Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Menu Font dan Cara Mengatur Font Serta Paragraf Pada Microsoft Word

A. Mangatur Font

Tombol – tombol format merupakan tombol – tombol perintah untuk memformat dokumen, mulai dari pilihan jenis huruf, perataan naskah, cetak tebal (Bold), miring (Italic) dan garis bawah (Underline). Tabel berikut merupakan daftar tombol perintah dalam grup Font dan fungsinya :

 
Selain menggunakan tombol – tombol perintah dalam grup Font, dapat juga memformat font dengan cara mengklik tombol dialog yang terletak di sudut kanan nama grup. Selanjutnya akan terbuka kotak dialoh Font yang menampilkan format font yang lebih kompleks untuk memformat huruf. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ilustrasi dibawah ini:

Dalam kotak dialog Font terdapat daftar pilihan efek yang berfungsi member efek pada teks. Perhatikan penjelasan dan contohnya pada tabel dibawah ini:


B. Mengatur Perataan Teks

Microsoft Word menyediakan empat macam jenis perataan teks paragraph, yaitu: rata kiri, rata kanan, rata tengah dan rata kanan kiri. Perhatikan ilustrasi berikut ini:


Ada beberapa cara untuk memformat perataan teks paragraf, yaitu: menggunakan tombol perintah, Shortcut Key, atau kotak dialog Paragraf. Pada tab Home bagian grup Paragraph terdapat empat tombol untuk mengatur perataan teks paragraf yaitu: Align Text Left, Center, Align Text Right dan Justify. Untuk mengatur perataan teks paragraph, ikuti langkah berikut :

1. Blok paragraf tersebut.


2. Tekan tombol perataan teks yang ada di toolbarFormatting sesuai dengan bentuk persyaratan teks yang diinginkan.


3. Sebagai contoh, pilih tombol perintah Justify dan perhatikan bahwa format perataan teks pada paragraf yang terpilih akan berubah.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Fungsi Menu Font dan Cara Mengatur Font Serta Paragraf Pada Microsoft Word"

close