Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul Di HP

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Data seluler yang tidak muncul bisa jadi karena beberapa penyebab. Masalah ini juga terkadang muncul secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Biasanya saat data seluler tidak muncul hal ini ditandai dibagian status bar dimana icon data tidak muncul.

Data seluler sendiri cukup penting di HP dimana data seluler membantu kita dalam hal akses internet. Dan jika data seluler ini tidak muncul maka otomatis HP kita tidak bisa digunakan untuk internetan seperti biasanya.

Data seluler yang tidak muncul

Data Seluler memang tidak selamanya bisa stabil terkadang hilang terkadang juga muncul tapi tidak bisa internetan. Penyebab nya juga bermacam-macam bisa karena Custom Rom, Jaringan provider bermasalah, Settingan APN kurang tepat dan masih banyak lagi.

Dan sesuai postingan saya kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengaktifkan data seluler yang tidak muncul. Sebelum ke topik pastinya kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, Untuk penyebabnya sebagai berikut.

  • Salah Setting APN
  • Sinyal yang Hilang
  • Belum Registrasi

Penyebab diatas merupakan penyebab utama dari data seluler tidak bisa diaktifkan dan bisa jadi ada penyebab lain, Untuk cara mengatasinya sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul


Jika data seluler tidak aktif kamu tidak perlu panik apalagi sampai membawanya ke tukang service, kamu bisa tangani ini sendiri dirumah asal tahu cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul, Untuk caranya sebagai berikut.

#1 Setting APN ke Default


Data seluler yang tidak muncul

Jika kamu tidak sengaja mengubah atau mengedit APN maka bisa jadi inilah penyebabnya. Atau biasanya APN juga bisa berubah, APN ini ibarat gerbangnya antara perangkat dan jaringan. Jika salah mengedit bisa menimbulkan data seluler yang tidak muncul.

Untuk memunculkannya kembali kamu tinggal ubah ke settingan default, Untuk cara sebagai berikut.

  1. Masuk bagian setelan
  2. Kemudian pilih Jaringan & Internet
  3. Lanjut pilih Jaringan Seluler
  4. Pilih Kartu Sim yang data seluler tidak muncul
  5. Kemudian klik Acces Point Name
  6. Lalu klik titik tiga di pojok kanan atas
  7. Klik Setel ulang ke default
  8. Selesai maka data seluler akan muncul kembali

#2 Mode Pesawat


Data seluler yang tidak muncul

Jika data seluler sulit muncul bahkan tidak muncul kamu bisa masuk ke mode pesawat selama beberapa menit. Cara ini cukup ampuh agar data seluler muncul kembali. Untuk cara masuk ke mode pesawat sebagai berikut.

  1. Masuk bagian setelan
  2. Kemudian masuk ke Jaringan & Internet
  3. Aktifkan Mode Pesawat
  4. Tunggu beberapa menit
  5. Non Aktifkan Kembali
  6. Maka biasanya data seluler akan muncul lagi

#3 Registrasi Kartu SIM


Jika kamu baru membeli kartu baru dan langsung mencoba untuk internet maka saya pastikan data seluler tidak akan bisa diaktifkan. Hal ini dikarenakan kartu belum di registrasi terlebih dahulu.

Untuk penggunaan kartu baru maka sebaiknya kamu registrasikan terlebih dahulu dengan menggunakan No NIK dan No KK. Jika sudah maka kamu bisa menggunakan kartu tersebut dan data seluler bisa muncul.

Jika ketiga cara tersebut belum bisa mengatasi masalah sobat. Bisa jadi masalah ini terjadi karena jaringan provider yang bermasalah. Untuk solusinya kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai pulih seperti sedia kala. Atau hubungi costumer service agar dibantu pengecekan lebih lanjut.

Penutup


Sekian informasi dari Blog 401xd.com tentang Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul Di HP. Jika masih bingung kamu bisa hubungi saya via contact us untuk bertanya atau komentar di bawah agar saya balas, Terimakasih telah membaca.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul Di HP"

close