .

Xiaomi pun memiliki fitur lain yang juga cukup menarik dibandingkan smartphone lainnya. Yaitu adanya Sunlight Display pada setiap layar Xiaomi memudahkan kamu tetap merasa nyaman menggunakan smartphone ini dibawah terik matahari tanpa takut mengalami silau atau gelap.

Sunlight Display adalah teknologi sensitifitas layar Xiaomi pada cahaya matahari yang mencegah layar menjadi gelap. Bahkan ketika terkena cahaya matahari layar akan semakin terang dan jelas.

Meski memiliki segudang fitur yang canggih di setiap produksinya. Sayangnya masih ada hal yang cukup dikeluhkan mi Fans atau pengguna Xiaomi . Yaitu keborosan baterai yang sering dialami Smartphone Xiaomi adalah kendala yang cukup mengganggu.

Berikut ada 2 cara kalibrasi baterai Smartphone Xiaomi yang bisa kamu coba agar Xiaomi kamu tetap tahan lama dan semakin hemat daya.

Cara Kalibrasi Smartphone Xiaomi  Dengan Custom Recovery(CWM/TWRP)


Untuk cara ini sebetulnya tidak hanya bisa dilakukan pada smartphone Xiaomi saja namun dapat sejaligus digunakan di berbagai merek Android apapun.  Namun harus dilakukan lewat Custom Recovery (CWM/TWRP). Tapi cara ini hanya bisa dilakukan pada Smartphone yang sudah di root dna sekaligus telah teristal recoverynya.

Caranya adalah sebagai berikut:


  • Matikan HP anda
  • Masuk ke dalam recovery mode, tekan tombol power+vlumeatas?volume bawah  secara bersamaan (tekan terus menerus)
  • Masuk ke menu advance lalu cari opsi Hapus Statistik Baterai/Wipe Battery Stats
  • Tunggu sampai proses selesai dan Matikan samrtphone Anda
  • Cas baterai sampai 100 % 
  • Kalau sudah nyalakan lagi
  • Gunakan baterai sampai habis dan cas lagi sampai 100 %


Cara ini cukup beresiko karena harus melakukan root terlebih dahulu. Namun hasilnya bisa lebih baik karena muncul secara akurat tentang kalibrasi yang pernah dilakukan.

Cara Kalibrasi Smartphone Xiaomi Secara Manual dan Otomatis


Meski pemakaian aplikasi bisa mempermudah proses kalibrasi pada smartphone namun cara manual adalah salah satu cara paling mudah dan gampang serta aman yang bisa kamu lakukan. Selain terasa lebih yakin . Kalibrasi manual juga dapat digunakan mengetes performa baterai. Terutama bagi kamu yang baru saja membeli Smartphone Xiaomi baru.


  • Bagi kamu yang baru membeli Xiaomi atau yang sudah lama memiliki ponsel Xiaomi  lakukan kalibrasi ini selama 1 hingga 3 kali ketika kamu rasa ponsel kamu mulai boros
  • Lakukan charging dalam keaadan mati hingga 60 %
  • Usahakan untuk mematikan data seluler agar proses charging tidak terlalu lama
  • Setelah hampir  terisi penuh 100%  matikan ponsel kamu dan lanjutkan charging hingga 100 % penuh. Lalu cabut dan nyalakan sepeti semula dan  gunakan hingga habis untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai. Seperti browsing dan game atau yang lainnya. 
  • Lakukan ini sampai baterai smartphone Xiaomi  habis hingga  0 % .
  • Diamkan dulu hingga   15 menit dan kemudian charge lagi hingga penuh .Ingat jangan nyalakan baterai  jika belum sampai 100%.
  • Cara Kalibrasi Smartphone Xiaomi yang lain adalah menggunakan batery monitor yang dipasang di widget homescreen anda. Ini adalah cara kalibrasi Xiaomi secara otomatis dan paling sederhana.
  • Selain menggunakan battery monitor kamu bisa menggunakan battery calibration yang dapat kamu unduh di Komunitas Xiaomi atau MiFans Community(Komunitas Pecinta Xiaomi)

Meski kalibrasi adalah hal biasa yang hampir bisa dilakukan di banyak merek smartphone. Namun untuk Xiaomi sendiri,  kalibrasi yang tepat bisa memperpanjang usia baterai Smarphone Xiaomi anda.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "2 Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Xiaomi Ini Bisa Membuat Baterai Lebih Tahan Lama"

close