Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ilmu Ekonomi

Segala macam kegiatan dan kesibukan hidup manusia ini ternyata digerakkan oleh kamakmuran yang merupakan tujuan dari setiap usaha manusia. Kalau demikian, kemunculan ilmu ekonomi kiranya berangkat dari perasaan kurang atau belum makmur. Lalu dimanakah peran ilmu ekonomi dalam kaitannya dengan upaya meraih kemakmuran? Apabila menyebut kata "ekonomi" umumnya orang sudah megerti bahwa kata ini erat hubungannya dengan usaha. Istilah ekonomi itu sendiri berasal dari baha yunani, yaitu oikonomia. Kata tersebut merupakan turunan dari dua kata, yakni oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga, sedangkan nomos berarti mengatur.. Jadi arti asli oikonomia adalah mengatur rumah tangga. Kemudian arti sali tadi berkembang menjadi arti baru, sejalan dengan perkembangan ekonomi menjadi suatu ilmu. Kini sebagai ilmu, ekonomi berarti pengetahuan yang tersusun menurut cara yang runtut dalam rangka mengatur rumah tangga. Rumah tangga disini bukanlah dalam arti sempit, melainkan menunjuk pada suatu kelompok sosial yang dapat dianggap sebagai suatu rumah tangga. Kelompok sosial ini dapat berwujud perusahaan, kota, bahkan negara. Berarti dalam pengertiaanya yang luas, rumah tangga menunjuk pada kesatuan kelompok manusia yang hidup menurut norma dan tata aturan tertentu.


Sebenarnya banyak ragam definisi yang dikemukakan oleh para pakar ekonomi. Akan tetapi semua defenisi itu pada prinsipnya sama. Unsur penting yang patut kita perhatikan dalam penjabaran makna ilmu ekonomi adalah 
  1. Adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  2. Alat - alat pemuas kebutuhan terbatas jumlahnya
  3. Adanya usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya 
  4. Penggunaan alat pemuas kebutuhan untuk berbagi tujuan bersifat alternatif
Sering timbul pertanyaan apa latar belakang timbulnya ilmu ekonomi ? Keempat unsur yang baru saja dipaparkan tadi adalah jawabannya. Keempatnya merupakan motivator bagi orang untuk mencari cara - cara sistematis tertentu yang dapat digunakan sebagai pedoman menggalang kemakmuran. Upaya mencari cara - cara sistematis itu pada gilirannya melahirkan kerangka - kerangka yang tersusun menurut metode tertentu. Kerangka ini merupakan jawaban ataupun reaksi terhadap permasalahan ekonomi yang dihadapi. Kerangka - kerangka inilah yang dinamakan teori ekonomi. Kita ketahui, permasalahan ekonomi itu selalu cenderung berkembang atau bahkan berubah. Akibatnya selalu diperlukan kerang - kerangka metodologis yang baru. Itulah sebabnya selalu muncul teori - teori ekonomi yang baru.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Ilmu Ekonomi "