Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Membuat Jaringan LAN

Peralatan Membuat Jaringan LAN - Peralatan untuk membuat LAN dan antar jaringan yang umum dijumpai adalah kabel UTP/STP, konektor dan peralatannya, kartu jaringan, repeater, hub/switch, bridge dan router.

Kabel Dan Peralatannya 

Ada 3 bagian besar standard jaringan Unshielded Twisted Pair (UTP) yaitu, Eth ernet 10Mhz (10 Mbs) 10BASE-T, Ethernet 100 Mhz (100 Mbs) 100BASE-TX Fast Ethernet.dan Gigabits Ethernet 1000 Mhz (1000 Mbs). Jaringan yang sederhana bisa dibuat hanya dengan 2 komputer. Masing - masing komputer mempunya NIC (Jaringan Interface Card) dan menjalankan Software Jaringan dan antara keduanya di hubungkan dengan Cross Over kabel. 

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Jenis Koneksi Cross Dan Straight
Untuk menghubungkan jaringan komputer yang lebih banyak diperlukan HUB atau SWITCH dan di gunakan kabel Straigh tThru. Kabel yang biasa digunakan untuk jaringan twisted -pair adalah category 5 (CAT 5) untuk 10 Mbs dan 100 Mbs. Untuk Gigabit Ethernet gunakan Kabel CAT 5e atau CAT 6.

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Kabel UTP/STP Dengan Konektor RJ-45
Ujung dari kabel yang di buat baik Straight mau pun Cross harus di pasang konektor sebagai terminal dari kabel. Konektor ini di sebut RJ-45 (Registered Jack 45).

Peralatan Membuat Jaringan LAN
5 Konektor RJ-45
Tang Crimp digunakan untuk meng-crimp kabel dan konektor RJ -45.
Tang Crimping
Setelah mengetahui peralatan yang di butuhkan untuk membuat kabel jaringan mari kita coba membuat kable tersebut. Pada dasarnya kabel yang dipakai hanya 4 sisa nya sebagai ground dan pin-pin yang di pakai (hubungkan) adalah pin 1,2,3 dan 6 dan untuk kabel cross pin 1 di hubungkan ke pin 3, 2 ke 6, Pin TX (transmitter) berhubungan dengan pin RX (receiver).

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Posisi Kabel Crossover Dan Kabel Straight
Straight Kabel UTP berisi 8 kabel yang kecil di dalamnya dan masing-masing mempunyai warna. Urutan kabel yang dipasang jika akan menggunakan HUB, dimana konektor 1 akan terhubung ke NIC komputer dan konektor 2 masuk ke port HUB. Cross Over Model kabel ini sesuai untuk jaringan peer to peer, dimana komputer langsung saling terhubung tanpa melewati HUB.

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Posisi Kabel Crossover Dan Straight Di RJ-45
Panjang kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan antara PC dengan HUB atau pun PC dengan PC tidak dapat lebih dari 100 meter.

Network Interface Card (NIC) 

NIC adalah peralatan fisik yang menjambatani antara jaringan dan komputer. NIC sangat menentukan kecepatan dalam su atu jaringan. NIC biasanya berbentuk kartu yang dipasang di dalam komputer (internal), bisa berupa card ISA, PCI, atau PCMCIA.

Peralatan Membuat Jaringan LAN
NIC Berbasis ISA
Peralatan Membuat Jaringan LAN
NIC Berbasis PCI
Peralatan Membuat Jaringan LAN
NIC Berbasis Kartu PCMCIA
Peralatan Membuat Jaringan LAN
NIC Di Personal Computer (PC)
Peralatan Membuat Jaringan LAN
NIC Di Laptop

Repeater

Repeter digunakan untuk menghubungkan segmen kabel agar dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Repeter berfungsi hanya untuk memperkuat sinyal.

