Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teori Atom Thomson (Materi Pelajaran Kimia Kelas 10)

Kelemahan dari Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson, percobaan yg dilakukannya tabung sinar katoda. Hasil dari eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yg disebut elektron. Suatu bola pejal yg permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yg bermuatan positif sehingga atom bersifat netral.

Sampai akhir abad ke-19, konsep tentang bentuk atom masih berupa bola pejal layaknya bola biliar. Sedangkan pada tahun 1987 Joseph John Thomson secara total merubah konsep atom dgn adanya penemuan elektron yg dikenal dgn teori atom Thomson.

Pengertian Teori Atom Thomson (Materi Pelajaran Kimia Kelas 10)

Pengertian Teori Atom Thomson (Materi Pelajaran Kimia  Kelas 10)
Pengertian Teori Atom Thomson (Materi Pelajaran Kimia Kelas 10)
Kekurangan model Thomson ini adala tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.  Kelebihan Teori Model Atom Thomson : dapat menerangkan adanya partikel yg lebih kecil dari atom yg disebut dgn subatomik, dapat menerangkan sifat listrik atom.

Teori atom Thomson jika diringkas sbg berikut :
    • Atom berupa bola yg bermuatan positif dgn adanya elektron yg bermuatan negatif di sekelilingnya.
    • Muatan positif dan negatif pada atom besarnya sama. Hal ini menjadikan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak mempunyai muatan positif atau negatif yg berlebihan.
      Selain roti kismis, teori atom Thomson dapat diumpamakan sbg semangka. Daging buah yg berwarna merah melambangkan ruang yg bermuatan positif, sedangkan biji yg tersebar di dalamnya adalah elekton yg bermuatan negatif.

      Penemuan Elektron

      Elektron ditemukan oleh J.J. Thomson melalui percobaan tabung sinar katoda. Pada saat itu, Thomson melihat bahwa jika arus listrik melewati tabung vakum, ada semacam aliran berkilau yg terbentuk. Thomson menemukan bahwa aliran berkilau tersebut dibelokkan ke arah plat kutub positif. Teori atom Thomson membuktikan bahwa aliran tersebut terbentuk dari partikel kecil dari atom dan partikel terebut bermuatan negatif. Thomson menamai penemuan tersebut sbg elektron.
      Bona Pasogit
      Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

      Posting Komentar untuk "Pengertian Teori Atom Thomson (Materi Pelajaran Kimia Kelas 10)"

      close