Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Hanya Berkerja di Meja Hijau Saja, Inilah Prospek Karir Lulusan Sarjana Hukum

Wowitukeren – Kamu lulusan Sarjana Hukum (S.H) ? Jika ia apakah kamu berpikir bahwa kerja di meja hijau (pengadilan) adalah satu-satunya pekerjaan mahasiswa hukum? Eits berarti sobat wow kurang tahu nih, bahwa tidak hanya dimeja hijau saja loh sobat wow bisa berkerja melainkan masih banyak sekali prospek karir untuk mahasiswa Ilmu Hukum. Beberapa diantaranya ialah:
Tenaga Pengajar
Kamu suka mengajar? Sarjana Hukum bisa loh menjadi tenaga pengajar disebuah perguruan tinggi. Eits tetapi syarat utamanya sobat wow harus melanjutkan studi lanjut lagi kejenjang pascasarjana (min S2) untuk bisa menjadi tenaga pengajar. Tapi jangan khawatir, sebab meskipun kuliah S2 mahal tapi masih banyak kok program beasiswa yang ditawarkan untuk melanjutkan studi lanjut ke S2 diantarnya Beasiswa LPDP dll.
Notaris
Notaris merupakan salah satu profesi yang digemari oleh lulusan Sarjana Hukum (S.H). sebagai pejabat resmi yang diangkat oleh negara, sobat wow berhak untuk membuat dan mengurus surat-surat otentik seperti akta rumah, tanah, dan kepemilikan perusahaan. Profesi yang satu ini memungkinkan sobat wow untuk membuka praktik sendiri dirumah dan tidak terikat pula oleh satu perusahaan. Tetapi untuk memperoleh pekerjaan ini sobat wow harus melakukan studi lanjut ke Magister Kenotariatan terlebih dahulu. Tetap tenang banyak kok kampus yang menawarkan jurusan S2 Kenotariatan seperti UNDIP (Universitas Diponegoro), UGM (Universitas Gadjah Mada), UI (Universitas Indonesia) dan masih banyak lagi kampus-kampus yang menawarkan studi S2 Kenotariatan di Indonesia.

Staf Legal
Tidak hanya berkeja di Firma Hukum saja, profesi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, seperti bank, perusahaan properti, bahkan hingga rumah sakit loh. Lalu apa sih tugas dari Staf Legal? Nah, tugas yang akan dilaksanakan oleh Staf Legal ialah mengurusi surat-surat perusahaan yang berkaitannya dengan hukum. Contohnya seperti perjanjian kerja, aset perusahaan, dan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti akta.
Konsultan Hukum
Sebagai konsultan hukum, tentunya sobat wow akan melakukan review dokumen-dokumen untuk persidangan. Ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga konsultan di bidang ini, yang dimana tugas dari konsultan hukum adalah sebagi ekspensi perusahaan untuk pengembangan mereka secara resmi berdasarkan hukum yang berlaku.
Staf Kementrian
Ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)? Menjadi staf kementrian adalah pilihan tepat untuk sobat wow yang saat ini kuliah atau telah lulus di Ilmu Hukum. Banyak sekali kementrian di Indonesia yang membutuhkan karyawan dari jurusan ilmu hukum. Dengan berbagai kemampuan yang lebih, karir sobat wow akan bisa berkembang hingga menjadi seorang menteri loh. Sungguh jenjang karir yang sangat menjanjikan bukan?
Staf HRD (Human Research Development)
Tidak hanya jurusan Psikologi saja yang bisa berkerja menjadi HRD, melainkan lulusan Ilmu Hukum juga bisa berkecimbung langsung menjadi staf HRD di perusahaan maupun lembaga-lembaga lainnya. Lalu tugasnya apa? Lulusan ilmu hukum yang berkerja menjadi HRD memiliki tugas mengevaluasi aturan perusahaan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Hal ini biasanya mengenai pasal-pasal hukum dll.
Pengusaha

Tidak hanya bekerja pada bidang hukum saja, lulusan ilmu hukum juga bisa berkerja pada bidang lainnya seperti pengusaha. Dengan pengetahuan sobat wow semasa kuliah dulu mengenai ilmu hukum, sobat wow akan menjadi lebih paham tentang syarat-syarat dan proses hukum yang perlu dilalui dalam perusahaan. Sehingga usaha sobat bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.

Demikian tadi prospek karir yang bisa sobat wow pilih setelah lulus menjadi Sarjana Hukum (S.H). Silahkan dipilih sendiri ya sobat!
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tidak Hanya Berkerja di Meja Hijau Saja, Inilah Prospek Karir Lulusan Sarjana Hukum"

close