Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

Cara Menghapus File Lainnya - Smartphone Xiaomi untuk sekarang mendominasi pasaran dengan pengguna yang lumayan banyak. Alasan kenapanHP Xiaomi banyak digunakan oleh masyarakat karena harga nya yang cukup terjangkau dan selain itu kualitas dari perangkat buatan perusahaan china ini terbilang cukup bagus. Dibalik kesuksesan smartphone ini dipasaran juga tidak menutup kemungkinan terdapat masalah terutama pada file yang cukup banyak dan mencurigakan.

Di HP Xiaomi sendiri memang banyak sekali beberapa file mencurigakan di penyimpanan. Apalagi kalo sudah berurusan sama sampah file yang cukup benyak tersebar dan kita tidak tahu kalo dihapus apakah berdampak buruk terhadap kinerja smartphone.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

Tentang file yang ada di penyimapanan Xiaomi memang kita perlu mengecek apakah ada sampah atau cache yang menumpuk. Terkadang hal inilah yang menyebabkan memori penyimpanan tiba-tiba membengkak.

Jika kita telisik lagi bahwa File Manager bawaan Xiaomi memang tidak terdapat fitur khusus yang dapat mendeteksi sampah atau cache di memori penyimpanan. Jika kamu perhatikan secara dalam di smartphone xiaomi.

Dibagian setelan penyimpanan sendiri  terdapat fitur khusus yang menampilkan beberapa folder yang sudah di pisah menjadi beberapa jenis seperti gambar, video dan lain-lain. Akan tetapi ada juga file lainnya atau serbaneka dibeberapa tipe xiaomi lainnya.

Jika kamu mengalami memori penyimpanan membengkak maka bisa jadi File Lainnya nya ukuran menjadi besar dan ini adalah masalah utama yang bikin memori di penyimpanan kamu menjadi besar.

Apa Itu File Lainnya Dan Serbaneka ?

File Lainnya ini bisa disebut serbaneka atau file misc yang berbeda-beda penyebutannya dibeberapa tipe Xiaomi ini biasanya berisi file sampah. Selain file sampah ada juga beberapa file  lain yang ikut juga dalam golongan file lainnya.

File Lainnya disini mungkin jarang diketahui oleh orang karena hanya tampil dibagian setelah penyimpanan. File Lainnya atau yang bisa disebut Serbaneka ini bisa menjadi masalah serius ketika membengkak atau mempunyai ukuran besar bahkan bisa sampai berkuran belasan giga.

Bagi sebagian orang hal ini sepele jika penyimpanan internal yang dimiliki perangkat sudah besar. Namun akan menjadi masalah jika perangkat kita memiliki memori bawaan yang kecil, Sehingga akan memakan banyak ruang yang menyebabkan beberapa masalah lain dikemudian hari.

Saya sendiri juga pernah membahas di blog droidinside tentang cara menghapus file lainnya. Karena file lainnya atau serbaneka ini wajib dibersihkan agar perangkat kita lebih ringan.

Cara Cek File Lainnya Di Xiaomi

  1. Masuk bagian setelan
  2. Kemudian scroll kebawah ke bagian penyimpanan
  3. Lanjut ke bagian penyimpanan perengkat
  4. Dan akan tertampil file lainnya atau serbaneka atau misc

Tipe Xiaomi Yang Terdapat File Lainnya Dan Serbaneka

  • Redmi 5A
  • Redmi 5
  • Redmi 4x
  • Redmi 6
  • Redmi 5 Plus
  • Redmi 2
  • Redmi Note 2
  • Redmi 2 Prime
  • Redmi 3
Tipe diatas adalah hasil yang saya ketahui selama ini, jika ada tipe lain silahkan berkomentar dibawah biar saya masukkan kedalam list.

Penyebab File Lainnya Dan Serbaneka Membengkak

Sejauh ini yang saya ketahui bahwa File Lainnya dan Serbaneka di Xiaomi membengkak karena ada nya beberapa faktor seperti :
  • Cache aplikasi terlalu banyak
  • File sampah menumpuk
  • File sampah whatsapp 
  • Data aplikasi
  • Data Game
  • Dan lain-lain
Saya sendiri cukup terheran-heran kenapa file lainnya menampilkan ukuran yang sangat besar. Saya mencoba berbagai cara agar terhapus bersih namun tetap saja kesusahan, Karena saya tebak selain file sampah dan cache. File data seperti aplikasi dan game juga ikut ditampilkan sehingga ukuran nya besar. File data game dan aplikasi disini adalah file yang tertinggal dan lupa di hapus.

Cara Menghapus File Lainnya Di Xiaomi

Disini saya mempunyai banyak sekali cara yang bisa kamu coba satu persatu. Kenapa banyak sekali metode menghapus file lainnya atau serbaneka? karena jika kamu mencoba menghapus dengan satu metode, Maka akan berefek sedikit saja. Seperti yang kita tahu bahwa file lainnya mencangkup banyak file sehingga memerlukan banyak cara agar bisa dihapus sampai bersih. Oke langsung saya kita simak dibawah ini yang bisa coba di HP Xiaomi.

