Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Terms Of Service (TOS) dan Fungsinya

Pengertian Terms Of Service (TOS) dan Fungsinya - Ketentuan Layanan (TOS) adalah aturan-aturan yang harus disetujui kedua belah pihak dalam sebuah pelayanan. Kecuali jika menyangkut hal-hal seperti pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen, istilah-istilah dalam TOS biasanya mengikat secara hukum.



Terms of Service, atau yang biasa disingkat TOS biasa disediakan oleh narablog/pemilik situs web dengan maksud untuk memberikan aturan (rules) sehubungan dengan pelayanan (service) yang ada di dalam blog/situs web-nya. 

Tidak peduli apa jenis platform atau media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna / pelanggan / pengunjung, jenis perjanjian dapat membantu Anda menetapkan aturan penting dan pedoman seperti:
  1. Menginformasikan kepada pengguna bahwa website Anda, isinya, logo, dll, adalah milik Anda dan itu dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta.
  2. Menginformasikan kepada pengguna bahwa Anda dapat menonaktifkan akun mereka (jika pengguna dapat membuat account pada Situ/Aplikasi Anda) atau menonaktifkan akses ke situs web Anda dalam kasus pelanggaran, misalnya spamming pengguna lain.
  3. Menetapkan Persyaratan Layanan, jika website Anda / Aplikasi selular dan memiliki pengguna yang dapat membuat konten, kemudian dapat dibagi oleh pengguna lain. Sebagai contoh: Melarang pengguna untuk meng-upload atau berbagi konten yang bukan milik mereka atau tidak memungkinkan pengguna untuk berbagi konten yang ditemukan di situs / Aplikasi seluler tanpa link Source (Narasumber), dll
  4. Bagaimana aturan pengguna agar dapat menggunakan konten yang Anda buat atau menggunakan konten pengguna lain yan dibuat pada Situs / Aplikasi seluler tersebut.
  5. Menjelaskan siapa yang memiliki hak pada konten yang dibuat oleh pengguna pada platform Anda
  6. Apa pelanggaran jika pengguna mengambil/menyebarkan konten/gambar,dll pada platform Anda yang dilindungi oleh Hak Cipta. Dan seterusnya.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Terms Of Service (TOS) dan Fungsinya "

close