Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Word - Membuat Rumus Pada Tabel di Halaman MS Word

Proses perhitungan dapat dilakukan terhadap data pada suatu tabel. Microsoft Wordtelah menyediakan beberapa fungsi, seperti Sum, Average, Abs, Count dan lain – lain. Untuk mendukung penulisan suatu rumus, Microsoft Word mengasumsikan setiap sel tabel memiliki alamat sel yang terdiri dari kode huruf dan kode angka, seperti: A1, A2, C3 dan sebagainya. Kode huruf menunjukkan posisi kolom, sedangkan kode angka menunjukkan posisi baris. Contohnya, alamat sel B5 menunjukkan bahwa sel tersebut terletak pada kolom B (kolom ke-2) dan baris ke-5.


Tiap kolom diberi nama sesuai dengan urutan huruf abjad, sedangkan untuk baris diberi nama sesuai dengan urutan angka sehingga nama tiap sel sesuai dengan urutan kolom dan baris, misalnya A1, B3, C4 dan sebagainya.Dengan demikian, pemrosesan data pada masing – masing sel dengan menggunakan operator matematika (+, -, / dan *) atau dengan fungsi – fungsi lain. Untuk menuliskan rumus atau fungsi data tabel, gunakan tombol perintah Formula yang terletak di grup Data dalam tab Layout. Berikut ini adalah contoh prosedur untuk menuliskan rumus dalam tabel. Perhatikan langkah – langkah dibawah ini:

1. Letakkan Insertin Point pada alamat sel di mana hasil perhitungan akan ditempatkan.


2. Klik tombol perintah Formula yang terletak di grup Data dalam tab Layout.


3. Ketik rumus pada kotak Formula, atau bisa mengambil fungsi dari kotak Paste Function. Pada kondisi default, secara otomatis bagian ini telah terisi dengan rumus – rumus yang relevan dengan data tabel. Misalnya: =SUM(ABOVE) untuk menghitung jumlah total data dari suatu kolom / baris.

4. Jika memerlukan format angka, pilih daftar pilihan format angka pada kotak Number Format. Atau dapat menentukan sendiri format tersebut dengan cara mengetikkannya pada kotak Number Format.

5. Setelah selesai, klik Ok dan perhatikan hasilnya.


6. Kemudian hitung total dari kolom Lama Inap dengan rumus =Sum(Above).


7. Kemudian masukkan rumus untuk mencari total biaya pada sel E2 yaitu dengan rumus = C2 * E2.Kemudian lanjutkan sampai selesai pengisian di kolom total biaya.


8. Kemudian lakukan penjumlahan untuk kolom Total Biaya dengan rumus =Sum(Above).


Perhatikan ilustrasi gambar yang menunjukkan contoh penggunaan rumus dan digunakan untuk menghitung Total Biaya yang merupakan hasil perkalian antara nilai pada kolom Tarif dan Lama Inap, kemudian menghitung jumlah total untuk kolom Tarif, Lama Inap, dan Total Biaya.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Microsoft Word - Membuat Rumus Pada Tabel di Halaman MS Word"

close