Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Sistem Komputer


Pengertian

Sistem komputer adalah kombinasi dari komponen komputer yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Apabila komponen ini ada maka pada pengguna dapat melakukan aktifitas pada komputer tersebut, seperti memutar film, mendengarkan lagu, bermain game, mengetik, atau browsing internet. Atau pengertian sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang tersusun dari software (perangkat l,unak) dan hardware (perangkat keras) yang melakukan tugas atau fungsi tertentu seperti menginput data, memproses data, menyimpan data dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Selain itu dapat pula diartikan bahwa pengertian sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Fungsi Sistem Komputer

Sistem komputer memiliki tiga fungsi dasar, yaitu:

1. Menginput Data

Sistem komputer berfungsi untuk menginput semua jenis data yang telah dimasukkan oleh brainware (pengguna) melalui perangkat keras komputer seperti mouse, keyboard, microphone dan perangkat input lainnya.

2. Memproses Data

Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh pengguna masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, setelah data tersebut diinput sistem komputer akan melakukan sebuah proses yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data tersebut di jalankan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses tadi. Hasil output tersebut mampu berupa informasi baik berupa gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer

Berikut Penjelasan Gambar di Bawah

  • Data diambil dari Data Movement Apparatus oleh Control
  • Control memberikanya ke bagian Processing untuk diolah
  • Hasil olahan pada bagian Processing kemudian disimpan ke Storage sebagai sebuah “result”    Sebaliknya…… Data dari Storage diambil oleh control utk diolah, setelah itu hasilnya ke Data Movement Apparatus
Penjelasannya Secara Keseluruhan : 

  1. Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacam–macam, akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data,
  2. Komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu fungsi Penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya.
  3. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi Pemindahan data diperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.
  4. Fungsi Pengendalian juga dilakukan oleh komputer, baik pengendalian internal dalam komputer itu sendiri maupun pengendalian eksternal , yaitu pengendalian peralatan lain.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Sistem Komputer"