Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Perangkat Keras WAN

Instalasi Perangkat Keras WAN - Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu menjelaskan instalasi perangkat keras Wide Area Network.

Router

Router Sebenarnya tidak ada arsitektur yang eksak dari sebuah router karena berbeda-beda tergantung merek dan jenisnya. Dibawah ini adalah gambar arsitektur router dari merek Cisco.

Instalasi Perangkat Keras WAN
gambar arsitektur router
Instalasi Perangkat Keras WAN
gambar arsitektur router

Komponen-komponen dari Router adalah: 
  1. CPU, Central Processing Unit mengeksekusi instruksi pada Operating System. Fungsi yang lain adalah inisialisasi sistem, fungsi routing dan mengontrol network interface. Router yang besar memiliki beberapa CPU. 
  2. RAM, Random Access Memory digunakan untuk informasi routing table, fast switching cache, running configuration dan packet queque. RAM biasanya dibagi dua secara logik yaitu memori processor utama dan memory shared input/output (I/O). Memory shared I/O adalah berbagi antara berbagai interface I/O untuk menyimpan paket secara sementara. Isi RAM akan hilang begitu power dari Router dimatikan. 
  3. Flash, digunakan untuk menyimpan keseluruhan IOS (Internetworking Operating System) software image. Router umumnya mencari operating system pada flash. IOS dapat diupgrade dengan mengisi IOS baru pada flash. IOS mungkin berbentuk compressed atau uncompressed. 
  4. NVRAM, Nonvolatile Random Access Memory (NVRAM) digunakan untuk menyimpan startup configuration. Di beberapa perangkat NVRAM diimplementasikan menggunakan EEPROM yang terpisah dari perangkat tersebut. 
  5. Bus, kebanyakan router berisi sebuah system bus dan CPU bus. System bus digunakan untuk komunikasi diantara CPU dan interface. System bus mengirimkan data dari dan ke interface. CPU bus digunakan oleh CPU untuk mengakses komponen dari media penyimpan router. 
  6. ROM, Read Only Memory digunakan untuk menyimpan permanen startup diagnostic code (ROM Monitor). Tugas utama untuk ROM adalah diagnosa hardware selama router melakukan bootup dan memindahkan software IOS dari Flash ke RAM. 
  7. Interface adalah koneksi router keluar. Ada tiga tipe interface yaitu Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan Management. Interface LAN biasanya berupa salah satu dari jenis Ethernet atau Token Ring. Interface WAN termasuk serial, ISDN dan integrated Channel Service Unit (CSU). Management port berisi port Console dan AUX adalah port serial yang digunakan untuk menghubungkan router dengan administrator. Port ini bukan merupakan port jaringan. Port ini menggunakan aplikasi tertentu yang dijalankan pada sebuah komputer yang dihubungkan melalui port komunikasi pada komputer atau menggunakan modem.h. Power Supply, menyediakan power yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komponen internal.

  8. Instalasi Perangkat Keras WAN
    Interface

  9. Power Supply, menyediakan power yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komponen internal. 

Koneksi Komputer atau Terminal Console ke Router 

Port Console atau AUX adalah port manajemen. Port tersebut adalah port serial asynchronous yang tidak didesain sebagai port jaringan. Satu dari kedua port tersebut dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi router. Port Console dianjurkan untuk konfigurasi awal karena tidak semua router mempunyai port AUX.

Instalasi Perangkat Keras WAN
Port Console atau AUX
Ketika router pertama kali dijalankan, belum ada parameter jaringan yang dimasukkan. Oleh karena itu router tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan perangkat jaringan lainnya. Untuk menyiapkan konfigurasi awal pasangkanlah pada komputer atau terminal RS-232 ASCII ke port console pada router. Kemudian masukkan perintah konfigurasi kedalamnya. Satu kali konfigurasi tersimpan pada router maka router sudah dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Gunakan komputer atau terminal tersebut untuk melakukan perbaikan atau monitoring jaringan. Router juga dapat dikonfigurasi dari jarak jauh dengan melakukan koneksi melalui modem yang dihubungkan ke port Auxiliary. Kemudian modem dihubungkan ke jalur telepon. Administrator dapat melakukan koneksi melalui komputer yang terhubung ke modem menuju router tersebut.

Instalasi Perangkat Keras WAN
port Auxiliary terhubung modem
Kemudian konfigurasikan software terminal emulation (contohnya Hyperterminal) pada PC untuk: 
  • Port serial (com) yang sesuai. 
  • 9600 baud - 8 data bits 
  • No Parity 
  • 1 stop bit 
  • No flow control

Koneksi ke Interface LAN 

Pada jaringan LAN biasanya menggunakan interface Ethernet atau Fast Ethernet. Interface Ethernet tersebut dihubungkan ke switch menggunakan kabel straight through. Jika langsung ke komputer dapat menggunakan kabel cross over.

WAN Physical Layer 

Implementasi Physical Layer berbeda beda tergantung pada layanan, kecepatan dan tipe dari layanan itu sendiri. Koneksi serial digunakan untuk mendukung layanan WAN seperti dedicated leased line yang menjalankan Point to Point Protocol (PPP) atau Frame Relay. Kecepatan koneksi tersebut berkisar dari 2400 bps sampai dengan layanan T1 pada kecepatan 1,544 Mbps dan layanan E1 pada kecepatan 2,048 Mbps.

Instalasi Perangkat Keras WAN
WAN Physical Layer
ISDN menawarkan koneksi dial-on-demand atau layanan backup menggunakan dialup. Pada ISDN Basic Rate Interface (BRI) adalah gabungan dua buah 64 kbps bearer channel (B channel) untuk data dan satu delta channel (D channel) pada kecepatan 16 kbps yang digunakan untuk persinyalan dan tugas manajemen jalur lainnya. PPP biasanya digunakan untuk membawa data melalui B channel. Dengan meningkatnya kebutuhan layanan broadband kecepatan tinggi untuk perumahan, Digital Subscriber Line (DSL) dan kabel model menjadi lebih populer. Untuk contoh, pelanggan DSL rumah bisa mendapatkan kecepatan T1/E1 melalui jalur telepon yang ada. Layanan kabel modem menggunakan kabel televisi coaxial yang ada. Jalur kabel coaxial menyediakan koneksi kecepatan tinggi yang menyamai bahkan melebihi DSL.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Instalasi Perangkat Keras WAN"

close