Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi MESH : Pengertian, Karateristik, Keuntungan dan Kerugian

Topologi MESH : Pengertian, Karateristik, Keuntungan dan Kerugian - Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing ‐ masing topologi berdasarkan karak teristiknya. Jenis Topologi : 

  1. Topologi BUS 
  2. Topologi Star 
  3. Topologi Ring 
  4. Topologi Mesh 
  5. Topologi Extended Star 
  6. Topologi Hierarchical
Komponen utama yang biasanya dipakai dalam topologi jaringan mesh ini adalah Digital Cross Connect (DXC) dengan satu atau lebih dari dua sinyal aggregate, dan tingkat cross connect (koneksi persilangan) yang bermacam pada level sinyal SDH. Topologi jaringan mesh ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Banyaknya saluran ini harus disiapkan guna membentuk suatu jaringan topologi mesh yaitu jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, dengan n adalah jumlah sentral). Tingkat kesulitan yang terdapat pada topologi jaringan mesh ini sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Jadi dapat kita ketahui bahwa disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Pengertian Topologi MESH, Karateristik Topologi MESH, Keuntungan dan Kerugian Topologi MESH
Topologi MESH

Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Topologi MESH dibangun dengan memasang banyak link pada setiap komputer. Hal ini dimungkinkan karena pada setiap komputer terdapat lebih dari satu NIC.Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi. Topologi Mesh memiliki tingkat redundancy yang tinggi.

Karakteristik Topologi MESH 

  • Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan‐ peralatan yang ada. 
  • Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain. 
  • jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung. 

Keuntungan Topologi MESH 

  • Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance. 
  • Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih. 
  • Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot. 

Kerugian Topologi MESH 

  • Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan‐peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya. 
  • Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Topologi MESH : Pengertian, Karateristik, Keuntungan dan Kerugian"