Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN

Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN - Ukuran energi pada sebuah segmen WaveLAN jarang diatas 100 mW. Energi diatas 100 mW cukup untuk berkomunikasi sampai dengan 3 4 km. Access Pont umumnya memiliki kemampuan dari 30 100 mW. Perangkat outdoor (bridges) menggunakan energi diatas 100 mW. Untuk merubah ukuran energi dapat dilakukan dari perangkat lunak yang disertakan dalam perangkat tersebut. Administrator juga dapat melihat ukuran energi dari perangkat lunak tersebut.

Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN
Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN
Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN
Aplikasi Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN

Ukuran energi selain menggunakan Watt, juga menggunakan satuan decibel (dB). dB diukur berdasarkan logaritma berbasis 10, artinya kalo terjadi selisih sebesar 1 dB sama dengan selisih energi sebesar 10 kali lipat. Skala ini memudahkan untuk bekerja pada angka-angka besar. Menghitung dB dilakukan menggunakan rumus sebagai berikut: d
B = 10 log10(Pakhir/Pawal) 
dimana: 
dB = banyaknya energi dalam decibel 
P akhir = energi akhir, yaitu ukuran energi setelah proses terjadi. 
P akhir = energi awal, yaitu ukuran energi sebelum proses terjadi.

Satuan decibel memiliki beberapa varian. dBx dimana x menggambarkan suatu nilai tertentu, sering digunakan untuk menggantikan dB. Dibawah ini adalah referensi untuk decibel yaitu: 
  • dBm, dimana m adalah miliwatt. Jika dibutuhkan nilai dBm bisa dikembalikan lagi ke nilai watt. Energi yang hilang atau dikuatkan dari sinyal dapat diketahui dengan melihat titik referensi yang tetap yaitu miliwa

  • Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN
    nilai dBm

  • dBd, dimana d adalah dipole. Satuan ini menunjukkan penguatan yang dimiliki oleh antena, yang dibandingkan dengan antena dipole pada frekuensi yang sama. Antena dipole adalah antena terkecil dimana antena tersebut adalah antena dengan penguatan paling sedikit yang dapat dibuat. 
  • dBi, dimana i adalah isotropic. Satuan ini sama dengan dBd tetapi pembandingnya adalah teori isotropic. Teori isotropic untuk antena tidak dapat diwujudkan tetapi berguna untuk menghitung secara teoritis coverage dan fade area. 
  • EIRP (Effective Isotropic Radiated Power). EIRP adalah energi efektif yang didapat pada main lobe dari antena pengirim. Menghitung EIRP adalah dengan menjumlahkan penguatan antena (dalam satuan dBi) dengan level energi (dalam satuan dBm) pada antena tersebut.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Mengubah Ukuran Energi pada WaveLAN"