Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Pantai Lumpue, Pantai Tertua di Pare-Pare Sulawesi Selatan

Wisata Alam Pantai Lumpue

Wisata Alam Pantai Lumpue, Pantai Tertua di Pare-Pare Sulawesi Selatan - Berbicara tentang pantai, Indonesia memiliki beragam destinasi wisata pantai yang memiliki keeksotisan yang tak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di berbagai penjuru dunia. Beragam obyek wisata yang ada di Indonesia ini salah satunya adalah Pantai Lumpue, pantai tertua di Pare-Pare Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan alam asri.

Pantai Lumpue berada di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat. Letak pantai ini berada dekat dari jalan poros Pare-Pare, sehingga bagi Anda yang ingin berkunjung tidak kesulitan mencari lokasi pantai. Pantai Lumpue merupakan pantai tertua yang terdapat di kota Pare-Pare.

Pantai populer yang selalu ramai pengunjung ini ternyata menyimpan cuplikan historis di masanya. Pantai yang berjarak 150 km dari Kota Makassar ini memiliki usia kurang lebih 50 tahun. Sudah dikenal sejak tahun 50-an, Pantai Lumpue digunakan oleh para nelayan sekitar sebagai tambatan perahu seusai mencari ikan di laut lepas.

Biasanya kapal-kapal nelayan ini mulai berdatangan dan berkumpul menjelang sore hari. Berkumpulnya kapal-kapal nelayan ini menjadikan Pantai Lumpue sering disebut dengan “Pantai Kupu-Kupu”. Selain sebagai tempat berkumpulnya nelayan, pantai ini merupakan tempat pemandian sebelum di gencarkan promosinya sebagai obyek wisata.

Untuk menikmati suasana di Pantai Lumpue, Anda hanya dikenakan tarif Rp 2000-3000 untuk dewasa dan Rp 1500-2000 untuk anak-anak. Dengan tarif yang sangat terjangkau ini, pemandangan Pantai Lumpue tak akan membuat Anda kecewa. Pantai yang memiliki garis pantai yang cukup panjang ini menarik untuk Anda masukkan list sebagai pantai relaksasi dan refershing. Pasalnya, Anda akan disejukkan dengan panorama laut lepas sejauh mata memandang.

Kejernihan air lautnya yang berwarna hijau kehitam-hitaman berpadu dengan pasir putih halus kecoklat-coklatan menambah kemolekan pantai pertama di kota Pare-Pare ini. Belum lagi perpaduan antara warna kontras air laut, pepohonan yang rindang di pinggir-pinggir pantai serta beningnya cakrawala semakin menambah kesyahduan pantai ini.

Kemolekan Pantai Lumpue tak berhenti hanya sampai di situ saja, di ujung pantainya terdapat sebuah bukit karang rendah yang dihiasi oleh deretan indah gua-gua kecil. Anda bisa menjadikan bukit ini sebagai spot foto yang bagus karena latar belakang laut lepas siap membuat hasil “jepretan” Anda tampak luar biasa. Disarankan Anda berhati-hati saat akan berselfie di bukit karang ini karena karang-karang yang terdapat pada bukit ini memiliki jarak yang cukup jauh dari karang satu dengan yang lainnya.

Belum puas menikmati panorama asri dan berfoto ria bermandikan latar belakang laut lepas? Anda bisa melakukan aktivitas bermain air di Pantai Lumpue. Pantai Lumpue cukup memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga aman untuk mengajak putra-putri Anda bermain di tepian pantai.

Selain melakukan aktivitas berenang dan bermain air, khusus untuk Anda yang gemar berolahraga snorkling, Anda dapat ber-snorkling ria menyaksikan kejernihan air laut Pantai Lumpue. Bila Anda lelah beraktivitas, nikmati bersantai ala turis di gazebo bambu beratapkan nipah yang disewakan oleh pengelola setempat.

Pantai Lumpue memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Panorama pantai yang asri di sertai kejernihan air lautnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik. Bagi Anda yang tengah berada di kota Pare-Pare, jangan lewatkan Pantai Lumpue sebagai destinasi wisata Anda dan bagikan pengalaman menyenangkan Anda bersama kami Arsy Tour & Travel. Selamat berlibur! 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Pantai Lumpue, Pantai Tertua di Pare-Pare Sulawesi Selatan"