Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Tutorial Bekerja Cepat Dengan Ms Excel

Pada postingan sebelumnya saya sudah membuat Belajar Dasar MS EXCEL Dari Nol Besar Menjadi Mahir dalam postingan tersebut saya lampirkan banyak tutoral di dalamnya, jadi jika anda belum mencobanya silahkan kunjungi  saja link di atas agar kemampuan dah wawasan menggunakan Ms Excel kita semakin meningkat.

Mungkin kamu yang menemukan tutorial atau artikel Ms Excel ini adalah kamu yang baru belajar menggunakan ms Excel, nah postingan yang satu ini akan membuat kamu menjadi seperti penggunaa ms Excel yang sudah mahir. 

Berikut adalah 18 Trik Bekerja Cepat Dengan Ms Excel.


1. Cara menyeleksi semua Kolom dan Sel secara bersamaan.

Mungkin kamu baru megetahi cara menyelesksi semua kolom dan sel dalam ms Excel dengan menggunakan CTRL+A,  tapi sedikit pengetahuan baru anda juga bisa melakukanya hanya dengan melakukan satu klik pada sudut kiri atas lembar kerja anda. hal ini mungkin anda gunakan untuk mengganti semua jenis Font yang kamu gunakan pada lembar kerja ms Excel.

2. Cara membuka Ms Exel dalam jumlah banyak sekaligus

tutorial ini dapat anda gunakan jika anda memiliki banyak pekwejaan dalam jumlah banyak, sedangkan anda perlu membuka semuanya. agar waktu anda bisa lebih hemat, anda bisa menggunakan cara ini, 
  • Blok semua data yang ingin anda buka
  • tekan Enter pada Keyboard anda.



3. Memindah lembar kerja Ms Excel ke Lemar kerja yang lain dengan Cepat

cara ini dapat anda gunakan jika anda memiliki banyak data ms excel dan anda ingin berpindah dari data satu ke data yang lainnya, cara yang anda lakukan hanya tinggal menekan CTRL + TAB pada keyboard anda, perintah hampir sama untuk memindaha windows satu dengan windows yang lain.

4. Membuat menu Shortcut baru untuk mempermudah pekerjaan

jika anda terbiasa menggunakan shortcut dalam melakukan perkerjaan di ms Excel maka salah satu trik merubah shortcut ini dapat anda coba, karena dengan menggunakan shortcut kita bisa mempercepat waktu pengerjaan.
contohny disini saya menambahkan Cut dan copy, melalui
File-> Pilihan-> Quick Access Toolbar, menambahkan Cut dan Cop, bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

5. Membuat garis Diagonal 

Ketika membuat teman sekelas daftar alamat, misalnya, Anda mungkin perlu link diagonal di sel pertama untuk memisahkan atribut yang berbeda dari baris dan kolom. Cara membuatnya? Semua orang tahu bahwa 
Home-> Font-> Borders dapat mengubah batas yang berbeda untuk sel, dan bahkan menambahkan warna yang berbeda. Namun, jika Anda klik Borders Lebih, Anda akan mendapatkan lebih banyak kejutan, seperti garis diagonal. Klik dan menyimpan-Anda sekarang dapat membuat segera.

6. Cara memindah Sel ke Posisi yang lain dengan cepat

jika anda memiliki data yang sudah terlanjur di ketik  sempurna namun anda melakukan kesalahan dalam menempatkan posisi Sel. jangan Kuatir anda dapat memindahakan Sel yang sudah jadi ke posisi yang lain tanpa harus mengubah isi data.
  • Sorot Panah semua sel yang ingn di pindahkan posisinya
  • arahkan Mouse ke area yang di blok 
  • tunggu hingga membentuk poter Hitam besar
  • klik dan geser posisi Sel yang kamu inginkan.


7. Cara menambahkan Lebih dari satu Kolom baru (New Row)

mungkuin menambahkan satu kolom tau baris sudah anda ketahui, tapi untuk menambahkan banyak baris atau kolom yang satu ini bisa menjadi wawasan baru anda dalam menggunakan ms Excel.