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Repeater

Hub

Hub dan repeater dapat di katakan hampir sama, hanya meneruskan data tanpa memiliki kecerdasan mengenai alamat-alamat yang dituju. Hub tidak memiliki kemampuan untuk meneruskan data ke komputer lain yang berbeda jaringan ID. Hub hanya memiliki satu domain collision, sehingga walaupun komputer - komputer dihubungkan ke port-port yang berlainan, tetapi tetap ber ada pada satu domain collision yang sama. Dengan demikian, jika salah satu port sibuk, port -port yang lain harus menunggu. Hub dapat dihubungkan dengan hub lainnya secara bera ntai (disy chain) untuk memperluas jaringan LAN. Pada jaringan Ethernet 10BaseT, untuk menghubungkan beberapa hub didalam sutau domain collison, berlaku peraturanperaturan sebagai berikut : 
  1. Antara 2 komputer hanya di perbolehkan 4 hub dan 5 segmen kabel 
  2. Panjang kabel antara komputer ke hub atau hub ke hub maksimum 100 meter 
  3. Diameter jaringan adalah panjang kabel maksimum antar 2 komputer misalnya antar komputer A dan komputer B , adalah 500 meter. 
  4. Panjang kabel antara hub dan komputer minimum 1 meter.
Peralatan Membuat Jaringan LAN
Hub

Bridge

Fungsi utama bridge adalah untuk memisahkan jaringan yang luas menjadi subjaringan yang lebih kecil. Pada dasarnya bridge akan mengisolasi sebuah subjaringan dengan subjaringan lain. Bridge akan sangat selektif dalam melewatkan data untuk dikirimkan antar subjaringan. Bridge di gunakan untuk membagi LAN menjadi 2 domain collision untuk mengurangi jumlah tabrakan (collision) dan metode ini di sebut segmentasi. Bridge bekerja pada lapisan data link dan menggunakan MAC address untuk meneruskan frame-frame data ke tujuannya. Salah satu kelemahan bridge adalah jika alamat yang di terima tidak di kenal oleh bridge, maka akan di siarkan berita ke jaringan segmen lain dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya broadcast strom (badai siaran) yang efeknya dapat membuat jaringan macet total. Walaupun dapat memiliki domain collision yang berbeda, tetapi peralatan bridge hanya memiliki satu broadcat domain.

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Bridge

Switch 

Switch adalah sejenis bridge yang juga bekerja pada lapisan data link tetapi memiliki ke ungulan karena memiliki sejumlah port yang masing-masing memiliki domain collision sendiri-sendiri. Switch menciptakan virtual private jaringan (VPN) dari port pengirim dan port penerima. Jika 2 host (komputer) sedang berkomunikasi lewat VPN tersebut, dan tidak mengganggu segmen lainnya. Jadi, jika satu port sedang sibuk, port-port lain tetap dapat berfungsi. Dengan switch memungkinkan transmisi full-duplex untuk hubungan port ke port. Pengiriman dan penerimaan dapat dilakukan bersamaan mengunakan VPN. Persyaratan untuk mengadakan hubungan full-duplex adalah hanya satu host (komputer) yang dapat dihubungkan ke satu port dari switch (satu segment per node). Komputer tersebut harus memiliki NIC yang mendukung (support) Ful-duplex, serta collision detection dan loopback harus disable (dimatikan).

Peralatan Membuat Jaringan LAN
Switch

Router 

Router peralatan utama yang digunakan dalam Wide Area Jaringan (WAN). Informasi(paket data) dapat di teruskan ke alamat -alamat yang berjauhan dan berada di jaringan yang berlainan. Hal itu tidak dapat di lakukan oleh hub, bridge atau switch. Pada router proses seleksi atau pe -route-an dilakukan pada jaringan layer dari arsitektur jaringan komputer. Artinya proses seleksi bukan pada ethernet address tapi pada lapisan yang lebih tinggi seperti Internet protocol address
.
Peralatan Membuat Jaringan LAN
Router

Access Point 

Access Point Access point adalah perangkat penting dalam jaringan nirkabel. Akses point berfungsi sebagai titik akses yang menghubungkan komputer-komputer ke dalam sebuah jaringan. Akses point fungsinya sama dengan hub pada jaringan dengan menggunakan kabel. Akses point biasanya dilengkapi dengan antena dan port RJ45 Jika Saudara masih ingat tentang hub, jumlah komputer yang dapat tersambung ke dalam hub tergantung dari jumlah port (tempat menghubungkan konektor kabel) yang dimiliki oleh hub. Jika hub memiliki port 8 maka maksimal ada 8 komputer yang terhubung. Pada access point untuk mendukung koneksi di atur dari sistem yang ada di dalam access point. Access point dapat mendukung 10 koneksi atau lebih.
Peralatan Membuat Jaringan LAN
Access Point

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Peralatan Membuat Jaringan LAN"

close