Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kode Error #DIV/0! di Excel

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kode Error #DIV/0! di Excel. Bagi pengguna microsoft excel, terutama yang kerap melakukan hitungan pembagian atau perbandingan dalam lembar kerja excel pasti tidak asing dengan kode error #DIV/0!. Kode ini muncul ketika suatu angka dalam satu cell dibagi dengan nol atau cell kosong. Hal ini terjadi karena secara matematis, hasil dari setiap angka yang dibagi dengan 0 (nol) adalah tidak terdefinisi.

Kemunculan kode error #DIV/0! bisa membantu pengguna excel untuk mengetahui bahwa dalam operasi pembagian yang dilakukan terdapat angka nol atau kosong. Namun bagi sebagian lain menganggapnya sebagai sebuah gangguan. Sehingga bagi pengguna excel ini, kemunculan kode error #DIV/0! dalam lembar kerja excelnya tidak diharapkan. Bahkan ingin dihilangkan saja.

Tapi bisakah kode error tersebut dihilangkan? Bisa! Kode error #DIV/0! bisa diatasi dan bisa dihilangkan. Dengan menggunakan sedikit fungsi excel, kode tersebut bisa dihilangkan sehingga cell yang tadinya muncul tulisan #DIV/0! akan menjadi cell kosong. Atau jika tidak ingin kosong, bisa diganti dengan nilai atau text tertentu. Tips tentang bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan kode error #DIV/0! inilah yang akan dibahas Blog Belajar Word dan Excel kali ini.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kode Error #DIV/0! di Excel

Gabungkan Fungsi Logika (Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (Fungsi Iserror)

Untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan kode error #DIV/0! ini dapat kita manfaatkan gabungan dari Fungsi Logika (yaitu Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (yaitu Fungsi Iserror). Dengan kedua fungsi tersebut, saat suatu perbandingan yang salah satunya memiliki nilai 0 atau kosong maka hasil perbandingan tersebut akan menjadi kosong atau memunculkan nilai sesuai yang telah disetting.)

Seumpama kita melakukan perbandingan antara cell B4 dan C4 di mana pada cell C4 nilainya nol (0). Hasil perbandingan tersebut dimunculkan di cell D5 dengan menggunakan rumus pembagian =B4/C4. Secara otomatis microsoft excel akan memunculkan kode #DIV/0! di cell D4. Agar dalam cell D4 tidak muncul kode error tersebut, maka kita harus memodofikasi rumus pembagian dalam cell D4 tersebut dengan menggabungkan Fungsi Logika (Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (Fungsi Iserror).

Rumus yang tadinya hanya =B4/C4 diubah menjadi 

=IF(ISERROR(B4/C4);"0";B4/C4)

yang artinya jika perbandingan di Cell B4 dengan Cell C4 terdapat kesalahan dalam hal ini muncul #DIV/0! maka angka yang muncul nantinya adalah 0 (nol), jika tidak terjadi kesalahan tetap menggunakan hasil perbandingan antara Cell B4 dengan Cell C4.

Keterangan :
  • Kode "0" akan memunculkan angka 0 (nol) jika ingin muncul nilai atau text lainnya bisa diganti dengan lainnya, semisal "-" (strip) "ERROR"; "KOSONG", dan lain-lain.
  • Jika ingin cell hasil menjadi kosong (tidak ada isinya) cukup ganti "0" dengan " " (spasi)
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kode Error #DIV/0! di Excel"

close