  • Jika anda menambahkan 3 kolom baru
  • Blok tiga kolom dimana anda akan menambahkan kolom baru
  • Klik kanan > Insert > New Row
  • Jumlah kolom yang bertambah adalah tergantung berpa banyak kolom yang anda blok

8. Cara cepat menghapus tabel kosong

dalam kasus ini memang memiliki banyak alasan kenapa kita meninggalakan beberapa tabel yang kosong, namun jika kita ingin mencetak tabel tersebut tentunya akan memakakan banyak ruang dan sangat tidak efisien, Terus bagimana cara menghapus tabel yang kosong secara bersamaan ?. ini dia jawabanya. 


 Pilih kolom yang ingin Anda filter, pergi ke Data-> Filter, setelah ke bawah tombol menunjukkan, membatalkan Pilih Semua dan kemudian mengambil opsi terakhir, Kosong. Semua tabel-tabel kosong akan segera ditampilkan. Kembali ke Home dan klik Hapus langsung, mereka semua akan dihapus.

9. Cari Vague dengan Wild-card

Anda mungkin tahu bagaimana untuk mengaktifkan pencarian cepat dengan menggunakan shortcut Ctrl + F, tetapi ada dua kartu-Pertanyaan liar utama Mark dan Asterisk-digunakan dalam spreadsheet Excel untuk mengaktifkan pencarian samar. Ini digunakan ketika Anda tidak yakin tentang hasil sasaran. Pertanyaan Mark singkatan satu karakter dan Asterisk merupakan satu atau lebih karakter. Bagaimana jika Anda perlu mencari Question Mark dan Asterisk sebagai akibat sasaran? Jangan lupa tambahkan Line Gelombang di depan.




Cari Vague dengan Wild-card


10. Membuat Nilai Unik di Kolom

Anda menyadari fungsi utama Filter, tetapi hanya sedikit orang menggunakan Filter Lanjutan, yang akan berulang kali diterapkan ketika Anda perlu menyaring nilai unik dari data dalam kolom. Klik untuk memilih kolom dan pergi ke Data-> Lanjutan. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Seperti yang ditunjukkan screenshot, klik Salin ke lokasi lain, yang harus sesuai dengan area persegi merah kedua. Kemudian tentukan lokasi target dengan mengetikkan nilai atau mengklik tombol daerah-memilih. Dalam contoh ini, usia yang unik dapat dihasilkan dari Kolom C dan acara di Kolom E. Jangan lupa untuk memilih catatan unik saja, kemudian klik OK. Nilai unik yang menunjukkan dalam kolom E dapat menjadi kontras data asli di C, itulah alasan mengapa dianjurkan untuk menyalin ke lokasi lain.


Menghasilkan Nilai Unik di Kolom

11. Cara Membatasi Masukan dengan Validasi Data Fungsi

Dalam rangka mempertahankan validitas data, kadang-kadang Anda perlu membatasi nilai masukan dan menawarkan beberapa tips untuk langkah-langkah lebih lanjut. Misalnya, usia di sheet ini harus bilangan bulat dan semua orang yang berpartisipasi dalam survei ini harus berusia antara 18 dan 60 tahun. Untuk memastikan bahwa data di luar rentang usia ini tidak dimasukkan, pergi ke Data-> data Validation-> Setting, masukan kondisi dan beralih ke Masukan Pesan untuk memberikan petunjuk seperti, "Silakan masukan usia Anda dengan seluruh nomor, yang harus berkisar dari 18 ke 60. "Pengguna akan mendapatkan prompt ini ketika menggantung pointer di daerah ini dan mendapatkan pesan peringatan jika informasi diinput adalah wajar tanpa pengecualian.


Masukan Pembatasan dengan Validasi Data Fungsi


12. Cepat Navigasi dengan Ctrl + Tombol panah

Ketika Anda mengklik Ctrl + tombol apapun panah pada keyboard, Anda bisa melompat ke tepi lembar dalam arah yang berbeda. Jika Anda ingin melompat ke baris bawah dari data, hanya mencoba untuk klik Ctrl + tombol panah bawah.


