Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek

Pernahkan penasaran kapan HP Android yang kamu pakai kapan dibuat nya? Disini saya akan memberitahu bagaimana cara cek tahun pembuatan Hp Android. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini memang Hp Android banyak digunakan banyak orang di seluruh Dunia. Tapi pernahkah kamu penasaran akan kapan Hp kita dibuat? pertanyaannya memang terdengar sepele namun cukup penting agar kita mengetahui usia dan keluaran kapan Hp Android yang kita pakai.

2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek

Hp Android yang kamu beli saat suatu brand mengeluarkan smartphone baru belum tentu dibuat pada waktu atau tahun itu. Bisa jadi tahun sebelumnya dan hal ini cukuo wajar mengingat pembuatan sampai perilisan smartphone baru memerlukan proses dan waktu yang cukup lama.

Fungsi lain kenapa kita harus mengetahui pembuatan Hp Android kita yaitu agar kita tahu Hp kita keluaran lama atau baru. Terutama saat kamu membeli Hp Bekas. Saat membeli Hp bekas usahakan membeli Hp keluaran baru dan jangan sampai sudah 4-5 tahun umur Hp tersebut yang kamu beli.

4-5 tahun umur Hp Android sudah cukup dianggap tua walau masih bisa digunakan dengan normal. Dan jika kamu belum tahu bagaimana cara cek tahun pembuatan Hp Android, Tenang saja karena disini saya akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara cek umur Hp Android yang bisa digunakan untuk semua merek Android baik itu Samsung, Asus, Vivo, Oppo, Huawei, Realme dan merek lainnya.

2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek

Hanya ada beberapa cara untuk mengecek tahun pembuatan HP Android. Dan cara yang saya bagikan dibawah ini cukup berhasil dalam mengecek tahun pembuatan Hp Android. Dan untuk cara cek tahun pembuatan HP Android silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

#1 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek Melalui Kode Dial Telepon

2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek

Cara pertama yang perlu kamu coba yaitu menggunakan kode dial telepon. Cara pertama ini cukup mudah karena dengan kode khusus, kamu bisa mengetahui kapan Hp Android yang kamu pakai di buat. Dan untuk caranya sebagai berikut.

  1. Buka bagian dial Telepon
  2. Kemudian masukkan kode *#12580*369# 
  3. Dan secara otomatis, kamu akan terlempar ke jendela baru.
  4. Disana akan tampil beberapa informasi BL, AP, CP, CSC, RF Call, dan HW Rev
  5. Dan dibagian RF Call inilah yang tertampil informasi tahun pembuatan Hp Android.

#2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek Melalui Aplikasi

Cara kedua yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama INFO SAM yang dikembangkan oleh vndnguyen. Walau di deskripsi aplikasi tertulis untuk HP Samsung, Namun aplikasi ini bisa juga digunakan untuk Hp merek lain misalnya Asus, Xiaomi, Huawei, Vivo, Oppo dan lain-lain.

2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek

Saya sendiri sudah test melalui HP Asus saya dan cukup berhasil untuk mengetahui tahun pembuatan dan keluaran Hp yang saya pakai. Dan bagi kamu yang penasaran caranya bagaimana silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka Playstore.
  2. Ketik di kolom pencarian "INFO SAM".
  3. Kemudian diatas akan ada aplikasi bernama INFO SAM buatan vndnguyen.
  4. Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai proses installasi selesai.
  5. Setelah selesai, kamu buka aplikasi.
  6. Scroll ke kanan ke bagian Android.
  7. Maka akan tertampil build date yang berarti tanggal pembuatan Hp Android.

Penutup

Gimana? cukup mudah bukan untuk cara cek tahun pembuatan Hp Android semua merek. Jika kamu masih kurang paham, Silahkan tanyakan di kolom komentar. Share juga informasi bermanfaat ini ke orang lain, Terimakasih telah membaca. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "2 Cara Cek Tahun Pembuatan HP Android Semua Merek "

close