Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Samsung Android

Pernahkah kalian dengan tidak sengaja menghapus sebuah file di android? Rata-rata orang pasti menjawab pernah. Iya kalo file tersebut nggak penting-penting amat ,kalo penting pasti paniknya setengah mati.

Atau data-data penting yang kamu butuhkan terhapus oleh aplikasi pembersih atau tidak sengaja kepencet hapus. Sebelum mengikuti tutorial ini alangkah baiknya jangan panik,hilangkan kepanikan dan baca baik baik. Tutorial ini walau khusus untuk Smartphone Samsung juga bisa kamu terapkan di merek lainnya dan yang pasti android.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Samsung

Di Blog 401xd.com kamu akan menemukan jawab bagaimana Cara Mengembalikan File dan Foto yang terhapus di HP Samsung Android.Cara-cara ini begitu ampuh jika kamu membaca sampai akhir. Disini saya menggunakan Aplikasi-aplikasi yang tentunya sering sekali kamu temui. Langsung saja sebagai berikut.

10 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Samsung Android

Cara-cara dibawah ini mungkin kurang mendetail ya buat kamu tapi tenang ku jelaskan cara cepatnya biar kamu bisa mengatasinya dengan cepat dan tanpa panik. Karena aplikasi-aplikasi dibawah ini pasti sering kamu jumpai.

1. Menggunakan Aplikasi Google Photo

Seperti yang kita tahu google mempunyai aplikasi tersendiri untuk galeri yaitu Google Photos. Aplikasi yang kembangkan oleh Google ini mempunyai fungsi menyimpan banyak sekali foto dan video. Dan yang paling utama adalah Fitur Trash/Sampah. Jika kamu tak sengaja menghapus file maka akan otomatis masuk di Trash. Untuk memulihkannya cukup mudah banget sob. Tinggal klik trash ,klik pulihkan.

2. Memakai Google Drive

Bukan hanya Google Photos , aplikasi Google di smartphone yaitu Google Drive juga mampu mengembalikan File yang Terhapus. Aplikasi penyimpanan Online milik Google ini juga mempunyai fitur yang sama dengan Google Photos yaitu Trash. Caranya masih sama sob kamu tinggal klik pulihkan otomatis akan kembali. Google Drive juga mampu mencadangkan otomatis file , jadi jangan lupa backup data kamu di Google Drive ya.

3. Menggunakan Aplikasi EaseUS Mobisaver

Jika sebelumnya Google Drive merupakan Aplikasi Cloud Storage yang mampu mencadangkan otomatis file, EaseUS Mobisaver mampu mengembalikan file yang terhapus di Android mulai dari video , musik foto yang di akibatkan kerusakan memori ataupun terkena Virus. Sederhananya Aplikasi ini memulihkan File-file terhapus secara sengaja atau tidak sengaja di android. Fitur menariknya kamu bisa memilih File  yang mana yang harus dipulihkan dan yang tidak.

4. Menggunakan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger merupakan aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di Playstore yang mampu memulihkan File yang hilang di Memori. Berbeda dengan Google Photos yang masih menyimpanya di trash , Diskdigger justru mencari dan memulihkan file yang hilang. Menggunakan Diskdigger juga tidak memerlukan Root sama sekali, Ia akan menyortir semua file yang ditemukan mulai dari tanggal sampai ukuran , cukup mudah bukan ?.

5. Menggunakan Samsung Data Recovery

Karena postingan ini khusus samsung maka kita akan menggunakan Samsung Data Recovery. Dengan cara unduh Samsung Data Recovery di PC dan jalankan Programnya setelah itu dan Hubungkan keduanya menggunakan USB , Setelah itu pindai dan pilih tipe file yang ingin dipulihkan. Setelah memindai  akan ditampilkan file hasil pemindaian tinggal kamu pulihkan.

6. Menggunakan Google Play Games

Sering kehilangan data games? pastinya pernah kan dan itu sangat menyebalkan apalagi game yang terdapat sistem level dan ranking. Pastinya kamu berpikir Google Play Games hanya sebuah aplikasi Playstore khusus game , tentu saja tidak. Game yang kamu hubungkan dengan Googleplay Games akan menyimpan data permainan kamu mulai dari ranking dan level.

7. Menggunakan Aplikasi Recover Files Dan Data 

Aplikasi di posisi ketujuh ini membutuhkan akses root untuk HP Android , Aplikasi ini sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya yaitu memulihkan File terhapus baik itu di memori internal maupun Eksternal. Akses Root dibutuhkan dalam aplikasi ini untuk memaksimalnya hasil pemindaian File yang sudah terhapus.
Cara Menggunakan Aplikasi Recover Files
  1. Unduh Dan Install Aplikasi Di Playstore
  2. Setelah membuka aplikasi akan dimintai izin root
  3. Cari tempat file terhapus 
  4. Jika sudah akan tampil dua pilihan scan yaitu Journal scan dan deep scan dimana untuk journal scan akan memindai foto ,video sampai ke sms dan untuk deep scan kamu dapat memilih apa yang yang akan dipindai
  5. Jika sudah klik pindai dan tunggu prosesnya sampai selesai
  6. Dan jika sudah akan tampil file yang terhapus ,tinggal di pulihkan.

8. Deleted Photo Recovery Workshop

Seperti di namanya aplikasi memulihkan foto yang telah terhapus di Galeri. Berbeda dari aplikasi sebelumnya , aplikasi ini tidak membutuhkan akses root sama sekali. Walau tanpa root aplikasi ini dapat berkerja secara maksimal di ponsel.
Cara Menggunakan Deleted Photo Recovery
  1. Unduh dan install Aplikasi di Playsyore
  2. Setelah di install buka aplikasi dan langsung melakukan pemindaian secara menyeluruh
  3. Waktu pemindaian berlangsung agak lama tergantung seberapa besar ukuran memori
  4. Jika sudah akan muncul foto-foto yang terhapus

9. Menggunakan Restore Image (Supereasy)

Aplikasi yang berfungsi juga untuk memulihkan foto yang terhapus di Android. Aplikasi ini terbilang simple seperti di deskripsi Playstore. Dan juga penggunaanya yang mudah tanpa harus root. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Playstore.
Cara Menggunakan Restore Image
  1. Unduh Restore Image Di Playstore
  2. Cari tempat foto yang terhapus
  3. selanjutnya scan ditempat/folder
  4. Lalu pilih foto yang ingin dikembalikan dengan klik tombol restore

10. Recover Deleted Photos By Dumbster

Aplikasi yang mendapatkan Ranking no 1 di Playstore sebagai aplikasi Recover Deleted terbaik dengan total 40juta unduhan. Juga merupakan aplikasi yang memulihkan file yang terhapus di Playstore.
Fitur Recover Deleted Photos By Dumbster
  1. Back Up file media di android dengan mudah
  2. Menyimpan file penting secara instant
  3. Mengembalikan foto yang yang tidak sengaja terhapus
  4. Terdapat pembersihan secara otomatis
  5. Offline

Penutup

Diatas 10 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Samsung merupakan cara yang paling mudah menurut saya , dan sebagai pengalaman alangkah baiknya selalu backup file penting ke google drive atau penyimpanan lainnya.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Samsung Android"

close