Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Pangkat dengan Menggunakan Excel

Cara menghitung pangkat dengan menggunakan excel merupakan salah satu fungsi yang dimiliki microsoft excel. Dengan menggunakan program microsoft ini kita dapat melakukan penghitungan atau menentukan nilai sebuah perpangkatan atau bilangan pangkat dengan sangat mudah. Bahkan excel menyediakan beberapa cara untuk melakukannya.

Sedikitnya ada tiga cara yang dapat digunakan untuk menentukan nilai perpangkatan dengan menggunakan microsoft excel. Cara tersebut adalah dengan menggunakan operator "^", dengan menggunakan fungsi POWER, dan dengan mennggunakan rumus Natural Logarithm (Logaritma Alami). Mana cara yang paling mudah? Tergantung kebiasaan pengguna. Namun dalam kesempatan ini Blog Belajar Word dan Excel akan mencoba menguraikan ketiga-tiganya dalam tips excel kali ini.


Menentukan Perpangkatan dengan Menggunakan Operator "^"

Cara yang pertama, dengan menggunakan operator "^" mungkin dianggap sebagai cara yang paling dasar. Caranya cukup dengan menuliskan langsung tanda sama dengan diikuti angka, tanda "^", dan nilai pangkat. Sebagai contoh adalah :
  • Tulis : =4^2 untuk menentukan hasil dari 4 pangkat dua
  • Tulis : =5^3 untuk menentukan hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =12^5 untuk menentukan hasil dari 12 pangkat 5
Lebih jelasnya perhatikan tutorial dalam video berikut ini :


Menentukan Perpangkatan dengan Fungsi Power

Cara kedua dalam menghitung nilai pangkat adalah dengan menggunakan fungsi POWER. Fungsi power ini dituliskan sebagai berikut : =POWER (bilangan pokok, bilangan pangkat). Contoh penggunaannya dalam microsoft excel adalah sebagai berikut :
  • Tulis : =POWER(4,2) untuk menentukan hasil dari 4 pangkat 2
  • Tulis : =POWER(5,3) untuk menentukan hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =POWER(12,5) untuk menentukan hasil dari 12 pangkat 5
Pada komputer dengan pengaturan regional setting bahasa menggunakan bahasa Indonesia, tanda koma (,) tidak berlaku dan harus diganti dengan tanda titik koma (;).

Menentukan Perpangkatan dengan Natural Logarithm

Cara ketiga dalam menentukan nilai perpangkatan adalah dengan menggunakan Natural Logarithm atau Logaritma Alami. Bagi sebagian orang, terutama pengguna pemula excel, cara ini dianggap agak ribet. Caranya adalah dengan melakukan perpaduan antara  rumus EXP dengan rumus LN (Natural Logarithm) pada angka yang dipangkatkan. Format penulisannya adalah : =EXP(angka pangkat * LN(angka pokok). Sedangkan contoh penggunaannya dalam microsoft excel adalah sebagai berikut :

  • Tulis : =EXP(4*LN(2)) untuk menentukan hasil dari 4 pangkat 2
  • Tulis : =EXP(5*LN(3)) untuk menentukan hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =EXP(12*LN(5)) untuk menentukan hasil dari 12 pangkat 5
nah sekarang tergantung masing-masing pengguna, mau menggunakan cara yang mana dalam menghitung nilai perpangkatan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Pangkat dengan Menggunakan Excel"

close