Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Area Praktik Perawat Kesehatan Komunitas

Area Praktik Perawat Kesehatan Komunitas

Perawat kesehatan komunitas merupakan praktik promotif dan proteksi kesehatan populasi menggunakan pengetahuan keperawatan, sosial dan ilmu kesehatan masyarakat (American Public Health Association, 1996). 

Praktik yang dilakukan berfokus pada populasi dengan tujuan utama promosi kesehatan dan mencegah penyakit serta kecacatan untuk semua orang melalui kondisi yang dicipakan dimana orang bisa menjadi sehat. 

Meskipun praktik yang dilakukan berada pada berbagai jenis organisasi dan masyarakat, semua perawat kesehatan komunitas berfokus pada populasi. 

Populasi dapat didefinisikan pada mereka yang hidup pada area geografis yang spesifik (contoh : tetangga, komunitas, kota atau negara) atau mereka kelompok etnik atau ras khusus yang mengalami beban berlebihan dari outcome kesehatan yang rendah. 

Populasi juga dapat berpartisipasi dalam progra khusus seperti perawatan maternitas untuk remaja yang hamil, atau mereka yang terkena penyakit-penyakit khusus seperti HIV/AIDS atau tuberkulosis; atau faktor resiko seperti hipertensi, kurangnya akses terhadap erawatan. 

Meskipun perawat kesehatan komunitas melayani indvidu dan keluarga, fokus utama adalah populasi. Perawat kesehatan komunitas bisa bekerja sama dengan komunitas dan populasi untuk mengurangi resiko kesehatan dan meningkatkan, mempertahankan serta memperbaiki kembali kesehatan. 

Perawat kesehatan komunitas melakukan advokasi pada tingkat sistem untuk merubah kesehatan. Perawat kesehatan komunitas harus memahami dan menerapkan konsep dari berbagai area. 

Perawat komunitas juga harus mengaplikasikan konsep pengorganisasian dan pengembangan komunitas, koordinasi perawatan, pendidikan kesehatan, kesehatan lingkungan dan ilmu kesehatan masyarakat. 

Perawat kesehatan komunitas bekerja sama dengan populasi dan berbagai kelompok meliputi : 

  1. Anggota dari tim kesehatan masyarakat seperti epidemiologis, pekerja sosial, nutrisionis dan pendidik kesehatan 
  2. Organisasi kesehatan pemerintah 
  3. Penyedia layanan kesehatan 
  4. Organisasi dan koalisi masyarakat 
  5. Unit pelayanan komunitas seperti sekolah, lembaga bantuan hukum dan unit gawat darurat 
  6. Industri dan bisnis 
  7. Institusi penelitian dan pendidikan 

Perawat kesehatan komunitas bekerja untuk meningkatkan kesehatan individu, keluarga, komunitas dan populasi melalui fungsi inti dari pengkajian, jaminan dan kebijakan pengembangan (IOM, 2003). Fungsi inti diaplikasikan dalam cara sistematik dan komprehensif. 

Proses pengkajian meliputi identifikasi kepedulian, kekuatan dan harapan populasi dan dipandu dengan metode epidemiologi. 

Jaminan diperoleh melalui regulasi, advokasi pada penyedia layanan kesehatan profesional lain untuk memenuhi kebutuhan layanan yang dikehendaki populasi, koordinasi pelayanan komunitas atau ketentuan langsung pelayanan. 

Srategi asuransi meliputi ketersediaan, bisa diterima, dapat diakses dan kualitas layanan. Kebijakan ditetapkan berdasarkan hasil pengkajian, prioritas ditentukan oleh populasi dan dengan pertimbangan dari subpopulasi dan komunitas pada resiko terbesar, seperti bukti keefektifan dari berbagai aktivitas atau strategi. 

Perawat kesehatan komunitas proaktif dengan menghormati kecenderungan pelayanan kesehatan dan sosial, merubah kepedulian, dan aktivitas legislatif serta kebijakan. Fungsinya sebagai advokat pada populasi yang mereka layani. 

Seperti advokasi untuk kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan lingkungan, menciptakan kondisi yang emperbaiki dan mempertahankan kesehatan populasi dan merupakan peranan kunci dari perawat kesehatan komunitas. 

