Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barang sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Beragamnya kebutuhan manusia mendorong manusia untuk menciptakan bermacam-macam alat pemenuhan kebutuhan yang terdiri atas barang dan jasa. Alat-alat pemenuhan kebutuhan manusia berupa barang dapat digolongkan sebagai berikut.

Barang sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia

a. Dari Segi Cara Memperoleh 

1) Barang Ekonomi 

Ketika Anda membutuhkan pakaian, Anda harus membelinya di toko atau menjahitkan kepada penjahit. Ini artinya Anda telah mengeluarkan pengorbanan berupa uang. Barang yang Anda peroleh dengan pengorbanan disebut barang ekonomi. Mengapa untuk memperoleh barang ekonomi diperlukan pengorbanan? Ya, karena jumlahnya relatif sedikit dibanding kebutuhan masyarakat. Barang ekonomi dapat dikelompokkan lagi menjadi: 
  • barang ekonomi yang berwujud, misalnya buku, pakaian, sepatu dan meja, 
  • barang ekonomi tidak berwujud, misalnya jasa guru (pendidikan), dokter (kesehatan), dan satpam (keamanan). 

2) Barang Bebas 

Barang bebas merupakan barang yang tersedia dalam jumlah berlimpah melebihi jumlah yang dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa didapatkan tanpa pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara, dan angin. Namun, semua tergantung tempat dan waktu. Sinar matahari bisa menjadi barang ekonomi bagi turis-turis yang bersedia membayar untuk dapat berjemur di pantai-pantai daerah tropis.

3) Barang Illith 

Barang illith adalah barang yang jika jumlahnya berlebihan akan merugikan bahkan membahayakan kehidupan manusia. Misalnya api dan air. Kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan seperti minum, mencuci, memasak, dan sebagainya. Kita juga membutuhkan api untuk memasak dan penerangan. Namun, jika api dan air yang tersedia melebihi jumlah yang dibutuhkan, maka akan menimbulkan kebakaran dan banjir ini artinya, barang illith yang melebihi jumlah yang dibutuhkan justru merugikan manusia. Oleh karena itu, barang illith harus dimanfaatkan atau digunakan sesuai kebutuhan secara efisien.

b. Dari Segi Cara Penggunaan 

1) Barang Konsumsi 

Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi sering disebut dengan barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi ini terdiri atas: 
  • Barang konsumsi tidak tahan lama, misalnya sayur-mayur. 
  • Barang konsumsi tahan lama, misalnya pakaian. Pakaian dapat digunakan lebih dari satu kali. 

2) Barang Produksi 

Barang produksi adalah barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung. Barang produksi digunakan dalam proses produksi lanjutan untuk menghasilkan barang konsumsi atau barang modal lainnya. Barang produksi ini terdiri atas:
  • barang produksi tidak tahan lama (habis dalam satu kali proses produksi), misalnya bahan mentah dan bahan baku produksi, 
  • barang produksi tahan lama, misalnya cangkul, mesin, dan gedung. 

c. Dari Segi Hubungan dengan Barang Lain 

1) Barang Substitusi 

Barang substitusi adalah barang yang dapat dipakai untuk menggantikan fungsi barang lainnya. Barang substitusi disebut juga barang pengganti. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, singkong dapat menggantikan beras. Untuk memenuhi kebutuhan protein, tahu dan tempe dapat menggantikan daging. 

2) Barang Komplementer 

Barang komplementer adalah barang yang penggunaannya harus dilengkapi dengan barang lainnya. Barang komplementer disebut juga barang pelengkap. Misalnya, mobil dengan bensin, pulpen dengan tinta, dan kopi dengan gula. 

d. Dari Segi Proses Pembuatannya 

1) Bahan Mentah 

Bahan mentah adalah barang yang belum bisa digunakan tanpa pengolahan terlebih dahulu. Misalnya bijih besi (bahan mentah pembuatan besi dan baja), getah karet (bahan mentah pembuatan ban), dan tanah sawah (bahan pembuat batu bata). Barang mentah ini harus diolah agar memiliki kegunaan bentuk, kegunaan tempat, kegunaan waktu atau kegunaan kepemilikan. Contoh kegunaan bentuk adalah kayu sebagai bahan mentah diubah menjadi meja atau kursi. Contoh kegunaan tempat adalah pasir di sungai dipindahkan ke proyek pembangunan sebagai bahan bangunan. Anda dapat menemukan sendiri contoh kegunaan waktu dan kegunaan kepemilikan. 

2) Barang Setengah Jadi 

Barang setengah jadi bisa digunakan sebagai barang konsumsi akhir maupun sebagai bahan baku produksi. Misalnya benang (untuk menjahit dan sebagai bahan baku tekstil) serta kertas (sebagai bahan baku buku). 

3) Barang Jadi 

Barang jadi adalah barang yang siap untuk dikonsumsi langsung. Barang jadi disebut pula barang akhir. Misalnya pakaian dan sepatu.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Barang sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia"

close