Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Organ-organ reproduksi manusia baik organ reproduksi pada pria maupun organ reproduksi pada wanita jika tidak dijaga dengan baik maka dapat timbul penyakit atau kelainan pada organ reproduksinya. Pada materi berikut ini akan membahas tentang macam-macam penyakit pada sistem reproduksi manusia dan upaya-upaya pencegahannya.

1. AIDS 

AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh dan Syndrom berarti penyakit, sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya.

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

a. Penyebab AIDS 
AIDS disebabkan oleh virus, yang diberi nama HIV (Human Immuno Deficiency Virus), virus ini menyerang sel darah putih tertentu, dimana sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yaitu menangkal infeksi atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalam sel darah putih dan merusak sel darah putih maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. 

b. Penularan AIDS 
Virus HIV dapat berpindah dari seseorang ke orang lain atau dengan kata lain penyakit AIDS dapat menular. Penularan AIDS tidak menyebar melalui udara, atau karena berjabat tangan dengan penderita AIDS juga tidak menular melalui peralatan makan penderita AIDS. Tetapi virus HIV dapat menular masuk ke tubuh orang lain melalui transfusi darah (donor darah seseorang yang terinfeksi HIV) atau melalui alat-alat yang menyebabkan luka, seperti jarum suntik, jarum infus, dapat juga melalui kontak seksual.

c. Pencegahannya 
Sampai sekarang belum ditemukan cara pengobatan yang efektif pada penderita AIDS, oleh karena itu akan lebih baik bila kita berusaha menghindari penyakit ini dengan cara mencegah penularan virus HIV, antara lain: 1) Menggunakan jarum suntik yang steril dan jarum yang sekali pakai lalu dibuang. 2) Memeriksa darah sebelum transfusi darah, sehingga darah dapat dipastikan tidak terinfeksi virus HIV. 3) Hanya melakukan kontak seksual dengan pasangannya yang sah.

2. Gonorea 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Penderita gonorea akan merasakan sakit pada saat urinasi, kadang-kadang urine mengeluarkan nanah, jika penderita gonorea tidak diobati dapat merusak saluran reproduksi yaitu saluran sperma pada pria dan saluran tuba falopii pada wanita sehingga dapat mengakibatkan kemandulan.

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

3. Sifilis 

Sifilis disebabkan oleh sejenis bakteri Treponema pallidium, bakteri ini biasa ditularkan melalui kontak seksual, namun demikian bakteri ini juga dapat ditularkan melalui jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari ibu penderita sifilis. Penyakit ini akan ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin dan jika tidak segera diobati bakteri dapat merusak sel otak, melumpuhkan tulang atau merusak jantung dan pembuluh darah.

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Beberapa Upaya Pencegahan

Karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbahaya maka lebih baik mencegah daripada mengobati. Cara pencegahannya antara lain: 
  1. Memberikan penerangan mengenai bahayabahaya penyakit kelamin dan bagaimana cara pencegahannya. 
  2. Menghindari hubungan seksual di luar perkawinan. 
  3. Menjaga kesehatan sistem reproduksi antara lain: 
    • a. Sering mengganti pembalut pada wanita yang sedang menstruasi. 
    • b. Setelah buang air kecil selalu membasuh alat kelamin bagi wanita.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia"