Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wilayah Konservasi

Pernahkah kamu mendengar istilah konservasi? Konservasi adalah sebuah proses usaha untuk menjaga dan memelihara terhadap suatu fenomena alam. Paling tidak ada dua macam tujuan diadakannya konservasi, yaitu sebagai berikut. 

Pengertian Wilayah Konservasi
  1. Untuk menjaga kelestarian dan keutuhan suatu jenis kehidupan. Ini dilakukan untuk menjaga jangan sampai terjadi kepunahan pada jenis-jenis flora dan fauna tertentu. 
  2. Untuk menciptakan bibit unggul. Dengan dilindunginya berbagai jenis hewan dan tumbuhan, maka di area ini manusia memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai penelitian demi terciptanya suatu bibit unggul. 
Kemudian dikenal ada dua macam area konservasi, yaitu konservasi flora dan fauna serta konservasi lahan. 

1. Konservasi Flora dan Fauna 

Dalam menjaga dan melanggengkan utuhnya berbagai spesies flora dan fauna, pada dasarnya kita ikut andil. Sebab ada spesies-spesies tertentu yang nyaris punah dan tidak ada lagi di permukaan bumi. Ada juga spesies flora ataupun fauna tertentu yang diburu oleh manusia entah karena alasan khasiatnya atau karena nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya. 

Dengan penanganan yang baik dan bijak, kepunahan spesies flora maupun fauna dapat ditanggulangi. Sebagai contoh usaha pemerintah Indonesia dalam menanggulangi masalah kepunahan jenis tumbuhan adalah sebagai berikut. 

a. Pada tahun 1980-an, pertanian Indonesia pernah dilanda serangan hama wereng yang hebat, sehingga hampir semua petani mengalami kerugian. Maka dilakukanlah dua hal untuk mengantisipasinya. Pertama, dilakukan pembunuhan terhadap hama wereng. 

Kedua, dilakukan penelitian untuk menciptakan bibit unggul yang tahan terhadap wereng. Kemudian ditemukan satu bibit unggul padi yang disebut dengan padi unggul IR-36, hasil perkawinan antara varietas padi Indonesia dengan jenis padi liar Oryza Nivara dari India.

b. Pada tahun 1881 pernah terjadi serangan penyakit ”sereh” pada tanaman tebu. Kemudian diadakan penelitian, yang akhirnya ditemukan suatu tebu bibit unggul hasil perkawinan antara tebu liar gelagah (Saccharum spontanicum) dengan tebu varietas Cirebon hitam (Zwart cheribon) Di Indonesia ada beberapa wilayah yang dijadikan kawasan konservasi flora, yaitu sebagai berikut. 
  1. Kawasan Lindung Taman Nasional Gunung Leuser di Nanggroe Aceh Darussalam 
  2. Kawasan Lindung Taman Hutan Raya Bogor 
  3. Kawasan Lindung Cagar Alam Pananjung di Pangandaran 
  4. Kawasan Lindung Taman Hutan Cibodas di kaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat 
Seperti halnya konservasi yang dilakukan untuk melestarikan keberadaan jenis flora tertentu, konservasi fauna pun perlu dilakukan, karena memelihara keutuhan semua jenis hewan adalah tugas manusia yang sangat penting, sebab populasi hewan-hewan tertentu sudah mulai berkurang. 

Namun, banyak manusia yang serakah, hanya untuk menyalurkan hobinya, mereka rela mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa sampai ke tempattempat tertentu dengan tujuan berburu. Mereka memburu dan membunuh hewan-hewan itu hanya didasarkan hobi atau kesenangan saja. 

Begitu naif perilaku manusia yang seperti itu. Tidak berpikirkah manusia bahwa hewan-hewan yang mereka tembak itu jumlahnya semakin terbatas? Apalagi banyak hewan yang diburu itu adalah hewan yang dilindungi. Adapun beberapa tempat konservasi hewan di Indonesia adalah sebagai berikut. 
  • Taman Nasional gajah Way Kambas di Lampung 
  • Taman Nasional badak di Ujung Kulon 
  • Taman Nasional komodo di Pulau Komodo

2. Konservasi Lahan 

Konservasi lahan adalah pemeliharaan terhadap keutuhan dan kelestarian suatu tempat. Mengapa tempat-tempat itu mesti dijaga kelestariannya? Karena lahan memiliki nilai strategis, sehingga keberadaannya mempengaruhi stabilitas lahan itu sendiri maupun tempat lain di sekitarnya. 

Sehingga jika lahan yang dikonservasi rusak, maka wilayah sekitar akan merasakan akibatnya. Sebagai contoh, Puncak Bogor yang berada di kawasan perkebunan teh Gunung Mas jika mengalami kerusakan, baik secara fisik ataupun karena salah pengelolaannya, maka yang akan merasakan akibatnya adalah daerah sekitarnya seperti Bogor, Cianjur, termasuk Jakarta, dimana jika musim hujan tiba, daerah-daerah tersebut akan kekurangan air bersih.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Wilayah Konservasi"