Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Keindahan Pulau Samalona di Sulawesi Selatan

Keindahan Pulau Samalona

Wisata Alam Keindahan Pulau Samalona di Sulawesi Selatan - Sebagai negara kepulauan, Indonesia begitu kaya akan wisata bahari. Demikian pula dengan Sulawesi Selatan yang menawarkan segudang destinasi wisata bahari menarik. Salah satunya adalah Pulau Samalona  yang berada di wilayah Gugusan Kepulauan Spermonde dan terletak di Kecamatan Wajo.

Pulau ini berlokasi di bagian sebelah barat daya Provinsi Sulawesi Selatan, namun secara administratif pulau ini masih merupakan bagian dari wilayah Makassar. Lalu, seperti apa keindahannya, Arsy Tours & Travel akan mengajak Anda mengulik keindahan Pantai Samalona.

Pulau Samalona juga menawarkan keelokan tempat yang menggiurkan untuk disinggahi para wisatawan, tak hanya dari dalam negeri, tetapi juga manca negara. Di perairan pulau ini terdapat sejumlah kapal karam peninggalan perang dunia. Kini, kapal-kapal yang kandas itu menjadi tempat tinggal bagi biota laut.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini dipastikan akan langsung jatuh hati saat melihat samar-samar daratan pulau yang dikelilingi oleh lautan biru. Hamparan pasir putih dengan air laut yang begitu jernih dijamin akan membuat para pengunjung ketagihan untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Kegiatan air seru lainnya yang bisa Anda coba selain diving dan snorkeling adalah jet ski air dan banana boat. Pesona keindahan bawah laut yang ada di pulau ini juga kerap disamakan dengan Pulau Bunaken yang ada di Manado. Sementara itu, Anda yang ingin mengintari pulau ini, bisa menyewa sejumlah kapal yang tersedia.

Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu di Pulau Samalona tak perlu khawatir. Pasalnya, di kawasan ini sudah tersedia beberapa penginapan seperti cottage dan tempat makan. Terdapat pula rumah penduduk yang bisa disewa untuk sekedar menumpang mandi ataupun menginap. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Untuk mencapai Pulau Samalona, para pengunjung dapat menaiki perahu motor yang bisa disewa dari Dermaga Kayu Bengkoa, Makassar. Dermaga ini masih berada dalam wilayah Pantai Losari yang ada di Makassar. Akan tetapi, Anda harus sabar mengantri untuk menaikinya karena dermaga ini merupakan pusat kegiatan perdagangan yang tak hanya melayani pelayaran wisata saja.

Jarak tempuh dari Pantai Losari ke Pulau Samalona adalah 2 km dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 30 menit. Selain dari dermaga ini, Anda juga bisa bertolak menuju pulau ini dari Dermaga POPSA yang ada di seberang Fort Rotterdam.

Terdapat dua jenis perahu motor yang bisa digunakan oleh para wisatawan, yaitu umum dan pribadi. Tentunya keduanya memiliki tarif yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk jenis tumpangan perahu pribadi memiliki harga yang sedikit lebih mahal ketimbang yang umum, karena jenis tumpangan ini bisa dikhususkan untuk menemani kunjungan perjalanan Anda dari awal hingga akhir.

Lain halnya dengan jenis tumpangan umum, meskipun tarifnya lebih ramah di kantong, tetapi para penumpang harus bergabung dengan pengunjung lainnya dan harus mengikuti jadwal kedatangan kapal. Dengan sejumlah keindahan yang dimiliki, Pulau Samalona merupakan destinasi yang patut Anda sambangi untuk menghabiskan waktu bersama rekan dan keluarga.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera menyambangi pulau indah di seberang kota Makassar ini. Anda tak perlu risau soal akomodasi ke tempat tersebut, karena Arsy Tours & Travel akan senantiasa menemani perjalanan Anda menuju Pulau Samalona dan berbagai destinasi wisata menarik lainnya di Makassar. (AS)

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Keindahan Pulau Samalona di Sulawesi Selatan"