Navigasi cepat dengan Ctrl + Panah Tombol


13. Mengubah Data dari Row ke Kolom Dengan Cepat

Anda akan menggunakan fitur ini jika Anda ingin merefleksikan data yang untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik; Namun, mengetik ulang semua data akan menjadi hal terakhir yang Anda perlu lakukan jika Anda tahu bagaimana menggunakan fungsi Transpose di Tempel. Berikut caranya: menyalin area yang ingin untuk merefleksikan, memindahkan pointer ke lokasi kosong lain. Pergi ke Home-> Paste-> transpose, perlu diketahui bahwa fungsi ini tidak akan mengaktifkan sampai Anda menyalin data pertama.


Transpose Data dari Row ke Kolom


14. Cara Menyembunyikan data

Hampir semua pengguna tahu bagaimana menyembunyikan data dengan mengklik kanan untuk memilih fungsi Hide, tetapi hal ini dapat dengan mudah melihat jika hanya ada sedikit data. Cara terbaik dan termudah untuk menyembunyikan data secara menyeluruh adalah dengan menggunakan fungsi Format Cells. Pilih daerah dan pergi ke Home-> Font-> Open Format Cells-> Nomor Tab-> Custom-> Ketik ;;; -> Klik OK, maka semua nilai-nilai di daerah akan terlihat, dan hanya dapat ditemukan di daerah pratinjau di sebelah tombol Function.


Sembunyikan data umur


15. Compose Teks dengan &

Formulasi yang rumit tidak perlu, selama Anda tahu bagaimana menggunakan &. Anda dapat menulis teks bebas dengan simbol ini. Di bawah ini saya memiliki empat kolom dengan teks yang berbeda, tapi bagaimana jika saya ingin menulis mereka untuk satu nilai dalam satu sel? Pertama, menemukan sel yang menunjukkan hasil terdiri, menggunakan formulasi dengan & seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Klik Enter: semua teks di A2, B2, C2 dan D2 akan terdiri bersama-sama untuk menjadi LizaUSA25 @ di F2.


Menulis teks dengan &


16. Mengubah Text Huruf Kapital dengan Cepat

Dengan semua trik berbagi di sini, saya sudah mencoba yang terbaik untuk menghindari rumusan yang rumit. Namun masih ada beberapa sederhana dan mudah digunakan formulasi menunjukkan, seperti UPPER, LOWER dan PROPER, yang dapat mengubah teks untuk tujuan yang berbeda. UPPER akan memanfaatkan semua karakter, RENDAH dapat mengubah teks ke semua huruf kecil dan PROPER hanya akan memanfaatkan karakter pertama dari sebuah kata.


mengubah text huruf kapital


17. Menulis Angka  Dimulai dengan 0 (Nol)

Ketika nilai input dimulai dengan nol, Excel akan menghapus nol secara default. Daripada ulang Format Cells, masalah ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan menambahkan tanda kutip tunggal menjelang nol pertama, seperti yang ditunjukkan.


Nilai masukan Mulai dengan 0


18. Mempercepat Memasukkan Syarat Complicated dengan AutoCorrect

Jika Anda perlu mengulang nilai yang sama dan itu adalah rumit untuk masukan, cara terbaik adalah dengan menggunakan fungsi AutoCorrect, yang akan menggantikan teks dengan teks yang benar. Mengambil nama saya, Liza Brown, misalnya, yang dapat diganti dengan LZ. Oleh karena itu, setiap kali saya masukan LZ, dapat AutoCorrect untuk Liza Brown. Pergi ke File-> Pilihan-> Proofing-> AutoCorrect Options dan masukan Ganti teks dengan teks yang benar di daerah persegi panjang merah, seperti di bawah ini.

Mempercepat Memasukkan Syarat menyulitkan dengan AutoCorrect


19. Merubah atau mengedit Nama Lembar Kerja dengan Mudah


Ada beberapa cara untuk mengubah nama lembar, dan sebagian besar pengguna akan klik kanan untuk memilih Rename, yang sebenarnya limbah banyak waktu. Cara terbaik adalah dengan hanya klik dua kali, maka Anda dapat mengubah nama itu langsung.

nah itu tadi 19 trik Ms Excel yang data anda gunakan untuk mempercepat pekerjaan anda, semoga bermanfaat.

http://www.barokongnetwork.com/2016/01/18-trik-yang-bisa-membuat-siapapun.html

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "19 Tutorial Bekerja Cepat Dengan Ms Excel"

close