Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi Logik Jaringan

Topologi Logik Jaringan - Topologi Logik berasal dari kata “ Logik “ yang berarti adalah suatu gambaran bagaimana hubungan yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita mengalaminya ( merasakan ). Pengertian secara umum, topologi logik merupakan topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masingmasing komputer dalam jaringan.

Ethenet 

Ethernet sekarang ini paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection ). Sistem ini dapat memperhatikan setiap komputer kedalam kabel dari jaringan sebelum mengirimkan data ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi ketika jaringan telah kosong. Jika ada dua buah komputer melakukan transmisi pada saat bersamaan, maka komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. 

Metode ini disebut dengan koalisi, yang tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari jaringan. Ethernet dapat digunakan pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon. Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps - 100Mbps dan terus berkembang sampai 1Gbps. 

Keuntungan dari Ethernet adalah : 

  1. Kecepatan mengirim data mecapai 100Mbps-1Gbps 2. Cukup sederhana 3. Mudah dalam menggunakannya .

Kerugian dari Ethernet adalah : 

  1. Sering terjadi tabrakan data pada saat menggunakannya 2. Jika pemakainya ramai, maka kecepatanya pun melambat.
Topologi Logik Jaringan
 Ethernet

Token Ring 

Token Ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Hubungan komputer pada token berbentuk seperti cincin. Sebuah sinyal token bergerak berputar seperti lingkaran pada sebuah jaringan dari satu komputer menuju ke komputer yang lain. Jika pada persinggahan disalah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ketempat dimana data itu ingin ditujukan, dan token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer. Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optik yang dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang. 

Keuntungan dari Token Ring adalah : 

  1. Menggunakan Token Passing untuk menghindari tabrakan data 
  2. Kecepatannya mencapai 16 Mbps 
  3. Menggunkan kabel fiber optik 

Kerugian dari Token Ring adalah : 

  1. Jika terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu
  2. Biaya mahal
Topologi Logik Jaringan
Token Ring

Local Talk

Local talk merupakan jaringan yang dikembangkan pertama kali oleh Apple Computer Inc untuk komputer macintos. Metode yang digunakan oleh jaringan Local Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Lokal talk menggunakan kabel TP khusus yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui port serial dengan kecepatan yang bisa didapat hanya 230 Kbps. 

Keuntungan dari Local Talk adalah : 

  1. Kecepatan hanya 230 Kbps 
  2. Menggunakan kabel TP khusus 

Kerugian dari Local Talk adalah : 

  1. Lambat dalam mengakses 
  2. Sering terjadi tabrakan data
Topologi Logik Jaringan
Local Talk

FDDI ( Fiber Distributed Data Interface ) 

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode yang digunakan oleh FDDI adalah model token ring. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua. Kecepatan FDDI dengan menggunakan fiber optik kabel mencapai 100 Mbps. FDDI dapat menghubungkan sampai 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km. 

Keuntungan dari FDDI adalah : 

  1. Menggunakan dua buah topologi ring dalam proses transmisi 
  2. Menggunakan kabel fiber optik 
  3. Memilki kecepatan 100 Mbps 
  4. Dapat menghubungkan 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km 

Kerugian dari FDDI adalah : 

  1. Biaya cukup mahal 
  2. Boros dalam menggunakan kabel
Topologi Logik Jaringan
FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

ATM (Asynchronous Transfer Mode ) 

ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) yaitu sebuah jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mentransmisikan data kedalam satu paket, sedangkan yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang dengan menggunakan kabel fiber optik ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN. ATM juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka. 

Keuntungan dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) adalah : 

  1. Kecepatannya sampai 155Mbps atau lebih 
  2. Dapat didukung variasi media 
  3. Menggunakan kabel fiber optik 
  4. Dapat dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) 

Kerugian dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) adalah : 

  1. Boros dalam menggunakan kabel 
  2. Mahal
Topologi Logik Jaringan
ATM (Asynchronous Transfer Mode)

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Topologi Logik Jaringan"

close