Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISP (Internet Service Provider) - Pengertian dan Fungsi ISP

ISP (Internet Service Provider) - Pengertian dan Fungsi ISPISP merupakan kependekan dari Internet Service Provider yaitu sebuah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP memiliki infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet dimana ISPnantinya akan membagi kapasitas koneksi internet yang dimilikinya kepada para pelanggan yang membutuhkan jasa koneksi internet. Itulah pengertian ISP yang paling benar. Biasanya sistem langganan yang diterapkan oleh ISP adalah sistem langganan tiap bulan meskipun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota. 

ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
ISP

Berdasarkan pengertian ISP diatas maka keberadaan sebuah ISP memang sangat dibutuhkan saat ini, tentunya kehandalan sebuah ISP nantinya akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang kita miliki. Oleh karena itu sebelum anda memilih berlangganan dengan ISPtertentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu:

Kecepatan transfer data 

Sesuai dengan pengertian ISP diatas, jika anda akan berlangganan layanan ISP maka anda harus mengetahui berapa kecepatan transfer data maksimal yang ditawarkan oleh ISPtersebut. Semakin cepat transfer data yang ditawarkan menunjukkan ISPtersebut semakin handal 

Jenis modem yang digunakan 

Jenis modem yang digunakan oleh pihak ISP untuk sambungan internet pelanggannya juga menunjukkan kehandalan dari ISP tersebut, pilihlah ISP yang menawarkan modem digital untuk sambungan internet dengan menggunakan kabel serta modem yang sudah support teknologi 3G untuk sambungan internet menggunakan wireless. 

Rasio jumlah sambungan internet ke pelanggan 

Perhatikan pula rasio jumlah sambungan dibagi jumlah pelanggannya, untuk shared connection idealnya 1 sambungan maksimal untuk 10 pelanggan untuk menghindari koneksi internet yang lambat. 

Fitur tambahan 

ISP biasanya tidak hanya menawarkan layanan jasa sambuangan internet saja, tetapi juga menawarkan fitur-fitur tambahan sebagai nilai plus dari ISP tersebut. Anda harus jeli mnemperhatikan fitur yang ditawarkan semakin banyak fitur yang ditawarkan menunjukkan ISPtersebut semakin handal Pengertian ISP diatas semoga saja bisa menambah wawasan anda tentang ISP yang merupakan penyedia jasa layanan sambungan internet, berikut ini adalah contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia.

ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
Skema Layanan ISP

Contoh ISP 

  • Telkom Speedy Telkom speedy merupakan ISP produk dari PT Telkom Indonesia, dengan harga yang cocok di kantong orang berpenghasilan menengah kebawah Telkom Speedy menawarkan koneksi internet yang stabil, info lebih lanjut bisa diakses di http://telkomspeedy.com 
  • Astinet Astinet juga merupakan produk dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan jasa sambungan internet untuk penggunaan skala besar. Astinet sendiri merupakan kependekan dari Access Service Dedicated To Internet Info lebih lanjut tentang Astinet bisa anda akses di http://telkomspeedy.com/telkomnetastinet 
  • IM2 merupakan layanan sambungan internet milik PT Indosat, selain itu IM2 juga melayani jasa hosting dan sewa domain, untuk lebih lengkapnya anda bisa mengakases http://www.indosatm2.com/ 
  • Centrin Centrin merupakan ISP milik PT Centrin Online, menawarkan layanan jasa koneksi internet dengan infrastruktur yang sangat canggih, anda bisa membaca lebih lengkap di http://www.centrin.net.id 
  • Provider Seluler lainnya Saat ini hamper semua provider seluler ternama sudah menawarkan jasa layanan internet atau ISP, biasanya berbasis quota dan bisa diaktifkan dengan paket-paket tertentu, ISP jenis ini merupakan pilihan cocok bagi anda yang hanya membutuhkan koneksi internet secara isidental saja.

