Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Komputer saat ini menjadi alat bantu yang paling banyak digunakan untuk mengolah informasi. Komputer memiliki banyak manfaat. Hal apa saja yang dapat kamu lakukan dengan bantuan komputer? Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin, computare, yang berarti menghitung. Bidang kajian ilmu komputer cukup luas maka beberapa ahli mendefinisikan komputer sebagai berikut.

Sejarah dan Perkembangan Komputer

1. Menurut Hamacher 

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital. Kemudian, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. 

2. Menurut Blissmer 

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut:

  • Menerima Input
  • Memproses Input dengan satu Programnya
  • Menyediakan Output dalam bentuk Informasi

3. Menurut Fuori 

Komputer adalah suatu alat pemproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia. Perintah-perintah atau sekumpulan instruksi yang diberikan untuk mengendalikan cara kerja komputer disebut program. Berdasarkan jenis instruksi dan cara mengolah informasi maka komputer dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut. 

  • Komputer Digital
  • Komputer analog 
  • Komputer hibrid

Semua komputer digital bekerja dengan cara memanipulasi listrik yang diwakilkan dalam bentuk bilangan biner (binary). Sistem bilangan biner terdiri atas bilangan 1 dan 0. Bilangan 1 digunakan untuk mewakili kondisi on (logika 1 atau TRUE) dan bilangan 0 mewakili kondisi off (logika 0 atau FALSE).

Jika komputer digital bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik on/off (nyala/padam) maka komputer analog bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik secara terusmenerus. Dengan demikian, komputer analog cocok digunakan sebagai alat penghitung suhu, tekanan udara, denyut nadi/jantung, dan informasi lain yang bersifat terusmenerus. 

Komputer analog tidak menggunakan sistem bilangan biner. Menurutmu, sistem bilangan apakah yang digunakan komputer analog? Agar kamu dengan mudah memahami informasi yang bersifat kontinu, perhatikan bagaimana dawai atau senar gitar bergetar. Sinyal listrik dengan amplitudo tertentu diolah oleh komputer analog menjadi informasi yang bermanfaat.

Komputer hibrid merupakan gabungan komputer analog dan digital. Ada hal-hal tertentu yang lebih cepat dan lebih akurat diselesaikan oleh komputer analog. Oleh karena itu, komputer digital perlu dipadukan dengan komputer analog.

Sejarah Komputer 

Pada awal abad ke-18 ada seorang karyawan pabrik tenun Perancis bernama Joseph Marie Jacuard. Ia berhasil menemukan cara membuat program untuk mesin tenun. Program dibentuk dari kartu-kartu yang diberi lubang. Ide kartu berlubang atau punched card tersebut ternyata dapat digunakan pada komputer.

Salah satu penemuan yang menjadi awal sejarah komputer modern adalah penemuan prinsip dasar mesin komputer oleh Charles Babbage. Babbage adalah seorang ahli matematika Inggris yang diakui sebagai bapak komputer.

Pada 1822, Babbage menemukan ide mesin hitung yang diberi nama Difference Engine. Mesin ini dibuat untuk menyelesaikan perhitungan matematika dalam bentuk tabel. Mesin hitung tersebut tidak pernah selesai dibuat. 

Pada 1833, Babbage mendesain mesin hitung mekanik yang dapat digunakan pada berbagai perhitungan matematika. Mesin ini diberi nama Analytical Engine. Mesin ini bekerja menggunakan prinsip-prinsip yang kelak di kemudian hari digunakan oleh komputer modern.

Saat itu, Babbage belum dapat mewujudkan idenya karena kekurangan dana penelitian dan masalah lain. Sampai ia meninggal, baik Difference Engine maupun Analytical Engine tidak pernah berhasil diwujudkan. Namun, pada tahun 1834 dua orang insinyur Swedia bernama Georg dan Edward Scheultz berhasil membuat sebuah Difference Engine kecil berdasarkan ide Babbage.

Menurut catatan sejarah, komputer analog pertama diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920. Adapun komputer digital pertama bernama Z3. Z3 dikembangkan oleh seorang ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse tahun 1941. Z3 dapat diprogram dan merupakan jenis komputer general purpose (multiguna). Sebelumnya Zuse telah menciptakan Z1 antara tahun 1936 hingga 1938. Sayangnya, hampir semua karya zuse hancur saat terjadi perang dunia kedua.

Pada tahun 1946, insinyur-insinyur dari Universitas Pennsylvania membuat komputer bernama ENIAC (Electronic Numerical Indicator and Computer). ENIAC berukuran sangat besar, beratnya sekitar 30 ton. Komputer tersebut terdiri atas belasan ribu tabung vakum. ENIAC merupakan komputer pertama yang sepenuhnya elektronik dan dapat bekerja 1.000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Proses pembuatan program untuk ENIAC sangat rumit. Program dibuat dengan cara mencabut dan memasang kabel-kabel yang jumlahnya sangat banyak. Untuk mengatasi masalah ini, John Von Neumann, menemukan teknik menyimpan program dalam pita magnetik (seperti pita kaset namun berukuran besar). 

Berdasarkan ide tersebut maka dibuatlah komputer yang merupakan penyempurnaan dari ENIAC. Komputer ini bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dan merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetik.

Pada tahun 1954, perusahaan komputer IBM memproduksi komputer komersial yang pertama. Komputer itu diberi nama IBM 704. IBM juga memperkenalkan bahasa pemprograman bernama FORTRAN (Formula Translator) dan merumuskan konsep sistem operasi (operating system) yang pertama.

Pada tahun 1971, untuk kali pertama perusahaan Intel memproduksi microprocessor. Microprocessor berisi ribuan hingga jutaan transistor yang dikemas dalam sebuah integrated cirkuit (IC) sebesar kotak korek api. Sejak saat itu, ukuran komputer menjadi sangat kecil dibandingkan komputer ENIAC atau EDVAC.

Sekitar tahun 1980, IBM memproduksi komputer mikro yang disebut PC (Personal Computer). Sistem operasi yang digunakan adalah DOS yang dibuat oleh Microsoft. Pada saat yang hampir bersamaan, perusahaan Apple Computer memproduksi Macintosh yang jauh lebih mudah digunakan dibandingkan PC. Macintosh sudah menggunakan sistem operasi berbasis teks. Sekitar 1 tahun kemudian, Microsoft membuat sistem operasi Windows berbasis grafik dan menjadi pesaing utama Apple Computer.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Perkembangan Komputer"