Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian Ilmu Ekonomi

Adanya bermacam - macam bidang yang dipelajari membuat ilmu ekonomi terbagi lagi menjadi beberapa cabang :

1) Ekonomi Teori

Ekonomi teori merupakan kumpulan teori - teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep. Kerangka seperti ini berasal dari data - data konkret yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum. Tampaklah disini teori ekonomi itu berangkat dari gejala - gejala konkret yang terjadi di tengah masyarakat. Dalam lingkup pelajaran kita gejala - gejala tadi boleh disebut sebagai peristiwa ekonomi. Gejala - gejala ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode - metode tertentu. Mengapa dilakukan pendekatan seperti itu? Analisis tadi bermaksud menerangkan hubungan antara peristiwa - peristiwa ekonomi. Ternyata berkat analisis dapat dilacak adanya pola - pola tertentu yang menjembatani peristiwa - peristiwa ekonomi tertentu. Misalnya peristiwa ekonomi A muncul sebagai akibat dari peristiwa. Disini, dapatlah dirumuskan asumsi - asumsi sebagai kesimpulan dari pola - pola hubungan yang ditempatkan itu. Apabila nanti ternyata tahan uji dalam waktu, masyarakat, maupun tempat, asumsi ini dapat ditempatkan sebagai teori ekonomi.

2) Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif menggambarkan keadaan ekonomi dalam bentuk angka - angka. Caranya adalah dengan mencatata atau mendaftarkan peristiwa - peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi itu tertulis dalam bentuk angka - angka. Tugas seperti ini di indonesia dilaksanakan oleh Biro Pusat Statistik. Keadaan atau perkembangan ekonomi dapat dilihat melalu angka - angka ini dan keadaan masa lampau dapat dihubungkan dan dibandingkan dengan keadaan masa sekarang. Melalui analisis terhadap hubungan dan perbandingan tadi, dapatlah keadaan yang mungkin terjadi di masa datang.

3) Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah - masalah ekonomi tertentu. Kita ketahui, masalah - masalah ekonomi banyak bermunculan di tengah masyarakat. Terhadap masalah ini dicarilah pemecahannya dengan menggunakan teori ekonomi yang sesuai dengan corak masalah ekonomi yang dihadapi. Dengan demikian dalam ekonomi terapan kita dapat melihat manfaat langsung teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari - hari.

4) Ekonomi Mikro 

Ekonomi mikro menunjukkan pada telaah cara bekerjanya sistem ekonomi yang dilakukan secara partikular. Obyek material ekonomi mikro adalah individu per individu atau perusahaan satu per satu. Dari sudut individu misalnya perilaku konsumen dan selera konsumen. Sedangkan dari sudut perusahaan misalnya ongkos perusahaan, produksi perusahaan penawaran dari perusahaan atau permintaan dari perusahaan, pasar, dan harga.

5) Ekonomi Makro

Ekonomi makro menunjuk pada telaah cara bekerjanya sistem ekonomi secara universal. Obyek material ekonomi makro dimulai dari mempelajari susunan perekomian dari segala sudut. Apabila ekonomi makro mempersoalkan permintaan (seperti dalam ekonomi mikro), maka yang dimaksud bukan permintaan perorangan atau perusahaan tetapi permintaan masyarakat secara keseluruhan. Selanjutnya, ekonomi makro mempersoalkan pendapatan secara nasional, begitu pula produksi konsumsi dan kesempatan kerja secara menyeluruh. Tampaklah bahwa obyek material (apa yang dibalas) ekonomi mikro dan ekonomi makro pada dasarnya adalah sama. Perbedaan antara keduanya terletak pada obyek formalnya (bagaimana membahasnya)
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pembagian Ilmu Ekonomi"