Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cabang Seni Desain

Desain dapat dilihat atau diserap oleh mata. Hal ini berarti setiap benda buatan dibuat melalui proses perancangan dan pola rancang tertentu. Benda-benda yang sederhana, misalnya gerabah sampai benda-benda yang berteknologi canggih seperti pesawat televisi dan tidak satupun yang dibuat asal jadi. Kesemuanya dibuat dengan pola rancangan tertentu atau disebut juga dengan desain.

Proses desain dapat sederhana, tetapi dapat pula rumit. Sederhana apabila menyangkut perumusan pola rancangan pembuatan benda tersebut, tetapi akan semakin rumit jika harus menyangkut pula faktor-faktor lain seperti unsur-unsur tradisional, kultural, dan perlambangan (simbolisme). Namun, proses manapun akan memberikan keasyikan dan nilai tambah bagi perancangnya.

Dalam mendesain terdapat beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut. 
  • Kesederhanaan, yaitu pertimbangan-pertimbangan yang mengutamakan pengertian dan bentuk yang inti (prinsipal). 
  • Keselarasan, yang berarti kesesuaian antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya dalam suatu benda atau rancangan. 
  • Irama, yaitu adanya kesan gerak yang ditimbulkan oleh keselarasan (harmoni) dan ketidakselarasan (kontras). 
  • Kesatuan yang terpadu (unity). 
  • Keseimbangan (balance)
Perkembangan dan tuntutan zaman membuat para desainer untuk lebih berpikir kreatif dan inovatif dalam merancang hasil karyanya. Adanya perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan desain menunjang hadirnya para desainer atau perancang handal yang siap menjawab tantangan dan kebutuhan pasar. Seni desain dapat dikelompokkan ke dalam 4 cabang, yaitu desain komunikasi visual (DKV), desain produk, desain interior, dan desain tekstil.

1) Desain Komunikasi Visual (DKV) 

Desain komunikasi visual (DKV) atau desain grafis adalah cabang seni rupa yang berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan komunikasi rupa yang akan dicetak seperti brosur, pamflet, poster, undangan, majalah, surat kabar, logo, kemasan, komik, karikatur, dan buku.

4 Cabang Seni Desain

Dalam perkembangannya, desain komunikasi visual (DKV) berkembang sejalan dengan perubahan dan perkembangan teknologi. Pemanfaatan alat-alat teknologi tinggi seperti fotografi, percetakan laser, komputer, animasi, dan internet sudah menjadi barang lazim dan penunjang bagi para desainer.

2) Desain Produk 

Desain produk adalah cabang seni rupa yang berupaya memecahkan masalah kebutuhan masyarakat akan benda dan peralatan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Desain ini merancang berbagai produk yang sesuai dengan kehidupan dan kegiatan manusia seperti sepatu olah raga, sepatu kantor, tas, perangkat militer, alat transportasi, dan alat kedokteran.

4 Cabang Seni Desain

Kesesuaian bentuk dan kenyaman sangat diperlukan dalam membuat sebuah produk. Selain itu juga perlu dipertimbangkan faktor keamanan dan kesesuaian. Tahap akhir dari suatu desain produk adalah keindahan bagi konsumen. 

3) Desain Interior 

Desain interior adalah cabang seni rupa yang berupaya memenuhi kebutuhan akan segala bentuk dan permasalahan seputar ruangan. Desain ini berhubungan dengan penciptaan dan penataan ruang dalam (interior). Penciptaan ruang dalam disesuaikan dengan unsur pelengkapnya, mulai dari bentuk dan ukuran ruangan, warna ruangan, perabot yang sesuai, pencahayaan, proporsi, kesesuaian antara pengguna dengan ruangan, serta ketepatan ruang bagi pengguna dan aktivitasnya.

4 Cabang Seni Desain

4) Desain Tekstil 

Desain tekstil adalah cabang seni rupa yang berkaitan dengan hal yang menyangkut pertekstilan. Desainer tekstil biasanya berhubungan dengan masalah kain, baik dilihat dari teknik pembuatan kain, pewarnaan, pembuatan dan penerapan motif yang sesuai pada kain, sampai pada pembuatan mesin alternatif pembuat kain. Desain tekstil juga berhubungan dengan perancangan pakaian. Perkembangan dan perubahan mode harus ditanggapi dengan kreasi dan inovasi para desainer.

4 Cabang Seni Desain
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "4 Cabang Seni Desain"