Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian - Bagian Sel

Sel dibedakan menjadi tiga bagian utama, yaitu membran sel/membran plasma, sitoplasma dan nukleus atau inti sel. Plasma yang terdapat di luar inti sel disebut sitoplasma, sedangkan plasma yang terdapat di dalam inti sel disebut nukleoplasma. Nukleoplasma dan sitoplasma disebut protoplasmaga. Agar kamu lebih paham tentang bagian - bagian sel, pelajari uraian berikut.

a. Membran Sel (Selaput Plasma)

Membran sel merupakan bagian yang membungkus sel sebelah luar, fungsinya mengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel dan melindungi seluruh isi sel. Membran sel bersifat semipermeabel, artinya hanya dapat dilalui oleh air dan zat - zat tertentu, misalnya cairan gas, atau zat padat terlarut secara osmosis dan difusi

b. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan yang mengisi ruang antara membran sel dan inti sel. Di dalam sitoplasma terdapat struktur - struktur khusus yang disebut organel. Organel yang terdapat dalam sitoplasma antara lain sebagai berikut :
  1. Retikulum Endoplasma (RE). Retikulum endoplasma memenuhi sebagian besar sitoplasma. Ada dua macam RE, yaitu RE kasar dan RE halus. RE kasar memiliki bintik - bintik di permukaannya. Bintik - bintik ini adalah ribosom. RE kasar berfungsi sebagai tempat sintesis protein karena pada membran RE kasar terdapat ribosom. RE halus tidak memiliki ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi sebagai tempat sintesi lemak, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi serta transportasi molekul - molekul dari bagian sel satu ke bagian sel lain.
  2. Ribosom. Ribosom banyak tersebar di dalam sitoplasma. Akan tetapi, ada juga ribosom yang melekat pada RE. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
  3. Badan Golgi. Badan golgi berbentuk seperti kantong yang dibungkus oleh membran. Badan golgi berfungsi sebagai tempat sintesis polisakarida, membentuk membran sel, akrosom pada sel sperma, kuning telur, dan lisosom, serta membentuk kantong sekresi untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan oleh sel.
  4. Mitokondria. Mitokondria merupakan tempat pembentuk energi untuk keperluan sel. Organel ini dugunakan sebagai tempat pemecahan molekul makanan sehingga dihasilkan energi. Berkaitan dengan fungsi tersebut, mitokondria sering disebut the power haouse of cell
  5. Vakuola. Vakuola merupakan organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Vakuola merupakan rongga di dalam sel yang berperan menyimpan berbagai zat, misal air, zat makanan, atau zat sisa.
  6. Kloroplas. Kloroplas hanya terdapat di dalam sel tumbuhan. Organel ini mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Didalam kloroplas terdapat pigmen hijau yang disebut klorofil. Pigmen ini berfungsi menangkap energi cahaya yang diperlukan dalam fotosintesis.
  7. Lisosom. Lisosom merupakan vesikel yang terbentuk dari badan Golgi yang mengandung enzim - enzim hidrolitik yang berperan dalam proses pencernaan.
  8. Sentriol. Sentriol merupakan perkembangan dari sentrosom. Organel ini hanya ditemukan pada sel hewan. Dalam setiap sel terdapat sepasang sentriol. Pada saat terjadi pembelahan sel, sentriol ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk gelendong pembelahan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Bagian - Bagian Sel"

close