Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Wisata Alam Makam Tua Raja-raja Tallo

Makam Tua Raja-raja Tallo

Destinasi Wisata Alam Makam Tua Raja-raja Tallo - Sulawesi Selatan merupakan salah satu kota yang memiliki peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih terawat dan menjadi destinasi wisata yang paling diminati. Salah satu destinasi wisatanya ialah Makam Tua Raja-raja Tallo. Kompleks makam ini memiliki keserasian bangunan yang cukup apik untuk dinikmati sebagai peninggalan dari sejarah.

Destinasi wisata Makam ini berada di Kecamatan Tallo, dan berjarak sekitar 7 km dari utara Makassar. Area makam ini didirikan sejak abad ke -17 dan menjadi sebuah kawasan pemakaman untuk raja-raja Tallo pada abad ke-17 hingga 19. Dulunya, Kerajaan Tallo ialah bagian dari Kerajaan Gowa, tetapi pada saat Raja Gowa VI (Tunatangkalopi) memerintah, Kerajaan Gowa ini dibagi menjadi dua bagian, yakni Gowa dan Tallo, yang lalu diberikan kepada kedua putranya.

Hasilnya, kedua kerajaan tersebut berhasil mendirikan sebuah persekutuan yang memiliki kuasa besar, yang mana pengaruhnya hingga meliputi Indonesia Timur. Sekitar tahun 1974-1975, dan 1981-1982 kompleks makam tua kumpulan Raja-raja Tallo diperbaiki oleh Pemerintah lewat Ditjen Kebudayaan, Direktorat Perlindungan dan pembinaan Peninggalan Sejarah Purbakala, Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Bangunan tersebut diperbaharui menyerupai bentuk aslinya, dan kini menjadi jauh lebih rindang, karena tata kelola yang baik, yang disertai oleh pohon-pohon berbaris rapi, serta merupakan suatu kawasan wisata yang menarik. Area Makam Tua tersebut memiliki luas 9.225 meter2 di surut sebelah timur laut yang masih dalam lingkup benteng Tallo/ untuk sisi barat, utara dan selatan hanya terdapat sisa-sisanya saja. Pada area benteng, terkecuali maka, sudah dialokasikan sebagai lahan hunian bagi warga sekitar.

Pada Makam Tua ini terdapat 78 buah maka, dan dibagi ke dalam 3 tipe, yakni: tipe susun-timbun, tipe papan batu dan tipe kubah. Dari ke-78 makam tadi, baru 20 makam yang berhasil diketahui siapa-siapa saja. Sedangkan, untuk hiasan yang ada di tiga tipe makam tadi cukup beragam. Anda dapat menyaksikan sendiri ketika menyambangi destinasi wisata era sejarah tersebut. Sudah saatnya kita mengenal budaya negri sendiri dan memahami sejarah bangsa termasuk destinasi wisata raja-raja Tallo.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Destinasi Wisata Alam Makam Tua Raja-raja Tallo"