Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persen dengan Microsoft Excel

Bagaimana cara menghitung persen dengan menggunakan microsoft excel? Atau malah menggunakan kalkulator manual untuk menentukan sebuah prosentase atau persentase? Kalau masih belum bisa menghitung persen dengan menggunakan excel atau bahkan menghitungnya masih menggunakan kalkulator, berarti masih amat ketinggalan. Karena menghitungnya dengan menggunakan microsoft excel sangat mudah, gampang, akurat, sehingga akan sangat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Nah, dalam kesempatan kali ini, Blog Belajar Word dan Excel akan mengulas tips excel tersebut. Sehingga nantinya kita akan mampu melakukan penghitungan persentase langsung di lembar kerja microsoft excel.

Persentase (sering disebut juga sebagai prosentase) merupakan sebuah nilai atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering juga disebut perseratus dengan menggunakan tanda (simbol) "%".


Untuk mendapatkan sebuah angka persentase anda digunakan rumus "nilai" dibagi "total nilai keseluruhan" dikali "100%". Sebagai contoh, Sebagai contoh, 4 orang wanita berangkat ke pasar, 3 dari mereka naik sepeda motor, dan 1 orang naik mobil. Persentase wanita yang naik sepeda motor adalah 3 dari 4 = 3/4x100% = 300/4 = 75%. Sementara persentase wanita yang naik mobil adalah 1 dari 4 = 1/4x100% = 100/4 = 25%.

Cara Menentukan Persentase dengan Microsoft Excel

Dengan menggunakan software microsoft excel, kita bisa menentukan persentase dengan cepat dan mudah. Perhatikan video tutorial berikut ini :


Dalam video tersebut diambil dua contoh. Yang pertama adalah Zahra memiliki 9 bola. 4 bola diantaranya sudah laku terjual. Dan kita akan menentukan berapa persenkah bola Zahrah yang sudah terjual.

Sedangkan pada contoh yang kedua agak lebih komplek. Ibu Tati membeli pisang seharga Rp 75.000. Pisang tersebut dijual kembali oleh ibu Tati seharga Rp 100.000. Berapa persen keuntungan yang didapatkan ibu Tati?
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Persen dengan Microsoft Excel"

close