Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri - Ciri Mahluk Hidup

Secara umum, ciri - ciri yang ditemukan pada mahluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan, dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

A. Bernapas


Setiap saat kamu bernapas, yaitu menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup. Kamu dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kamu akan meraskan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.

B. Memerlukan Makanan dan Minuman


Untuk beraktivitas, setiap mahluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut di peroleh? Untuk memperoleh energi, mahluk hidup memerlukan makanan dan minuman.

C. Bergerak 


Kamu dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan, itu merupakan ciri bergerak. Tubuhmu dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak. 

D. Tumbuh dan Berkembang


Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan massa tubuhmu sekarang dengan tinggi massa tubuhmu waktu masih kecil? Tentu saja tidak sama. Tinggi dan massa tubuhmu akan bertambah seiring pertambahan usia. Proses inilah yang disebut dengan tumbuh. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu - kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjad iulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu - kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu - kupu dewasa.

E. Berkembang Biak (Reproduksi)


Kemampuan mahluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembang bia bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing - masing juga mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya.

F. Peka terhadap Rangsang 


Bagaimana reaksi kamu jika tiba - tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk ke mata? Tentu secara spontan kamu akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut irritabilitas
Ingatlah, Irritabilitas merupakan kemampuan mahluk hidup untuk menanggapai rangsangan. Hewan dan manusia dilengkapi dengan alat indra untuk menanggapi rangsang, seperti hidung untuk mencium bau, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar. Hewan tertentu memiliki alat indra khusus, seperti gurat sisi pada ikan yang berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air. Tumbuhan juga mempunyai kepekaan terhadap rangsang yang menghasilkan gerak pada tumbuhan. Rangsang tersebut dapat berasal dari sentuhan, cahaya matahari, air, zat kimia, suhu, dan gravitasi bumi.

G. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan 


Kemampuan mahluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat keirng (sedikit mengandung air) memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup ditempat basah (banyak mengandung air) memilik daun lebar dan tipis.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Ciri - Ciri Mahluk Hidup "

close