Perawat kesehatan komunitas terlibat dalam penelitian untuk meningkatkan praktik perawat kesehatan komunitas dan strategi serta intervensi khusus. Perawat harus memiliki tanggung jawab secara aktif dalam meningkatkan ilmu berbasis bukti yang profesional. 

Dokumentasi yang baik dan jelas merupakan bukti praktik perawat kesehatan komunitas yang efisien, efektif dan strategi biaya yang menguntungkan dalam promotif kesehatan masyarakat. 

Ketika perawat kesehatan komunitas bermitra dengan individu, fokusnya menjadi meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik yang mendukung serta meningkatkan kesehatan dengan tujuan utama memperbaiki keseluruhan kesehatan dari populasi. 

Sama juga tindakan dengan keluarga dan komunitas yang meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat keseluruhan. Aktivitas dengan populasi berhubungan dengan organisasi, kebijakan, hukum dan termasuk stake holder kunci yang mempengaruhi lingkungan dimana orang-orang tinggal dan menciptakan kondisi yang meningkatkan kesehatan untuk semua. 

Menurut Depkes (2006) Pelayanan keperawatan kesehatan komunitas dapat diberikan secara langsung pada semua tatanan pelayanan kesehatan , yaitu : 

  • Di dalam unit pelayanan kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, dll) yang mempunyai pelayanan rawat jalan dan rawat nginap 
  • Di rumah Perawat “home care” memberikan pelayanan secara langsung pada keluarga di rumah yang menderita penyakit akut maupun kronis. Peran home care dapat meningkatkan fungsi keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mempunyai resiko tinggi masalah kesehatan. 
  • Di sekolah Perawat sekolah dapat melakukan perawatan sesaat (day care) diberbagai institusi pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi, guru dan karyawan). Perawat sekolah melaksanakan program screening kesehatan, mempertahankan kesehatan, dan pendidikan kesehatan 
  • Di tempat kerja/industri Perawat dapat melakukan kegiatan perawatan langsung dengan kasus kesakitan/kecelakaan minimal di tempat kerja/kantor, home industri/ industri, pabrik dll. Melakukan pendidikan kesehatan untuk keamanan dan keselamatan kerja, nutrisi seimbang, penurunan stress, olah raga dan penanganan perokok serta pengawasan makanan. 
  • Di barak-barak penampungan Perawat memberikan tindakan perawatan langsung terhadap kasus akut, penyakit kronis, dan kecacatan fisik ganda, dan mental.
  • Dalam kegiatan Puskesmas keliling Pelayanan keperawatan dalam puskesmas keliling diberikan kepada individu, kelompok masyarakat di pedesan, kelompok terlantar. Pelayanan keperawatan yang dilakukan adalah pengobatan sederhana, screening kesehatan, perawatan kasus penyakit akut dan kronis, pengelolaan dan rujukan kasus penyakit. 
  • Di Panti atau kelompok khusus lain, seperti panti asuhan anak, panti wreda, dan panti sosial lainya serta rumah tahanan (rutan) atau lembaga pemasyarakatan (Lapas).
  • Pelayanan pada kelompok kelompok resiko tinggi 
    • Pelayanan perawatan pada kelompok wanita, anak-anak, lansia mendapat perlakukan kekerasan 
    • Pelayanan keperawatan di pusat pelayanan kesehatan jiwa 
    • Pelayanan keperawatan dipusat pelayanan penyalahgunaan obat 
    • Pelayanan keperawatan ditempat penampungan kelompok lansia, gelandangan pemulung/pengemis, kelompok penderita HIV (ODHA/Orang Dengan Hiv-Aids), dan WTS 

Fokus utama kegiatan pelayanan keperawatan kesehatan komunitas adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keperawatan, membimbing dan mendidik individu, keluarga, kelompok, masyarakat untuk menanamkan pengertian, kebiasaan dan perilaku hidup sehat sehingga mampu memelihara dan meningkatkan derajad kesehatannya. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Area Praktik Perawat Kesehatan Komunitas"

close