Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Taman Laut Taka Bonerate, Surga Bawah Laut bagi Para Pecinta Diving

Taman Nasional Takabonerate

Berbicara mengenai kekayaan wisata bahari, Indonesia mempunyai daftar panjang kemegahan bawah laut yang patut diceritakan. Salah satu surga bawah laut yang tak hentinya mengundang rasa penasaran para pecinta diving ialah Taman Laut Taka Bonerate di Sulawesi Selatan. Melalui artikel berikut, Arsy Tours & Travel akan mengajak Anda berjalan-jalan ke salah satu taman laut terbesar di dunia ini.

Tak berlebihan rasanya menjuluki Taman Laut Taka Bonerate sebagai surga bawah laut. Wisata bahari yang dikelola langsung oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate ini dinobatkan sebagai gugusan pulau karang terluas ketiga di dunia, setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas taman laut ini mencapai sekitar 220.000 hektare. Menakjubkannya lagi, terumbu karang di wilayah konservasi laut ini menyebar hingga 500 km².

Berstatus sebagai Taman Nasional, Taka Bonerate menyimpan keanekaragaman hayati terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Setidaknya terdapat 261 jenis terumbu karang dari 17 famili yang sudah teridentifikasi. Sebagian besar karang tersebut membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef) yang dijaga keutuhan dan keasriannya hingga kini. Selain itu, terdapat 295 jenis ikan karang dan jenis ikan konsumsi, bersanding dengan 244 jenis moluska yang membentuk habitat aslinya di sepanjang perairan dangkal.

Secara geografis Taman Laut Taka Bonerate berada di sebelah tenggara Sulawesi Selatan. Secara administratif, pusat konservasi Taka Bonerate terletak di Pulau Tinabo Besar, Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sementara, kantor Balai Taman Nasional Taka Bonerate sendiri terletak di Kota Benteng, Pulau Selayar. Selain gugusan pulau karang, Taman Laut Taka Bonerate juga terdiri dari 21 pulau utama yang dihuni masyarakat suku Bugis dan Bajo.

Aksesibilitas menuju Taman Laut Taka Bonerate bisa dibilang sangat menantang bagi traveler pemula. Apabila bertolak dari Makassar, ada berbagai macam moda transportasi yang dapat dipilih untuk menjangkau Taka Bonerate. Untuk menghemat waktu Anda dapat terbang menggunakan pesawat Wings Air dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke bandara H. Aeropala Pulau Selayar. Akan tetapi, jika memilih perjalanan ekonomis sebaiknya Anda menempuh jalur darat menggunakan bus umum atau mobil pribadi dengan menyeberang menggunakan ferry menuju Pelabuhan Pamatata di Pulau Selayar.

Dari sinilah perjalanan semakin menantang. Untuk dapat mencapai Taman Laut Taka Bonerate, wisatawan harus menyewa kapal kayu di Pelabuhan Pattumbukan. Belum ada sarana transportasi umum yang tersedia menuju gugusan pulau karang Taka Bonerate. Setelah menempuh perjalanan laut selama 4-5 jam menggunakan kapal kayu, tibalah Anda di kawasan Taka Bonerate yang mempesona.

Perjalanan yang melelahkan akan terobati seketika Anda bertemu bibir pantai Pulau Tinabo Besar yang beralas pasir putih. Apabila tiba pada siang hari yang terik, Anda akan disambut pantulan cahaya air biru jernih seperti kristal yang menyejukan mata. Di kedalaman laut tertentu, Anda dapat memandangi terumbu karang dan atol curam mengikuti kontur bawah air yang berlereng-lereng. Selain snorkeling, Taka Bonerate sangat sempurna bagi para pecinta olahraga diving. Tidak kurang dari 50 titik selam dengan pemandangan bawah air yang menakjubkan dapat Anda jelajahi.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Taman Laut Taka Bonerate, Surga Bawah Laut bagi Para Pecinta Diving"