Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Pengelompokan Musik Ansambel

Pengertian dan Pengelompokan Musik Ansambel, apa itu musik ansembel, musik ansambel adalah, kelompok musik ansambel, jenis - jenis musik ansambel, kelompok alat musik ritmis, alat musik melodis, alat musik harmonis.

Penjelasan

Secara bahasa Ansambel bersumber dari bahasa Perancis, Ansambel mempunyai arti sebuah rombongan musik. Kemudian didalam kamus musik, definisi ansambel yaitu kelompok aktivitas alat musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya. Definisi lain dari ansambel yaitu bermain musik dengan bersama-sama memakai beberapa alat musik tertentu dan juga memainkan lagu-lagu musik menurut golongan alat musiknya.

Pengelompokkan 

Alat musik dalam permainan musik ansambel menurut fungsinya dapat dibagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut :

1. Kelompok Alat Musik Ritmis 

Alat musik ritmis berfungsi untuk memberikan irama. Contoh alat musik ritmis yaitu triangle, gendang dan, ketipung.

2. Kelompok Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Alat musik ini memiliki nada - nada sehingga dapat mengeluarkan rangkaian nada. Contoh alat musik melodis yaitu rebab dan mandolin.

3. Kelompok Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring dan dapat mengeluarkan paduan nada sekaligus. Contoh alat musik harmonis yaitu sampek dan sasando.



Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Pengelompokan Musik Ansambel"

close