Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-Tipe Lembaga Sosial

Tipe-tipe lembaga sosial, dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam sudut. Klasifikasi tipe-tipe lembaga sosial menyebabkan dalam setiap masyarakat akan dapat dijumpai bermacam-macam lembaga sosial. 

Hal ini dikarenakan setiap masyarakat mempunyai sistem nilai yang menentukan lembaga sosial manakah yang dipakai sebagai patokan dalam pergaulan hidup masyarakat. 

Tipe-Tipe Lembaga Sosial

Di mana lembaga sosial tersebut dianggap berada di atas lembaga-lembaga sosial lainnya. Lantas, bagaimana pengklasifikasian tipe-tipe lembaga sosial? Menurut Gillin dan Gillin (sebagaimana dikutip Soerjono Soekanto: 1987), lembaga sosial dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

1. Lembaga Sosial Dilihat dari Sudut Perkembangannya

Bila dilihat dari sudut perkembangan lembaga sosial, dapat dikenal dua macam lembaga sosial, yaitu crescive institutions dan enacted institutions. 

a. Crescive Institutions 

Crescive institutions merupakan lembaga sosial yang tidak sengaja tumbuh dari adat istiadat masyarakat. Lembaga sosial ini disebut juga lembaga sosial primer. Contoh, lembaga hak milik perkawinan, agama, dan lain-lain.

b. Enacted Institutions 

Enacted institutions merupakan lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh, lembaga utang piutang, lembaga perdagangan, lembaga-lembaga pendidikan, dan lembaga swadaya masyarakat.

2. Lembaga Sosial Dilihat dari Sudut Sistem Nilai-Nilai yang Diterima Masyarakat

Melalui sudut ini, Gillin dan Gillin menemukan dua tipe lembaga sosial yang berkembang dalam masyarakat. Dua tipe tersebut antara lain: 

a. Basic Institution 

Basic institutions merupakan lembaga sosial yang penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Contoh: keluarga, sekolah, negara, dan lain-lain. 

b. Subsidiary Institution 

Subsidiary institution merupakan lembaga sosial yang berkaitan dengan hal-hal yang dianggap oleh masyarakat kurang penting. Contoh: kegiatan rekreasi.

3. Lembaga Sosial Dilihat dari Sudut Penerimaan Masyarakat

Berlakunya suatu lembaga sosial atau sistem norma tergantung pada sikap penerimaan masyarakat terhadap sistem norma itu sendiri. 

Oleh karenanya, Gillin dan Gillin menganggap penting memandang lembaga dari sudut penerimaan masyarakat. Dari sudut inilah dikenal dua lembaga sosial yaitu approved atau sanctioned institutions dan unsanctioned institutions.

a. Approved atau Sanctioned Institutions 

Approved atau sanctioned institutions merupakan lembaga sosial yang diterima masyarakat. Contoh, sekolah, perusahaan dagang, dan lain-lain. 

b. Unsanctioned Institutions 

Unsanctioned Institutions merupakan pranata sosial yang ditolak oleh masyarakat meskipun masyarakat tidak mampu memberantasnya. Misalnya kelompok penjahat, kelompok pemeras, pencoleng, dan lain-lain.

4. Lembaga Sosial Dilihat dari Sudut Penyebarannya

Apabila ditinjau dari sudut penyebarannya, lembaga sosial dapat dikenal dua macam lembaga sosial, yaitu general institutions dan restricted institutions. 

a. General Institutions 

General institutions merupakan lembaga sosial yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat dunia. Misalnya lembaga agama.

b. Restricted Institutions 

Restricted institutions merupakan lembaga sosial yang hanya dikenal oleh masyarakat tertentu saja. Misalnya, lembaga agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan lain-lain.

5. Lembaga Sosial Dilihat dari Sudut Fungsinya

Melalui sudut ini, Gillin dan Gillin menemukan dua tipe lembaga sosial yang berkembang dalam masyarakat. Dua tipe tersebut antara lain: 

a. Operative Institutions 

Operative institutions merupakan lembaga sosial yang berfungsi menghimpun pola-pola atau tata cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan dari masyarakat yang bersangkutan. Contoh lembaga industri. 

b. Regulative Institutions 

Regulative institutions merupakan lembaga sosial yang bertujuan mengawasi tata kelakuan yang ada dalam masyarakat. Contoh, lembaga hukum seperti kejaksaan, pengadilan, dan lain-lain.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tipe-Tipe Lembaga Sosial"