Jenis Layanan ISP 

Berikut ini adalah beberapa jenis layanan ISP beserta karakteristiknya : 

1. Connection Speed (Kecepatan Koneksi) 

  • Kecepatan download bervariasi dari 56 kbps untuk dial up dan 1,5 mbps atau lebih untuk 
  • Teknologi yang lebih tinggi seperti DSL dan Modem Kabel. 
  • Koneksi kecepatan tinggi direkomendasikan untuk seseorang yang banyak mendownload program, 
  • Memainkan game online, atau menjalankan server mereka sendiri. 

2. Video on Demand 

  • Download film secara real-time yang membuat pengguna dapat melihat film di internet secara langsung. Layanan ini juga disebut dengan Streaming Video. 
ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
Videon on Demand Arsitektur

3. Content Filtering (Penyaringan Konten)

  • ISP menyediakan software yang dapat mencegah materi spesifik yang terdownload berdasarkan spesifikasi pengguna. 
  • Software ini sering digunakan untuk memblok situs yang tidak pantas dan memblok serangan sebuah situs.
ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
Content Filtering

4. Virus Scanning 

  • ISP sering memasukkan virus scanning dan anti-spam dalam bagian dari paket koneksinya. 
  • ISP kebanyakan memindai kode berbahaya dari file yang diupload dari pengguna dan yang sampai ke pengguna berikutnya.
ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
Virus Scanner Online

5. IP Telephone 

  • ISP juga menyediakan layanan IP Telephone yang memungkinkan pengguna untuk menelepon dan menerima telepon dari internet. 
  • Ketika menggunakan internet, jarak jauh biasanya tidak berlaku. 
 IP Telepon

6. Personal Home Pages

  • Personal Home Pages sering disediakan dalam layanan ISP. Biasanya ukuran ruang web dan trafik yang disediakan terbatas. 
  • Disain dan perawatan website tergantung dari penciptanya. 

7. Web Hosting Services 

  • Organisasi yang tidak mempunyai server dapat menggunakan server ISPsebagai server mereka. 
  • Web Hosting Service biasanya dibeli berdasarkan ukuran web site dan 
  • antisipasinya setiap bulan.
ISP Internet Service Provider Pengertian dan Fungsi ISP
Diagram Web Hosting 

Fungsi Dan Peran ISP 

Fungsi ISP sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISPmelalui komputer dan modem. Lalu, ISPakan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Peran Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungan ke jaringan internet. ISP ada yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset, dan lembaga pendidikan. ISP yang bersifat umum merupakan ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan internet untuk masyarakat luas, baik untuk pribadi maupun untuk kelompok, seperti suatu lembaga yang ingin terhubung dengan jaringan internet. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. 

Contoh ISP jenis ini adalah WasantaraNet, LinkNet, D-net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet. Perhatikan, tidak semua ISP dapat berhubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri (dunia) karena dana untuk tujuan tersebut sangat mahal. Oleh karena itu, hanya ISP besar yang mampu membangun jaringan internet dengan pihak luar negeri. Untuk menghemat dana, beberapa ISP yang bersifat tertutup tidak melakukan hubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri, melainkan melalui ISP bersifat umum. Jadi, untuk menghubungkan diri ke tempat Internet, Anda perlu berlangganan ke suatu penyedia jasa layanan Internet (Internet Service Provider-ISP). ISPdianggap sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke Internet. Anda cukup mencari ISP yang berlokasi di kota tempat tinggal Anda.

Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain : 
  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet. 
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat. 
  • Menyediakan modem untuk dialup. 
  • Menghubungkan seorang pengguna ke layanan informasi World Wide Web (www). 
  • Memungkinkan seorang pengguna menggunakan layanan surat elektronik (e-mail). 
  • Memungkinkan seorang pengguna melakukan percakapan suara via internet. 
  • Memberi tempat untuk homepage. 
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "ISP (Internet Service Provider) - Pengertian dan Fungsi ISP"