#1 Menggunakan Fitur Pembersih Bawaan

Fitur ini sendiri akan terlihat dibagian bawan file lainnya. Dan langkah pertama adalah menggunakan fitur pembersih bawaan yang bisa memindai semua file sampah di perangkat xiaomi. untuk caranya sebagai berikut
  1. Masuk bagian pengaturan
  2. Kemudian ke bagian penyimpanan
  3. Lanjut ke penyimpanan perangkat
  4. Lalu kamu akan melihat fitur ini dibawah file lainnya
  5. Sobat tinggal bersihkan mengikuti arahan fitur pembersih
5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

#2 Hapus Cadangan Database Whatsapp

Hal ini cukup pengaruh mengingat database whatsapp juga bisa berukuran besar. kamu perly menghapus database yang tidak terpakai di whatsapp agar mengurangi cukup banyak file lainnya atau serbaneka di perangkat xiaomi. Database disini yaitu .shared .thumbs dan .trash. Untuk cara hapus file lainnya di hp xiaomi sebagai berikut.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi
  1. Buka File Manager
  2. Buka memori internal
  3. Kemudian cari folder bernama Whatsapp
  4. Jika ketemu kamu buka folder tersebut 
  5. Dan buka folder .shared .thumbs dan .trash
  6. Hapus file di dalamnya 

#3 Menghapus Cache Aplikasi 

Saya sarankan untuk menghapus cache aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kenapa harus pihak ketiga? Karena aplikasi di smartphone kamu cukup banyak dan akan cukup melelahkan jika menghapus cache secara manual di banyak aplikasi. kamu bisa menggunakan 1Tap Cleaner dimana aplikasi ini mampu menghapus cache secara otomatis. Sehingga cara menghapus file lainnya atau serbaneka di xiaomi akan jauh lebih mudah dan cepat. Untuk caranya sebagai berikut.

1. Download 1Tap Cleaner .
2. Kemudian Buka aplikasi nya.
3. Buka bagian navigasi klik pembersih cache.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

4. Kemudian Klik Icon Berbentuk Sapu.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

5. Kemudian klik icon yang sama dan otomatis cache akan dibersihkan otomatis oleh aplikasi.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

Jika kamu sudah menghapus cache menggunakan 1Tap Cleaner, kamu bisa menggunakan fitur pembersih lain agar menambah nilai plus dan bisa berefek ke file lainnya atau misc.

#4 Menggunakan Fitur Pembersih ES File Manager

Untuk aplikasi yang satu ini memang tidak ada di playstore akan tetapi kamu bisa mendownload nya di google. Kenapa memakai ES File Manager? aplikasi ini mempunyai kelebihan lain dalam memindai file sampah di memori. kamu bisa mengikuti cara menghapus serbaneka di xiaomi menggunakan es file manager sebagai berikut.

5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi

  1. Install aplikasi ES File Manager di google
  2. Kemudian buka aplikasi nya
  3. Lanjut buka bagian navigasi aplikasi
  4. Klik Cleaner
  5. Dan otomatis semua file akan dipindai
  6. Aplikasi ES File manager juga akan menyaring file penting dengan sampah
  7. Sehingga kamu bisa bersihkan sampah dengan cara klik bersihkan
  8. Maka otomatis akan menghapu file lainnya di Xiaomi

#5 Upgrade ROM

Cara yang terakhir dan solusi terakhir yaitu upgrade ROM. Cara ini memang cukup mahal biayanya karena kamu mengubah ROM menjadi ke smartphone ke spensifikasi tinggi. Atau menggunakan file cabutan ROM Xiaomi dengan versi yang sama tetapi penyimpanan ruang cukup besar.

F.A.Q

Kok File Lainnya Masih Banyak Ya? Caranya Tidak Work min
Jawab : Untuk melihat hasilnya silahkan Restart Hp nya.

Berhasil Min Tapi Tinggal Setengah , Sisanya Gimana ?
Jawab : Untuk itu isinya adalah Thumbnail Gambar dan untuk membersihkannya maka hapus gambar/foto yang di galeri, Semakin banyak isi foto maka semakin banyak Thumbnailnya.

Nanti Aplikasi atau datanya hilang gimana min ?
Jawab : Untuk memulihkan data silahkan buka file manager , cari folder All In One Toolbox dan disana ada Recycel.

Mas Kalo Untuk File Lainnya Di Oppo, Vivo, Huawei atau Samsung Gimana ?
Jawab : Ada Juga Caranya Yang Sudah saya posting Tentang File Lainnya
Di Post Terbaru.

Penutup

Demikian postingan tentang Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi yang bisa saya sampaikan. Jika terdapat kesalahan di artikel ini saya mohon maaf dan jangan lupa share informasi ini ke temen-temen sobat.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "5 Cara Menghapus File Lainnya Atau Serbaneka Di Xiaomi "

close