Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Kode MMI Tidak Valid saat melakukan panggilan kode dial UMB Telkomsel pastinya membuat kita berpikir-pikir kenapa ini bisa terjadi dan apa penyebabnya ?. Saat kamu menemui masalah seperti ini jangan panik atau tenang saja karena ada solusi dan penyebab nya. Para pelanggan Telkomsel hampir rata-rata mengalami permasalah seperti ini, Apalagi di Kartu Provider lain juga seringkali mengalami masalah Kode MMI Tidak Valid.

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Kode MMI Tidak Valid sendiri sering muncul ketika pelanggan setia Telkomsel memanggil perintah menggunakan kode Dial UMB yang tidak bisa diakses atau bermasalah. Terkadang juga ada Faktor lain mengapa Kode MMI Tidak Valid ini bisa muncul.

Masalah ini hampir dijumpai untuk semua pengguna kartu Telkomsel baik itu Kartu AS, Simpati dan Loop. Masalah ini memang tidak terlalu penting dan terkesan sepele, Namun bisa jadi serius ketika lagi penting-penting nya. Misalnya saja saat kamu membeli paket internet
melalui kode dial dan muncul notifikasi "Kode MMI Tidak Valid", Pastinya kita akan kecewa dan emosi kenapa muncul disaat yang tidak tepat.

Masalah Kode MMI ini sebenarnya bisa kita atasi dengan mudah, Namun menjadi rumit ketika kita tidak tahu penyebabnya. Oleh karena itu di postingan Blog 401xd.com kali ini saya akan membahas tentang masalah sambungan kode mmi tidak vali.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

  • Jaringan Bermasalah
  • Cache pada Aplikasi
  • Kode dial yang dimasukkan salah
  • Dan lain-lain

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Masalah sambungan Kode MMI Tidak Valid bisa diatasi dengan berbagai cara yang sudah saya rangkum sesuai dari penyebab, Silahkan simak cara mengatasinya sebagai berikut.

#1 Mode Pesawat

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Permasalahan yang bisa menimbulkan notif Kode MMI Tidak Valid Telkomsel saat cek pulsa yaitu karena permasalahan jaringan. Untuk langkah pertama mengatasi penyebab ini yaitu dengan mode pesawat sementara waktu. Mode Pesawat bisa kamu temukan dibagian pengaturan dan hidupkan selama beberapa menit, Kemudian matikan dan coba lagi untuk cek pulsa sebagai test apakah masalah sudah bisa teratasi atau belum.

#2 Mengubah Jaringan

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Cara kedua ini memang tak jauh berbeda dengan diatas, Namun di tutorial ini kamu hanya perlu mengubah jaringan yang tadinya 4G menjadi 2G atau 3G. Cara mengubah jaringan sebagai berikut :
  1. Masuk bagian setelan
  2. Kemudian pilih jaringan & internet
  3. Lalu pilih jaringan seluler
  4. Selanjutnya kamu pilih kartu Telkomsel
  5. Pilih "jenis jaringan yang dipilih"
  6. Ubah dari 4G ke 3G atau 2G
  7. Lalu kamu ulangi untuk cek pulsa melalui menggunakan kode dial umb
  8. Selesai

#3 Pastikan Kode Dial UMB Benar

Jika kamu cek pulsa atau beli paket internet melalui kode dial UMB bisa dan kemudian kamu mencoba kode lain tidak bisa. Besar kemungkinan kode dial yang kamu masukkan benar. Jika kamu mencoba kode lain apalagi kode paket internet yang bermacam-macam, Bisa jadi kode yang kamu cek salah. Atau kode dial umb yang kamu masukkan tidak bisa di cek menggunakan kartu sobat. Karena memang kode dial UMB paket internet tertentu, Bisa saja di tutup atau hanya bisa diakses untuk pengguna terpilih.

#4 Hapus Data dan Cache Aplikasi Telepon

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL

Cara keempat ini cukup mudah dilakukan bahkan bisa mengatasi Kode MMI Tidak Valid Telkomsel. Karena memang bisa saja terjadi masalah di aplikasi Telepon sehingga kamu bisa menghapus data dan cache pada aplikasi Telepon bawaan smartphone. Untuk cara menghapus data dan cache aplikasi telepon sebagai berikut :
  1. Masuk ke setelan 
  2. Pilih bagian "aplikasi & notifikasi"
  3. Klik dulu titik tiga di pojok kanan atas dan pilih "tampilkan sistem"
  4. Kemudian kamu cari aplikasi bernama "Telepon"
  5. Pilih Hapus data dan Cache pada aplikasi
  6. Selesai

#5 Restart HP

Ketika permasalahan seperti Kode MMI Tidak Valid, Cara yang terakhir yang bisa kamu coba yaitu Restart HP. Karena bisa saja smartphone yang kamu gunakan sedang error sehingga tidak bisa cek pulsa melalui kode dial UMB. Setelah memulai ulang, kamu bisa mencoba lagi.

Bagaimana Jika Tidak Berhasil ?

Menurut saya dengan menggunakan langkah-langkah diatas, Masalah semacam ini bisa teratasi. Kalo memang tidak bisa, Pastinya ada masalah terhadap jaringan Telkomsel. Sehingga beberapa layanan mungkin tidak maksimal dan bisa menyebabkan error ketika cek pulsa melalui kode dial.

Sobat hanya perlu menunggu beberapa jam agar pulih kembali dan berapa lama nya juga tergantung Telkomsel. Menurut saya sih tidak terlalu lama sampai berhari-hari kalo memang tidak ada masalah serius di Telkomsel. Beberapa menit saja mungkin sudah bisa seperti sedia kala.

Penutup

Sekian informasi dari blogdimas.id tentang cara mengatasi kode MMI Tidak Valid. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa share informasi ini ke temen-temen kamu agar tahu tentang artikel ini.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid TELKOMSEL"

close