Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyusun Opini dalam Bentuk Artikel

Pada artikel kali ini, Anda akan belajar bagaimana mengungkapkan pendapat/opini dalam bentuk artikel secara tertulis.Namun, sebelum Anda menyusun sebuah opini dalam bentuk artikel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain struktur artikel opini, argumentasi, dan bahasa yang digunakan.

<a href="http://www.freepik.com">Designed by Freepik</a>


1. Struktur Artikel Opini

Artikel diawali dengan pernyataan pendapat (thesis statement) atau topik yang akan Anda kemukakan.Selanjutnya, Anda kemukakan beberapa argumentasi tentang pendapat atau pandangan Anda terhadap masalah yang dikemukakan. Pada bagian ini disebut argumentasi. Bagian akhir artikel berisi pernyataan ulang, yakni penegasan kembali pendapat yang telah dikemukakan agar pembaca yakin dengan pandangan atau pendapat tersebut.

2. Argumentasi

Bagian terpenting dalam artikel opini adalah argumentasi.Argumentasi yang kalian kemukakan harus kuat.Artina argumentasi harus didukung data aktual karena artikel opini pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisis subjektif terhadap suatu permasalahan.Argumentasi yang dibangun harus konstruktif agar pesan dalam tulisan dapat diserap secara baik oleh pembaca. Kemudian, kalian harus memberikan solusi yang komprehensif

3. Penggunaan Bahasa

Bahasa dalam artikel bersifat ilmiah populer, berbeda dengan bahasa ilmiah pada umumnya.Penggunaan bahasa penting untuk diperhatikan agar dapat melihat sasaran pembacanya.Kecenderungan pembaca teks artikel adalah membaca tulisan yang tidak terlalu panjang, mudah dibaca, dan mudah dipahami.

Oleh karena itu, pada saat membuat opini, gunakan bahasa yang komunikatif, tidak bertele-tele,dan ringkas penyajiannya.Dalam menggali gagasan dan argumentasi, gunakanlah kalimat yang efektif, efisien, dan mudah dimengerti. Jika kamu menggunakan istilah asing atau bahasa daerah, buatlah padanan kata dalam bahasa Indonesia.

Demikian artikel mengenai Menyusun opini dalam bentuk artikel. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Menyusun Opini dalam Bentuk Artikel"

close